Kipas Angin dan AC: Pendingin Mana Yang Lebih Hemat Energi?

Kipas Angin dan AC. Sumber: https://www.homeserve.com.
  • Saat cuaca panas, penting bagi kita untuk memiliki opsi yang efektif dalam mendinginkan ruangan.
  • Opsi yang paling umum adalah kipas angin dan AC (air conditioner).
  • Ketika memilih antara kipas angin dan AC untuk mendinginkan ruangan, penting untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing perangkat.

Saat cuaca panas, penting bagi kita untuk memiliki opsi yang efektif dalam mendinginkan ruangan. Paling umum digunakan adalah kipas angin dan AC (air conditioner). Dua pilihan ini merupakan hal yang sering dipertimbangkan banyak orang ketika hendak menentukan sistem sirkulasi udara di rumah. Ada yang berpendapat bahwa kipas angin lebih baik karena lebih sehat dan ada juga yang berpendapat AC lebih baik karena bisa membuat suhu ruangan jadi lebih dingin secara merata.

Ketika memilih antara kipas angin dan AC untuk mendinginkan ruangan, penting untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing perangkat. Pastikan juga untuk mempertimbangkan faktor keuangan, kebutuhan cuaca lokal, dan preferensi pribadi Sobat EBT Heroes sebelum membuat keputusan akhir. Selain itu, faktor hemat energi juga perlu diperhatikan untuk menyelamatkan kekayaan bangsa dan meningkatnya nilai lingkungan. Sehingga dengan mempelajari dan mulai menghemat energi kita akan makin tahu Indonesia yang terjadi pada saat ini. Berikut 3 diantara banyak faktor yang dapat ditinjau sebelum memilih kipas angin atau AC.

Harga Barang

Ilustrasi Harga. Sumber: https://www.marketeers.com.

Jika dilihat dari harganya, Sobat EBT Heroes pasti sepakat bahwa harga beli kipas angin jauh lebih murah dibandingkan AC yang lebih dikenal sebagai alat yang sering digunakan oleh kalangan menengah ke atas. Kipas angin dinilai lebih ekonomis dan bisa menjangkau segala tingkat lapisan masyarakat.

Harga AC masih dinilai mahal oleh sebagian besar masyarakat. Hal ini lah yang membuat AC belum bisa dinikmati oleh masyarakat kalangan menengah ke bawah. Harga AC baru berkisar pada Rp2,5 juta, sedangkan untuk AC second berkisar pada Rp1,5 juta. Harga ini tentu belum termasuk teknisi pemasangan dan biaya lainnya yang timbul di masa depan.

Sementara itu, harga kipas angin bergantung pada model dan ukuran. Kipas angin ada yang berukuran kecil dan bisa dibawa kemana-mana, ada juga yang jenis blower dengan kecepatan yang lebih baik dan harga yang lebih mahal.

Harga kipas angin kecil portable berkisar Rp20 ribuan. Sedangkan yang paling besar dan mahal bisa mencapai Rp2-4 jutaan. Ada juga kipas angin yang berbentuk AC, ini dibandrol dengan harga Rp300 ribuan. Sobat EBT Heroes bisa menyesuaikan budget dengan model kipas angin yang akan dibeli.

Biaya Perawatan

A male electrician works in a switchboard with an electrical connecting cable, connects the equipment with tools.

Hal lain lagi yang tidak kalah penting untuk menjadi pertimbangan Sobat EBT Heroes adalah biaya perawatan. Untuk biaya service Ac biasanya sesuai dengan tingkat kerusakannya, yakni mulai dari Rp60.000 sampai Rp500.000 atau lebih. Sehingga Sobat EBT Heroes perlu menyiapkan uang sebanyak itu sebelum Sobat EBT Heroes memutuskan untuk melakukan service atau perbaikan AC yang rusak.

Sama halnya dengan AC, service kipas angin juga tergantung dari seberapa parah kerusakan kipas angin yang Sobat EBT Heroes miliki. Sehingga sebelum servis dilakukan biasanya dilihat terlebih dahulu kerusakannya oleh tukang service.

