Peran Energi Hidro dalam Mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Ilustrasi Panel Surya. Sumber: unsplash.com
  • Perubahan iklim global sebagai tantangan serius yang berdampak negatif terhadap planet kita
  • Emisi gas rumah kaca menjadi penyebab utama pemanasan global dan perubahan iklim
  • Pemanfaatan energi hidro sebagai solusi yang menjanjikan dalam mengurangi emisi gas rumah kaca

Perubahan iklim global telah menjadi salah satu tantangan terbesar yang dihadapi oleh dunia saat ini. Seperti yang diketahui dampak negatif perubahan iklim ini tidak hanya dirasakan oleh manusia, tetapi juga oleh ekosistem alam dan kehidupan makhluk lain di Bumi. Dalam mencari solusi untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, salah satu sumber energi yang muncul sebagai alternatif yang menjanjikan adalah energi hidro.

Energi hidro merupakan energi terbarukan yang dihasilkan dari aliran air, seperti sungai, danau, atau bendungan. Proses pembangkitan listrik tenaga air melibatkan penggunaan turbin air yang digerakkan oleh aliran air untuk menghasilkan energi listrik. Dengan memanfaatkan sumber daya air yang melimpah, energi ini dapat menjadi salah satu solusi yang efektif untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.

Baca juga



Mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca dengan Energi Hidro

energi hidro
Ilustrasi Hidro pada Tanaman. Sumber: zonaebt.com

Indonesia telah berkomitmen untuk mengurangi emisi sebesar 29% tanpa dukungan internasional dan 49% dengan dukungan internasional pada tahun 2030. Pada dokumen NDC Indonesia, sector energimemiliki target pengurangan sebesar 314 CO2e. Namun sampai saat ini Indonesia masihtergantung dengan energi fosil, sementara penggunaan energi baru dan terbarukan (EBT) baru sekitar 5%.

Energi hidro berperan penting dalam mengurangi emisi gas rumah kaca. Dibandingkan dengan sumber energi konvensional, energi ini tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca karena tidak melibatkan pembakaran bahan bakar fosil. Dengan mengadopsi energi ini secara luas, emisi CO2 dan gas rumah kaca dari sektor energi dapat dikurangi secara signifikan.

Baca juga



Selain itu, energi ini merupakan sumber energi yang dapat diperbarui secara terus-menerus dan dapat diandalkan. Namun, perlu diperhatikan dampak lingkungan yang mungkin terjadi akibat pembangunan proyek energi hidro, sehingga mitigasi dan pemantauan yang tepat harus dilakukan untuk memastikan keberlanjutan lingkungan dalam pemanfaatannya. Secara keseluruhan, energi hidro merupakan solusi yang efektif dalam mengurangi emisi gas rumah kaca. Dengan memanfaatkan sumber daya air yang melimpah, energi ini dapat membantu kita melangkah menuju masa depan yang lebih bersih dan berkelanjutan.

Tantangan dalam Mengoptimalkan Energi Hidro

PLTA
Ilustrasi Turbin Angin Lepas Pantai. Sumber: zonaebt.com

Salah satu potensi terbesar Indonesia dalam mengoptimalkan energi terbarukan berasal dari tenaga hidro atau air. Tidak hanya hemat biaya, jenis energi terbarukan ini juga lebih ramah lingkungan. Dari potensi sebesar 75.000 megawatt, tenaga air yang dapat dimanfaatkan menjadi listrik baru di Indonesia berjumlah hingga 6.100 megawatt. Akan tetapi, perwujudan energi terbarukan ini masih memiliki tantangan tersendiri

Berikut adalah beberapa tantangan utama yang terkait dengan energi hidro:

  1. Dampak lingkungan: Pembangunan dapat berdampak negatif pada ekosistem perairan dan kehidupan masyarakat lokal.
  2. Keterbatasan lokasi: Tidak semua wilayah memiliki potensi yang cukup atau kondisi geografis yang memungkinkan pembangunan infrastruktur hidro yang efisien.
  3. Investasi dan biaya: Pembangunan infrastruktur memerlukan investasi yang besar dan biaya operasional yang tinggi.
  4. Ketergantungan pada faktor alam: Efisiensi sangat tergantung pada curah hujan dan aliran air yang stabil, sehingga perubahan cuaca dapat mempengaruhi produksi energi terbarukan satu ini.
  5. Pemenuhan kebutuhan energi yang terus meningkat: Kapasitas produksi mungkin tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan energi yang terus meningkat, sehingga perlu diversifikasi sumber energi.

Inovasi dan Teknologi Terbaru dalam Energi Hidro

peran teknologi
IIlustrasi Teknologi. Sumber: zonaebt.com

Inovasi teknologi diyakini menjadi salah satu faktor kunci pengembangan Energi Baru dan Terbarukan (EBT). Pasalnya, keberhasilan pengembangan EBT salah satunya sangat bergantung pada inovasi dan kemajuan teknologi.

Baca juga



Perkembangan teknologi terus mendorong kemajuan dalam pemanfaatan energi hidro. Berbagai inovasi dan teknologi terbaru telah muncul untuk meningkatkan efisiensi, keberlanjutan, dan fleksibilitas dalam penggunaan energi ini. Berikut adalah beberapa contoh inovasi dan teknologi terbaru dalam energi hidro:

  1. Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang: Memanfaatkan energi kinetik gelombang laut untuk menghasilkan listrik.
  2. Pembangkit Listrik Tenaga Pasang Surut: Memanfaatkan perubahan pasang surut air laut untuk menghasilkan energi listrik.
  3. Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro: Memanfaatkan aliran air kecil, seperti sungai atau aliran sungai kecil, untuk menghasilkan energi listrik.
  4. Sistem Pompa-Turbin Terbalik: Menggunakan turbin yang dapat berfungsi sebagai pompa atau generator, memungkinkan penyimpanan energi hidro.
  5. Teknologi Pemantauan dan Pengendalian yang Cerdas: Memanfaatkan sensor, analisis data real-time, dan sistem kendali otomatis untuk mengoptimalkan operasi pembangkit listrik tenaga hidro.

Melalui inovasi dan teknologi terbaru ini, energi ini semakin menjadi solusi yang lebih efisien, ramah lingkungan, dan dapat diandalkan. Terus berkembangnya teknologi membuka peluang untuk memanfaatkan sumber daya air secara lebih optimal, memperluas pemanfaatan energi terbarukan, dan mengurangi ketergantungan pada sumber energi fosil.

#zonaebt #sebarterbarukan #ebtheroes

Editor: Annisa Nur Fissilmi Kaffah

Refesensi:

[1] Kontribusi Menurunkan Emisi Gas Rumah Kaca

[2] KONTRIBUSI PROGRAM KONSERVASI ENERGI DALAM UPAYA MITIGASI GAS RUMAH KACA NASIONAL

[3] Optimalkan PLTA untuk Energi Terbarukan, Ini Tantangan Utama Indonesia

[4] KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

43 Comment