Mengeringnya Air Terjun Victoria Akibat dari Perubahan Iklim

Mengeringnya Air Terjun Victoria Akibat dari Perubahan Iklim zonaebt.com
  • Air Terjun Victoria berada di sungai Zambezi di Afrika bagian Selatan yang mengalir di perbatasan Zimbabwe dan Zambia.
  • Air terjun tersebut mengalami penurunan aliran sungai hingga 100 meter ke permukaan tanah.
  • Air terjun yang awalnya sangat menakjubkan itu berubah jadi memprihatinkan.

Air Terjun Victoria merupakan salah satu air terjun paling spektakuler di dunia. Air terjun ini terletak di sungai Zambezi, yang pada saat ini membentuk perbatasan antara Zambia dan Zimbabwe. Air terjun ini memiliki lebar kira-kira 1,6 km dengan ketinggian 128 m (420 kaki). Penduduk setempat menjuluki air terjun terbesar di Afrika ini sebagai ‘asap yang menggelegar’.

Julukan ini diberikan pada Air Terjun Victoria karena air terjun ini menjadi air terjun terbesar di Afrika. Keindahan air terjun ini tak bisa dipungkiri karena selain megah, air terjun ini memiliki pemandangan sekitar yang menakjubkan. Air Terjun Victoria menjadi destinasi wisata yang menjanjikan bagi masyarakat sekitar. Hal ini terjadi karena air terjun tersebut bisa memancing banyak wisatawan untuk melihat keindahan air terjun terbesar di Afrika ini.

Keajaiban alam yang luar biasa ini terbentuk saat sungai Zambezi terjun ke jurang yang disebut ngarai pertama. Jurang tersebut terbentuk oleh aliran air di sepanjang batuan vulkanik dalam zona rekahan alami yang membentuk lanskap di wilayah Afrika bagian Selatan ini.

Namun belakangan ini, keheningan menyelimuti Air Terjun Victoria. Air terjun yang berada di sungai Zambezi telah mengalami penurunan aliran sungai hingga 100 meter ke permukaan tanah. Air terjun yang dahulunya memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan itu berubah menjadi sangat memprihatinkan.

Baca Juga



Kondisi ini disebabkan dengan perubahan iklim dunia yang ekstrem. Hasil dari perubahan iklim ini mempengaruhi kondisi air terjun terbesar di Afrika. Air Terjun Victoria mengalami kekeringan dan membuat aliran air yang dulunya deras menjadi kering. Hal ini tentu berdampak buruk, bukan hanya bagi lingkungan, namun juga bagi masyarakat sekitar. Keringnya air terjun ini membuat pasokan air di sekitar Air Terjun Victoria berkurang. Lalu, masyarakat juga mengalami kesulitan karena berkurangnya kunjungan wisatawan ke Air Terjun Victoria.

Cuaca Ekstrem yang Terjadi Akibat Perubahan Iklim

Mengeringnya Air Terjun Victoria Akibat dari Perubahan Iklim zonaebt.com
Ilustrasi Mengeringnya Air Terjun Victoria. Sumber: istockphoto.com

Cuaca ekstrem yang terjadi di Afrika dalam seabad ini memang meningkat dua kali lipat dari sebelumnya. Fakta ini dapat kita lihat dari laporan yang disampaikan oleh IPCC, mereka mengatakan bahwa suhu permukaan global 1,09 C lebih tinggi dalam sepuluh tahun antara 2011-2020 dibanding 1850-1990. Lima tahun terakhir merupakan suhu terpanas dalam sejarah sejak tahun 1850.

Pengamat pola cuaca di cekungan Zambezi mencatat serangkaian kekeringan ekstrem yang terjadi merupakan akibat dari peningkatan gas rumah kaca di atmosfer dunia sebagai akibat aktivitas manusia. Perubahan iklim mengakibatkan penundaan musim hujan, hal ini membuat penyimpanan air di wilayah ini semakin sulit dan dampak musim kemarau yang berkepanjangan semakin merugikan manusia serta lingkungan.

