Ketahui Deretan Fakta Menarik tentang Lingkungan Kita!

ilustrasi fakta tentang lingkungan
Ilustrasi fakta tentang lingkungan. Sumber: freepik.com
  • Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar kita, baik yang hidup maupun yang tidak hidup seperti tanah, air, hewan, dan tumbuhan, yang menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
  • Lingkungan memegang peranan penting bagi keberadaan kehidupan di planet bumi.
  • Rupanya ada banyak keistimewaan dan fakta terkait lingkungan, salah satunya ialah spesies langka yang hanya dapat ditemukan di ekosistem air tawar.

Lingkungan secara sederhana dapat dipahami sebagai apa yang ada di sekitar kita, termasuk semua makhluk hidup dan benda mati. Mereka adalah kondisi sekitar tempat hidup manusia, hewan, atau tumbuhan. Bagi manusia, lingkungan mencakup semua air, tumbuhan, iklim, ciri geografis, struktur buatan manusia, udara, tanah, hewan, dan bahkan cahaya yang ada di sekitar kita.

Semua komponen ini bekerja sebagai suatu sistem dengan cara yang berbeda-beda, terutama dipengaruhi oleh aktivitas manusia. Penting bagi kita untuk menyadari keadaan lingkungan dan dampak tindakan kita terhadapnya. Kita harus mengambil langkah-langkah untuk melindungi lingkungan dan memastikan lingkungan tetap sehat untuk generasi mendatang.

Lingkungan di sekitar kita dilengkapi dengan beragam keistimewaan dan fakta menakjubkan yang mungkin belum kita ketahui. Salah satu cara terbaik untuk mengapresiasi lingkungan di sekitar kita adalah dengan belajar lebih banyak tentang cara kita berinteraksi dengan alam. Berikut beberapa fakta menarik tentang lingkungan yang harus kita ketahui, simak penjelasannya!

Baca Juga



Bioma Terbesar di Dunia

taiga
Ilutrasi taiga sebagai bioma terbesar di dunia. Sumber: freepik.com

Taiga, juga dikenal sebagai hutan boreal, adalah bioma terbesar di dunia. Taiga adalah hutan di wilayah subarktik yang dingin. Subarktik adalah wilayah Belahan Bumi Utara yang terletak tepat di sebelah selatan Lingkaran Arktik. Taiga terletak di antara tundra di utara dan hutan beriklim sedang di selatan. Alaska, Kanada, Skandinavia, dan Siberia memiliki taiga. Di Rusia, taiga terbesar di dunia membentang sekitar 5.800 kilometer (3.600 mil) dari Samudra Pasifik hingga Pegunungan Ural. Wilayah taiga ini seluruhnya mengalami glasiasi, atau tertutup oleh gletser, selama zaman es terakhir. Taiga menampung 30% tutupan hutan dunia, 11% daratan bumi dan membentang dari Skotlandia hingga Newfoundland, melalui Rusia dan Kanada.

Pohoh Dapat Berkomunikasi Satu Sama Lain

pepohonan
Ilustrasi pepohonan. Sumber: freepik.com

Bagaimana pohon dapat “berbicara” satu sama lain? Meskipun pepohonan dapat berkomunikasi satu sama lain, sebenarnya hal tersebut tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, sehingga tidak mungkin untuk dideteksi dengan mudah.

Pohon berkomunikasi satu sama lain melalui jaringan rumit jamur di dalam tanah yang disebut “Wood Wide Web”. Teknologi ini menghubungkan pepohonan hingga ke akar-akarnya, memungkinkan mereka berkomunikasi dengan mengirimkan sinyal tentang ancaman yang akan datang seperti kekeringan atau penyakit. Hal ini memungkinkan pohon untuk mengubah perilakunya setelah menerima sinyal. 

Gas Rumah Kaca Berada pada Titik Tertinggi dalam 4,5 Juta Tahun

gas rumah kaca
Ilustrasi gas rumah kaca. Sumber: freepik.com

Mastodon dan Mammoth Berbulu berkeliaran di Bumi saat terakhir kali konsentrasi karbon dioksida (CO 2 ) di atmosfer mencapai tingkat saat ini, yaitu 417 bagian per juta, menurut National Oceanic and Atmospheric Administration. Para ilmuwan mengatakan tingkat CO 2  yang merupakan gas rumah kaca, yang memerangkap panas dan menyebabkan pemanasan global, sekarang sebanding dengan Zaman Pliosen, antara 4,1 dan 4,5 juta tahun yang lalu. Ketika permukaan laut lebih tinggi sekitar 24 meter (78 kaki) dibandingkan saat ini dan suhu rata-rata hampir 4 derajat Celcius (°C) (7 derajat Fahrenheit (°F)) lebih hangat. 

Baca Juga



Rumah bagi 200 Juta Orang Akan Berada di Bawah Permukaan Laut

jakarta
Ilustrasi air laut lebih tinggi dari daratan. Sumber: TV One

Sedikitnya, 200 juta orang di dunia akan hidup di bawah garis kemiskinan pada akhir abad ini jika tingkat kemiskinan terus meningkat. Menurut Nature Communications, permukaan air laut telah meningkat sebesar 178 mm (7 inci) sejak tahun 1900 dan meningkat sebesar 3,4 mm per tahun. Bahkan mencapai rekor ketinggian pada tahun 2020 selama sembilan tahun berturut-turut. Sekitar 91,3 mm (3,6 inci) lebih tinggi dari rata-rata tahun 1993, ketika pencatatan altimeter satelit dimulai. Permukaan laut meningkat karena panas yang tersimpan di lautan menyebabkan air mengembang, sementara mencairnya lapisan es dan gletser menambah volume air. Tiongkok, Bangladesh, dan India sangat rentan terhadap kenaikan permukaan air laut, gelombang badai pesisir, dan banjir, begitu pula Belanda dan ibu kota Indonesia, Jakarta.

Ekosistem Air Tawar Memiliki Spesies Langka

danau
Ilustrasi danau sebagai salah satu air tawar. Sumber: freepik.com

Kolam, danau, sungai, dan sungai adalah rumah bagi banyak spesies berbeda yang tidak dapat hidup di air laut yang asin. Ada ekosistem air tawar di seluruh dunia. Mereka adalah rumah bagi beberapa makhluk menakjubkan. Ada banyak jenis katak, ikan, serangga, dan organisme mikroskopis seperti amuba. Dan terdapat spesies langka seperti lumba-lumba sungai di Asia dan Amerika Selatan, berang-berang di Amerika Utara, berang-berang di Amerika Utara dan Eropa, serta platipus di Australia.

Nah, itu dia beberapa fakta menarik tentang lingkungan yang telah kami rangkum, Sobat EBT Heroes. Semoga beberapa fakta menarik ini dapat menempatkan interaksi antara manusia dan dunia kita ke dalam perspektif. Jika kamu memiliki waktu luang, yuk coba cari tahu beberapa fakta menarik lainnya tentang lingkungan tercinta kita!

#zonaebt #sebarterbarukan #ebtheroes

Editor: Ken Hitana Prakarsi

Referensi:                       

[1] Ketahui 7 Jenis Utama Bioma di Bumi Kita

[2] Apakah Pohon Bisa Saling Berkomunikasi? Ini Faktanya

[3] 26 Fakta yang Mengungkap Realitas Perubahan Iklim

[4] 6 Kota Ini Diprediksi Akan Tenggelam pada 2100, Jakarta Nomor Satu

[5] Freshwater Species of the Week

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 Comment