Bentuk Kolaborasi Nyata, Pemerintah Hingga Pelaku Kreatif Mendukung PKBLBB 2022

Bali, 15 November 2022 – Kementerian Perhubungan Republik Indonesia menggelar Pameran Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (PKBLBB) 2022 dalam upaya membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Pameran ini memiliki berbagai program seperti talkshow dan seminar dengan pembicara dari instansi pemerintahan, pegiat otomotif, hingga pakar dalam bidang transportasi. Berbagai jenis kendaraan listrik seperti bus, truk, mobil, dan motor dari berbagai brand ikut memeriahkan acara ini.

Mengusung tema “Implementasi Regulasi Kendaraan Listrik Terhadap Industri Lokal Indonesia“, seminar yang dilaksanakan pada Senin (14/11) merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan industri kendaraan listrik yang mendukung adanya transisi dari kendaraan bermotor berbahan bakar minyak menjadi kendaraan bermotor listrik berbasis baterai. Hadir sebagai pembicara seminar hari ini Koordinator Kelompok Rancang Bangun Kendaraan Bermotor Direktorat Sarana Transportasi Jalan, Joko Kusnanto dan modifikator kendaraan listrik lokal, Heret Frasthio, pendiri Elders Electrico.

Berbagai regulasi dan insentif telah ditetapkan oleh pemerintah untuk mendukung percepatan kendaraan listrik. “Secara regulasi terkait kendaraan listrik sudah lengkap, baik kendaraan baru atau kendaraan konversi, namun kami tidak berhenti dan tetap bergerak secara dinamis. Artinya regulasi akan tetap dievaluasi untuk memastikan produksi kendaraan bisa memenuhi aspek keselamatan sebelum masuk jalan raya. Insentif juga telah diberikan dengan kebijakan fiskal dan non fiskal yang memiliki banyak keuntungan bagi pengguna kendaraan listrik.” ujar Joko Kusnanto.

Heret Frasthio sebagai modifikator kendaraan listrik turut mendukung penuh program pemerintah dalam upaya meningkatkan penggunaan kendaraan listrik dan mengajak pecinta otomotif berkreasi menggunakan motor listrik. “Kita sudah memiliki bengkel di 7 kota dan tidak mengerjakan motor BBM lagi, kami fokus di motor elektrik agar sejalan dengan visi dan misi pemerintah. Kami juga mengajak teman-teman untuk bergabung menjadi mitra kami agar menghidupkan komunitas motor listrik konversi di Indonesia.” ujar Heret.

Optimisme terkait kendaraan listrik di Indonesia disuarakan oleh Joko Kusnanto, “Indonesia dapat menjadi basis produksi kendaraan listrik, dengan memiliki ekosistem terkait manufaktur kendaraan yang cukup baik, ditambah dengan akan dibangun Vehicle Testing Certification Center (VTCC) tempat pengujian kendaraan yang komprehensif.” lanjut Joko.

Selain seminar terdapat berbagai kegiatan menarik lainnya seperti talkshow yang dibawakan oleh brand Mobil Anak Bangsa (MAB), SAG, dan PT. Percik Daya Nusantara. Serta terdapat participant yang ikut menyemarakkan PKLBB yaitu Alva, Hyundai, Toyota, dan Wuling sebagai Official Partners G20. Di samping itu, Astra Honda Motor, Bluebird, Braja, DFSK, Elders, Energica, Fuso, Grab, Honda, Isuzu, Lexus, Mobil Anak Bangsa (MAB), Mitsubishi, Nissan, NIU, Optima Integra Tehnika, Percik, PERIKLINDO, PLN, SAG, Selis, Sinarmas, United Bike, Uwinfly, Viar, Volta, serta Zero Motorcycle hadir sebagai participant dalam penyelenggaraan PKBLBB 2022.

PKBLBB dilaksanakan selama 11 – 16 November 2022 di Art Bali, Bali Collection, Nusa Dua Bali dan diikuti 28 exhibitors yang terdiri dari sepeda motor listrik, mobil listrik, bus listrik, truk listrik, kendaraan konversi serta komponen pendukung kendaraan listrik berbasis baterai. Selain pelaksanaan exhibition setiap harinya, turut diadakan TalkshowTest Ride dan Test Drive (roda 2 dan roda 4), Student ShowcaseCommunity Showcase dan Entertainment. Acara ini juga akan dihadiri oleh pelaku industri kendaraan listrik, instansi yang terkait dan secara terbuka dapat dihadiri oleh delegasi dari negara peserta KTT G20. Pameran ini akan dibuka pukul 10.00 – 21.00 WITA setiap harinya dan terbuka untuk pengunjung umum secara gratis. Terkait akses menuju pameran, pengunjung dapat menggunakan fasilitas EV – Shuttle yang tersedia di berbagai titik, tanpa dipungut biaya. Protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah akan diterapkan selama pameran berlangsung.

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.