Biaya Listrik

Ilustrasi Token Listrik. Sumber: https://money.kompas.com.

Pertimbangan selanjutnya adalah terkait biaya listrik yang ditanggung. Sebagaimana yang sobat EBT Heroes ketahui, kedua alat elektronik ini membutuhkan energi listrik untuk bekerja. Sehingga Sobat EBT Heroes harus memenuhi kebutuhan bahan bakar tersebut. Keduanya pun memiliki beban yang berbeda dan berpengaruh pada konsumsi listrik bulanannya.

Sobat EBT Heroes bisa melakukan perhitungan biaya listrik dengan cara berikut ini.

Biaya listrik = Daya listrik(KwH) x lama penggunaan (jam) x biaya (Rp)

Keterangan:

  • Contoh daya kipas angin yaitu lampu 1000 watt=1000/1000=1 kwh
  • Contoh lama penggunaan yaitu misalnya Sobat EBT Heroes menyalakan kipas angin dari jam 1 sore sampai jam 4 sore maka lama penggunaannya yaitu 3 jam
  • Biaya merupakan tarif yang diterapkan PLN untuk konsumsi listrik

Sebelum menghitung biaya listrik AC, Sobat EBT Heroes harus tahu bahwa AC biasanya menggunakan patokan kapasitas yaitu PK (Paar de Kraft). Dan AC biasanya menyediakan kapasitas sebesar 1/2PK, 3/4PK, 1PK, 1,5PK, 2PK, 2,5PK, 3PK dan 5PK. Sedangkan 1PK sama dengan 750 watt.

Setelah mengetahui hal tersebut Sobat EBT Heroes bisa langsung menghitung biaya listriknya. Berikut ini contoh perhitungannya.

Misalnya Sobat EBT Heroes memiliki rumah dengan daya listrik sebesar 2.200VA dan Sobat EBT Heroes menggunakan Ac di kamar Sobat EBT Heroes dengan menggunakan kapasitas 1PK. Dan Sobat EBT Heroes menggunakan AC selama 4 jam per hari. Sehingga cara menghitung biaya listriknya sebagai berikut:

Biaya listrik per jam  = 750 watt/1000 x 1 jam x Rp 1.352 = Rp1.014/ jam

Biaya per bulan = 4 jam x Rp1.014 x 30 = Rp121.680

Jadi biaya untuk satu bulan adalah Rp121.680

Sementara untuk kipas angin, misalnya Sobat EBT Heroes memiliki kipas angin dengan daya 45 watt dan rata-rata pemakaian dalam sehari selama 10 jam. Maka perhitungan biayanya seperti berikut:

Pemakaian per hari  = ((45 watt/1000) x 10 jam) x Rp1.352 = Rp608,4

Pemakaian per bulan = Rp608,4 x 30 = Rp18.252

Jadi biaya pemakaian untuk satu bulan sebesar Rp18.252.

Jadi seperti yang kita ketahui bahwa kipas angin menggunakan daya yang jauh lebih sedikit dibandingkan AC. Daya yang lebih sedikit berarti lebih hemat energi. Oleh karena itu kipas angin jauh lebih hemat energi dibandingkan AC.

#zonaebt #sebarterbarukan #ebtheroes

Editor: Azahra Nabila

Referensi

[1] Lebih Hemat Kipas Angin atau AC? Simak 3 Pertimbangan Penting Ini!

[2] Mana yang Lebih Bagus, Kipas Angin vs AC? Cek Kekurangan dan Kelebihannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 Comment

  1. Wow, wonderful weblog format! How lengthy have you been running a blog for?
    you made running a blog look easy. The whole look
    of your site is excellent, as well as the content material!
    You can see similar here sklep internetowy

  2. Hello! Do you know if they make any plugins to assist
    with Search Engine Optimization? I’m trying to get my
    website to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good success.
    If you know of any please share. Many thanks!
    I saw similar blog here: Backlink Portfolio