Mengenal PT Geo Dipa Energi, Penyumbang EBT Suhu Panas Bumi

PT-Geo-Dipa-Energi
PLTP PT Geo Dipa Energi. Sumber: youtube.com/ PT Geo Dipa Energi-Persero
  • Indonesia memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi
  • PT Geo Dipa Energi merupakan salah satu Perusahaan PLTP di Indonesia
  • Keberadaan PLTP sesuai dengan tujuan Indonesia dalam mengurangi emisi

Perlu Sobat EBT Heroes ketahui bahwa Indonesia memiliki beberapa perusahaan yang bergerak di bidang energi baru dan terbarukan (EBT), salah satunya PT Geo Dipa Energi yang juga termasuk ke dalam Badan Usaha Milik Negara.

PT Geo Dipa Energi memiliki fokus utama sebagai usaha negara dalam eksplorasi dan eksploitasi untuk produksi energi yang bersumber dari panas bumi atau bahasa kerennya adalah energi geotermal.

Mari kita mengenal lebih dekat PT Geo Dipa Energi, serta keberlangsungan usaha pemerintah dalam mewujudkan Indonesia maju pada bidang energi baru dan terbarukan, sekaligus membahas mengenai energi panas bumi atau energi geotermal.

Profil PT Geo Dipa Energi

Sebagai salah satu perusahaan yang menopang permintaan nasional terhadap kebutuhan energi di dalam negeri, PT Geo Dipa Energi, yang pertama kali didirikan pada tahun 2002 yang mana saat itu perusahaan ini dibentuk dengan cara patungan atau Joint Venture, sebagai bukti kerja sama antara PERTAMINA dan PLN untuk mengelola potensi yang dimiliki Indonesia dalam energi geotermal.

Seiring berjalannya waktu, perusahaan yang bergerak di bidang EBT panas bumi ini telah tumbuh dengan baik sesudah memiliki ratusan anak bangsa yang membantu dalam pengoprasiannya, sekaligus untuk eksplorasi dan eskploitasi energi panas bumi.

Hingga saat ini, PT Geo Dipa Energi mempunyai dua proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas (PLTP) dan satu prospek yang berpotensi menjadi proyek, diantaranya yaitu: Dieng, Patuha, dan Prospek Candradimuka.

Pencapaian PT Geo Dipa Energi

Karyawan PT Geo Dipa Energi. Sumber: youtube.com/ PT Geo Dipa Energi-Persero

Sobat EBT Heroes harus bangga terhadap pencapaian PT Geo Dipa Energi yang berusaha semaksimal mungkin memenuhi permintaan energi dalam negeri.

Bicara mengenai fakta PT Geo Dipa Energi tahun 2021 lalu, PT tersebut mampu menghasilkan 814 Gwh, dan mendapatkan pendapatan sebesar Rp 883M yang mana angka ini menjadi yang tertinggi selama PT Geo Dipa Energi berdiri.

Baca Juga



Adapun terhitung laba sepanjang periode 2021, PT ini telah meraup sekitar 180 Miliar, sehingga layak mendapatkan skor assessment Good Corporate Governance (GCG) dengan perolehan 85,48 poin yang artinya perusahaan mendapat predikat “baik” dalam pengelolaannya.

Program PT Geo Dipa Energi

PT Geo Dipa Energi terus mencoba melebarkan sayapnya dalam usaha menghasilkan energi baru terbarukan, seperti tahun 2021 ketika perusahaan merilis satu program baru yang bertajuk First Blow PLTP Small Scale Dieng.

Pada program tersebut rencananya PT Geo Dipa Energi berencana untuk menambah 130 MW sumber energi yang akan dikonversikan menjadi energi listrik. Sebagai perbandingan, 1 MW mampu membuat 1000 rumah dialiri oleh listrik, jadi dapat terbayang betapa luar biasanya program dari PT Geo Dipa Energi ini.

17 Target PT Geo Dipa Energi

Ilustrasi Pengembangan Stretegi Berkelanjutan PT Geo Dipa Energi.
Ilustrasi Pengembangan Stretegi Berkelanjutan PT Geo Dipa Energi. Sumber : freepik.com

Selain terfokus pada pemenuhan kebutuhan sumber daya energi nasional melalui program EBT yang bersumber dari energi panas bumi saja, PT ini juga memiliki tujuan lain yang disebut strategi berkelanjutan.

Strategi berkelanjutan ini tertuang pada rencana program yang berjumlah 17, di antaranya adalah tanpa kemiskinan, tanpa kelaparan, kehidupan sehat dan sejahtera, pendidikan berkualitas, kesetaraan gender, air bersih dan sanitasi layak. Energi bersih dan terjangkau, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, industri, inovasi, dan infrastruktur, berkurangnya kesenjangan, kota dan permukiman berkelanjutan. Konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab, penanganan perubahan iklim, ekosistem lautan, ekosistem daratan, perdamaian, keadilan, dan kelembagaan yang tangguh.