Menurut Sekretaris Jenderal Organisasi Dunia (WMO) Petteri Taalas, perubahan iklim memiliki dampak yang semakin besar di benua Afrika. Hal ini berdampak besar pada kelompok rentan dan berkontribusi pada kerawanan pangan, perpindahan populasi, dan tekanan pada sumber daya air. Fakta mengkhawatirkan yang dihadapi adalah benua Afrika akan terkena dampak paling parah oleh perubahan iklim, namun kapasitas benua untuk beradaptasi dengan suhu dunia yang terus memanas masih rendah. Afrika berada di garis depan pertempuran melawan perubahan iklim yang berbahaya.

Baca Juga



Menurunnya Pendapatan Ekonomi Warga Setempat

Mengeringnya Air Terjun Victoria Akibat dari Perubahan Iklim zonaebt.com
Ilustrasi Wisatawan Air Terjun Victoria. Sumber: istockphoto.com

Air terjun Victoria menjadi salah satu keuntungan dalam ekonomi terbesar bagi Zimbabwe dan Zambia. Adanya kekeringan yang melanda membuat penduduk setempat khawatir akan pendapatan mereka dari pariwisata tersebut jadi anjlok. Hal tersebut disebabkan karena berkurangnya jumlah turis yang datang ke destinasi wisata tersebut.

Pada tahun-tahun sebelumnya, masyarakat bisa mengandalkan kunjungan wisatawan asing sebagai sumber penghasilan. Namun, karena Air Terjun Victoria mengalami kekeringan, maka pengunjung dari destinasi wisata ini juga berkurang. Kekeringan pun menimbulkan dampak negatif pada perekonomian masyarakat. 

Selain itu, mengeringnya sungai dari air terjun tersebut berdampak pada pasokan listrik yang bergantung pada pembangkit listrik tenaga air. Penduduk di sana memanfaatkan air dari Air Terjun Victoria tidak hanya untuk destinasi wisata, namun juga sebagai sumber Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Dengan adanya kekeringan yang melanda, membuat pasokan listrik menjadi berkurang.

Mengeringnya Air Terjun Victoria Akibat dari Perubahan Iklim zonaebt.com
Air Terjun Victoria. Sumber: istockphoto.com

Hal ini tentu memiliki dampak yang serius, sebab listrik menjadi kebutuhan penting di kehidupan masyarakat sehari-hari. Jika PLTA tak bisa berfungsi menghasilkan listrik, maka masyarakat akan mengalami kesulitan. Dengan adanya masalah ini, diperlukan solusi supaya masalah kekeringan bisa segera diatasi. Solusi tersebut tentu bukan hanya berasal dari penduduk Afrika saja, namun juga semua orang di dunia. Hal ini terjadi karena kekeringan ini disebabkan adanya perubahan iklim global. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan tindakan bersama, bukan individu atau kelompok kecil saja.

Tidak hanya itu, kekeringan yang melanda penduduk sekitar Air Terjun Victoria juga berdampak pada kualitas pangan. Berbagai lembaga melaporkan bahwa peningkatan kebutuhan akan bantuan pangan karena kekeringan mengakibatkan gagal panen pada musim kemarau secara lebih luas di seluruh wilayah.

#zonaebt #sebarterbarukan #ebtheroes

Editor: Rewinur Alifianda Hera Umarul

Referensi:

[1] Air Terjun Victoria Mengering Akibat Perubahan Iklim

[2] Perubahan Iklim: Suhu Terpanas dalam Sejarah, Gelombang Panas Lebih Intens, Laporan IPCC Berisi ‘Kode Merah bagi Umat Manusia’

[3] Perubahan Iklim: Ketika Air Terjun Terbesar di Afrika Berhenti Mengalir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

39 Comment

  1. Wow, fantastic weblog structure! How long have you ever been running a blog for?

    you made blogging look easy. The whole glance of your site is excellent,
    as well as the content material! You can see similar here e-commerce