Kapal Listrik: Solusi Berkendara di Lautan Tanpa Polusi

Kendaraan listrik di Laut. Sumber Foto: LinkedIn ZonaEBT
  • Kendaraan listrik menjadi solusi yang kini sudah direalisasikan untuk mengatasi dampak negatif berkendara.
  • Polusi udara dapat disebabkan oleh kendaraan, baik itu kendaraan darat, air, maupun laut. 
  • Kapal listrik merupakan salah satu kendaraan laut yang ramah lingkungan dan tidak menyebabkan polusi udara dan polusi air.

Halo Sobat EBT Heroes! Kendaraan listrik merupakan bukti nyata yang kini dapat dinikmati dari adanya kepedulian terhadap dampak negatif dari berkendara. Dampak negatif berkendara sudah banyak merugikan masyarakat, serta mempengaruhi kesehatan dan lingkungan sekitar. Permasalahan yang sampai saat ini masih terjadi adalah pencemaran polusi udara disebabkan oleh asap kendaraan yang berbahan bakar fosil, baik itu jenis kendaraan darat, laut, maupun udara. 

Untuk mencegah hal ini terjadi secara terus menerus maka diperlukan alternatif lain yang dapat mengurangi dampak tersebut, maka dibuatlah suatu inovasi baru, yaitu kendaraan yang tidak menyebabkan polusi udara dan tidak menggunakan fosil sebagai bahan bakarnya, maka dari itu terciptalah kendaraan listrik. Kendaraan ramah lingkungan dengan tenaga listrik dan tidak menimbulkan polusi udara.

Baca Juga:

Kendaraan listrik kini sudah mulai dipasarkan di Indonesia, mulai dari kendaraan darat seperti sepeda listrik, motor listrik, hingga mobil listrik. Sobat EBT Heroes tau ga sih bahwa selain kendaraan darat, sekarang ini ada juga kendaraan laut yang berbahan bakar listrik, yaitu kapal listrik. 

Nah, EBT Heroes pastinya kalian penasaran kan dengan kapal listrik ini?? Yuk, cari tahu informasi seputar kapal listrik dengan baca artikel ini sampai selesai ya!!

Apa Sih Kapal Listrik Itu?

Kendaraan laut bertenaga listrik. Sumber Foto: Oto.detik.com

Kapal listrik merupakan salah satu jenis kendaraan laut yang bahan bakarnya menggunakan tenaga listrik. Tenaga listrik tersebut berasal dari electric motor. Penggunaan kapal listrik memiliki beberapa keuntungan dibandingkan kapal konvensional. Saat ini kepal listrik terus berkembang dan diyakini menjadi pilihan utama untuk kemajuan transportasi laut di masa depan.

Pada tahun 2017, Indonesia sendiri telah meluncurkan kapal bertenaga listrik pertama yang diberi nama MV Iriana. Kapal ini merupakan karya anak bangsa dan hasil kerja sama dengan PT Pelayaran Bahtera Baruna (ABB). Kapal tersebut memanfaatkan tenaga listrik yang bersumber dari electric motor. Hal ini akan menghemat energi dan bersifat ramah lingkungan.

Dengan spesifikasi panjang 117 meter, lebar 25,5 meter, tinggi 7,9 meter, kedalaman air mencapai 6,3 meter, serta kecepatan 10 knot, kapal tersebut hanya dikerjakan dalam kurun waktu kurang dari setahun. Pembangunan kapal ini dinilai sejalan dengan tujuan pemerintah Indonesia untuk memosisikan bidang maritim pada bagian prioritas pembangunan nasional.

Manfaat Adanya Kapal Listrik

Keuntungan kapal listrik. Sumber Foto: LinkedIn ZonaEBT

Salah satu dibuatnya kapal listrik adalah untuk mengurangi dampak negatif dari berkendara, yaitu mengurangi pencemaran udara dan emisi karbon yang diakibatkan oleh kapal berbahan bakar fosil. Kapal listrik tidak akan menghasilkan emisi berupa gas buangan rumah kaca dan polutan udara yang bisa mengakibatkan perubahan iklim dan masalah kesehatan.

Selain itu juga berfungsi untuk mengatasi polusi air. Kapal listrik memiliki akselerasi lebih cepat apabila menggunakan tenaga instan, dan dapat menghemat biaya energi dan perawatan kapal. Tak kalah penting, kapal listrik dapat mengurangi kebisingan karena kapal listrik biasanya bersifat lebih tenang dibandingkan kapal konvensional sehingga dapat membantu pengurangan polusi suara di lautan.

Baca Juga:

Komponen – Komponen pada Kapal Listrik

Komponen kapal listrik. Sumber Foto: LinkedIn ZonaEBT

Kapal listrik mempunyai komponen-komponen pendukung agar dapat digunakan dengan baik, yaitu sebagai berikut:

  1. Pengisi Daya / charger

Seperti charger pada umumnya yang berfungsi sebagai pengisian ulang daya untuk energi listrik pada baterai.

  1. Baterai

Sebagai tempat menyimpan energi listrik cadangan yang berbahan dasar lithium-ion atau nikel.

  1. Charger Controller 

Berfungsi untuk mengatur ampli dan voltase selama pengisian daya listrik ke baterai.

  1. Motor Controller

Memiliki fungsi untuk mengoordinasikan antara kecepatan, torsi, dan arah motor listrik.

  1. Unit Penggerak

Komponen yang berfungsi untuk menggerakan kapal agar dapat melewati air dengan tenaga dari motor listrik. 

Nah, sekarang Sobat EBT Heroes sudah tau kan kalau ternyata ada kendaraan laut yang sudah berbahan bakar listrik, seperti kapal listrik. Tentunya masih banyak lagi jenis kendaraan listrik, baik itu kendaraan darat, laut, dan udara lainnya yang ada di dunia maupun di Indonesia.

So, ikuti terus Zona EBT ya untuk lihat artikel seputar kendaraan listrik lainnya!

Semoga Bermanfaat!

#zonaebt #sebarterbarukan #ebtheroes

Editor: Fitri Pilami

Sumber Rujukan:

[1] Linkedin ZonaEBT

[2] Menperin Luncurkan MV Iriana, Kapal Tenaga Listrik Pertama di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 Comment

  1. Optimal Irrigation Solutions by Bwer Pipes: Bwer Pipes offers state-of-the-art irrigation solutions tailored to the unique requirements of Iraqi agriculture. Our innovative sprinkler systems and durable pipes are designed to enhance water efficiency and maximize crop yields, empowering farmers across Iraq. Learn More