Baca Juga



Perusahaan EBT Perlu Ramah Lingkungan

Berdasarkan 17 poin di atas, tidak hanya mewakili perusahaan energi baru dan terbarukan, PT Geo Dipa Energi juga memiliki niat berkontribusi terhadap lingkungan sekitar dari segi ekonomi maupun menjadi perusahaan yang ramah lingkungan.

Misalnya penggunaan air yang tidak akan pernah terlepas dalam salah satu faktor proses produksi pembangkit listrik. Mereka memahami betapa pentingnya peran air bagi sumber kehidupan senantiasa menjaga efektifitas dan efisiensi dalam pemanfaatan sumber air. perusahaan yang telah mengantongi izin penggunaan air ini berusaha meminimalkan peran air yang tidak diperuntukan untuk membantu proses pembangkit listrik.

Selain itu, untuk menjaga pemakaian air supaya tetap dalam zona wajar, mereka juga memasang alat pemantau seperti flowmeter, serta menerapkan teknik Zero Discharge yakni mengembalikan air yang berasal dari perut bumi kembali ke perut bumi. Ada juga pengolahan limbah B3 dan Non B3 yang dilakukan oleh pihak mereka untuk nantinya akan dimanfaatkan kembali atau diberikan untuk pihak ke-3.

Kepedulian lingkungan lainnya yang dilakukan oleh PT Geo Dipa Energi adalah memperhatikan keanekaragaman hayati, sebab namanya penggunaan energi panas bumi, pasti perusahaan memanfaatkan suatu lingkungan tertentu untuk dijadikan suatu lokasi pembangunan.

Baca Juga



Nah, sobat EBT Heroes inilah hal keren yang dilakukan oleh PT Geo Dipa Energi, demi menjaga kelestarian lingkungan mereka menerbitkan aturan untuk melaksanakan perlindungan di sekitar area operasional yang mencakup seluruh wilayah proses produksi pembangkit listrik.

Tujuan dan Manfaat EBT Panas Bumi

Ilustrasi Pencemaran Udara di Seluruh Dunia. Sumber : freepik.com

Berdasarkan penjelasan di atas, sejatinya misi utama yang ingin diwujudkan oleh PT Geo Dipa Energi yaitu melalui pemanfaatan sumber panas bumi atau energi geotermal. Upaya pemerintah dalam mewujudkan efisiensi energi di Indonesia, seperti yang diketahui bahwa salah satu keuntungan EBT adalah energinya berkelanjutan atau tidak dapat habis. Alasan inilah yang dijadikan sebagai solusi menggantikan penggunaan energi yang tidak terbarukan karena dapat habis dan tidak efisien.

Pendapat lainnya karena penggunaan EBT mampu menghasilkan lebih banyak energi, tanpa khawatir akan mengalami kelangkaan.

Selain itu, target lain dari pemerintah adalah mengurangi emisi untuk mengurangi risiko dari dampak perubahan iklim yang tanpa disadari oleh manusia semakin masif terjadi. Terutama dalam hal ini PT Geo Dipa Energi berusaha mengikuti aturan yang ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah tahun 2011 sesuai PP No. 62/2011 yang berkonsentrasi pada energi panas bumi atau energi geotermal.

Maka dari itu, PT Geo Dipa Energi melalui usahanya memproduksi energi PLTP berkontribusi kepada target pemerintah yang menginginkan Indonesia agar mampu mengurangi emisi sebesar 6 juta ton di tahun 2035 nanti.

#zonaebt #sebarterbarukan #ebtheroes

Editor: Annisa Nur Fissilmi Kaffah

Referensi:

[1] Sinergi dan Integrasi yang Berlandaskan Aspek Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (ESG) untuk Meraih Pertumbuhan Berkelanjutan

[2] Expanding Our Sustainability Horizons by Escalating ESG Performance

[3] PT Geo Dipa Bukukan Pendapatan Tertinggi di Tengah Pandemi sebesar Rp880 Miliar

[4] Strategi Bisnis PT Geo Dipa Energi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 Comment

  1. Wow, superb weblog format! How lengthy have you ever been blogging for?
    you made running a blog glance easy. The full glance of your site is excellent, as neatly as
    the content! You can see similar here ecommerce

  2. Good day! Do you know if they make any plugins to help with
    Search Engine Optimization? I’m trying to get my website to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good gains.
    If you know of any please share. Appreciate it! You can read
    similar text here: Scrapebox List