Zero Waste: Solusi Efektif Kurangi Sampah

pengurangan sampah
pengurangan sampah
Zero Waste Sebagai Bentuk Kepedulian Lingkungan. Sumber: freepik.com
  • Sampah merupakan permasalahan yang tiada habisnya bagi setiap negara.
  • Tidak semua bisa mudah terurai, seperti sampah plastik yang memerlukan ratusan tahun untuk terurai.
  • Kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia sudah sangat sulit dipisahkan dengan penggunaan produk plastik.

Sampah merupakan permasalahan yang tiada habisnya bagi setiap negara. Beriringan dengan naiknya angka kelahiran, jumlah timbunan sampah juga meningkat. Tidak semua bisa mudah terurai, seperti sampah plastik yang memerlukan ratusan tahun untuk terurai dan tidak ada organisme yang dapat membantu proses penguraian tersebut.

Pada dasarnya, kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia sudah sangat sulit dipisahkan dengan penggunaan produk plastik. Kondisi tersebut mengantarkan Indonesia menjadi negara dengan produksi sampah plastik tertinggi kedua di dunia.

Konsumsi Masyarakat Indonesia Terhadap Sampah Plastik

sampah menggunung
Poor child in the landfill looks forward with hope

Menurut data yang dimiliki oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), sampah nasional mencapai total 68,5 juta ton, dengan 17% atau sekitar 11,6 juta ton disumbang oleh sampah plastik. Pada tahun 2022, jumlahnya mengalami peningkatan hingga 70 juta ton. Terdapat sekitar 24% atau setara 16 juta ton sampah yang belum dikelola hingga saat ini.

Pada prosesnya, seluruh sampah rumah tangga akan dikumpulkan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang selanjutnya akan dipilah lalu didaur ulang. Namun, proses pemilahan ini sudah mengalami permasalahan. Seperti yang dikatakan oleh Head of Research & Education ZWID yang dilansir dari katadata.com.id, “Keluhan yang banyak diungkapkan oleh sobat-sobat ZWID sering kali mengenai sampah yang telah dipilah kemudian disalurkan ke truk sampah dari dinas kebersihan akhirnya akan dicampur lagi.”

Seperti yang diketahui, kebanyakan rumah tangga tidak melakukan pemilahan terlebih dahulu. Para ibu rumah tangga akan mengumpulkan kantong plastik untuk digunakan sebagai wadah segala sampah rumah tangga. Hal ini tentu menyulitkan beberapa pihak yang akan melakukan proses daur ulang.

Selain itu, sampah plastik merupakan mayoritas sampah yang sering kali dihasilkan oleh rumah tangga atau industri dibandingkan sampah lainnya. Bagaimana tidak, hampir seluruh kebutuhan rumah tangga selalu menggunakan plastik sebagai wadahnya, seperti sabun cuci sachet, minuman bubuk sachet, bahkan ketika belanja di pasar para pedagang akan menggunakan kantong plastik sebagai wadahnya. Hal inilah yang membuat meningkatnya angka sampah nasional di Indonesia.


Baca Juga


Kenalkan Zero Waste, Solusi Sampah Plastik

gerakan zero waste untuk mengurangi sampah
Zero Waste. Sumber: freepik.com

Zero Waste merupakan kegiatan atau gaya hidup yang mendorong Sobat EBT Heroes untuk bijak dalam mengonsumsi dan memaksimalkan siklus kehidupan sumber daya sehingga produk-produk tersebut dapat digunakan kembali. Gaya hidup ini menghindari penggunaan plastik sekali pakai. Zero waste memulai dengan refuse, reduce, dan reuse yang menjadi urgensi dari gaya hidup ini sehingga tidak memprioritaskan daur ulang namun lebih kepada “penggunaan kembali”.

Gaya hidup zero waste hadir karena melihat kondisi yang sudah mencapai juta bahkan miliaran ton yang dihasilkan setiap tahunnya. Langkah simpati kepada lingkungan sebagai bentuk investasi masyarakat demi masa bumi dengan menjalani kehidupan tanpa limbah. Sehingga dapat menghasilkan lebih sedikit limbah dan menggunakan sumber daya secara maksimal serta bijaksana.

Saat ini sudah banyak influencer yang menerapkan gaya hidup zero waste sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Selain itu, mereka juga mengajak masyarakat melalui konten-konten untuk menambah edukasi mengenai gaya hidup ini. Salah satu contoh produk gaya hidup zero waste ialah tumbler minum yang saat ini sedang populer di kalangan anak muda. Banyak anak muda yang mulai sadar dan mengurangi penggunaan produk plastik sekali pakai atau kemasan air minum dan menggantinya dengan tumbler minum yang dapat digunakan berkali-kali.


Baca Juga


Gaya Hidup Zero Waste

Isu kelestarian lingkungan merupakan isu yang tidak ada habisnya untuk dibahas. Isu ini senantiasa digemakan untuk mengurangi dampak buruk meningkatnya tumpukan sampah dan menjaga masa hidup bumi demi anak cucu Sobat EBT Heroes. Gaya hidup zero waste mulai populer akhir-akhir ini, berikut merupakan tips menjalankan gaya hidup zero waste di kehidupan sehari-hari:

  1. Menjadi konsumen yang cerdas. Konsumen cerdas akan mempunyai pertimbangan sebelum membeli sebuah produk. Salah satunya dengan memperhatikan produk tersebut akan menimbulkan limbah atau tidak.
  2. Membawa botol minum atau tumbler. Seperti yang telah disinggung di atas, ini merupakan langkah sederhana yang Sobat EBT Heroes dapat lakukan. Selain mudah dibawa, juga tidak akan menghasilkan limbah plastik serta menghemat pengeluaran karena tidak perlu membeli minuman kemasan dan dapat melakukan isi ulang pada tumbler yang dimiliki.
  3. Memilah sampah dapur dan diolah menjadi kompos. Sampah dapur yang banyak dihasilkan oleh rumah tangga alangkah lebih baik untuk dipilah dan memanfaatkannya menjadi kompos organik. Selain memanfaatkannya, kegiatan tersebut juga kualitas udara lingkungan sekitar dengan melakukan penanaman pohon di sekitar rumah.
  4. Memilih Produk Ramah Lingkungan. Dengan populernya gaya hidup zero waste, banyak produk-produk dengan bahan baku ramah lingkungan yang bermunculan. Sobat EBT heroes yang ingin menerapkan tips ini dapat membaca tanda khusus atau tanda dapat di- recycle yang ada di kemasan.

Berdasarkan penjelasan tersebut, diharapkan Sobat EBT Heroes mampu lebih waspada terhadap penggunaan produk yang mampu menghasilkan limbah dan mulai menerapkan gaya hidup zero waste secara perlahan demi kelangsungan masa hidup bumi.

#ZonaEBT #Sebarterbarukan #EBTHeroes

Editor: Adhira Kurnia Adhwa

Referensi:

[1] Indonesia Penyumbang Sampah Plastik Ke-2 di Dunia

[2] Ini Biang Kerok Rendahnya Upaya Pemilahan Sampah di Indonesia

[3] What is Zero Waste?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 Comment

  1. I simply could not go away your web site prior to suggesting that I really enjoyed the standard info a person supply on your guests Is going to be back incessantly to investigate crosscheck new posts