Bencana Hidrometeorologi : Pengertian, Bentuk, dan Dampaknya dalam Perubahan Iklim Global

Bencana Hidrometeorologi : Pengertian, Bentuk, dan Dampaknya dalam Konteks Perubahan Iklim Global zonaebt.com
Ilustrasi bencana hidrometeorologi. Sumber: pixabay.com
  • Menurut data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), tren bencana hidrometeorologi di Indonesia cenderung mengalami peningkatan setiap tahunnya.
  • Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hidrometeorologi merupakan suatu fenomena bencana alam yang terjadi pada atmosfer (meteorologi), air (hidrologi) atau lautan (oseanografi).
  • Bencana hidrometeorologi merupakan salah satu fenomena alam yang terjadi akibat perubahan iklim sehingga dapat menyebabkan kerusakan.

Sobat EBT Heroes, apakah sudah mengetahui fenomena alam hidrometeorologi? Bencana ini sering terjadi terutama pada negara beriklim tropis seperti Indonesia loh. Bencana hidrometeorologi memiliki kaitan erat dengan perubahan iklim dan cuaca ekstrem dimana bencana ini dapat merusak atmosfer, air, dan lautan.

Sobat EBT Heroes, apakah sudah mengetahui fenomena alam hidrometeorologi? Bencana ini sering terjadi terutama pada negara beriklim tropis seperti Indonesia loh. Bencana hidrometeorologi memiliki kaitan erat dengan perubahan iklim dan cuaca ekstrem dimana bencana ini dapat merusak atmosfer, air, dan lautan.

Menurut data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), tren bencana hidrometeorologi di Indonesia cenderung mengalami peningkatan setiap tahunnya. Itu artinya Indonesia memiliki risiko tinggi terhadap bencana alam yang disebabkan hidrometeorologi.

Bentuk bencana yang dari hidrometeorologi antara lain, yaitu kekeringan, kebakaran hutan, banjir, badai, tanah longsor, gelombang panas, dan bencana lainnya. Dampak dari bencana tersebut tentunya dapat merusak lingkungan sekitar.

Menurut informasi yang dikutip pada situs geografi, perubahan iklim dan cuaca ekstrem yang mengalami perubahan secara mendadak dapat mengakibatkan bencana hidrometeorologi. Contoh bencana hidrometeorologi  yang disebabkan oleh cuaca ekstrem yaitu musim kemarau dapat menyebabkan kekeringan yang berkepanjangan.

Itu sebabnya, penting untuk melakukan langkah mitigasi dalam menghadapi bencana hidrometeorologi. Selain itu, pada beberapa wilayah di Indonesia sudah mulai memasuki musim hujan.

Sobat EBT Heroes, harus waspada dikarenakan pada musim hujan potensi bencana alam banjir, tanah longsor, badai, dan bencana lainnya mungkin saja terjadi. Berikut ini penjelasan mengenai apa itu bencana hidrometeorologi, macam bentuk dan dampak dari bencana hidrometeorologi.

Baca juga:



Apa yang Dimaksud Bencana Hidrometeorologi?

Ilustrasi hidrometeorologi. Sumber: pixabay.com

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hidrometeorologi merupakan suatu fenomena bencana alam atau disebut proses merusak yang terjadi pada atmosfer (meteorologi), air (hidrologi) atau lautan (oseanografi).

Selain hidrometeorologi yang terjadi di Indonesia, potensi bencana lain yang mungkin terjadi antara lain, yaitu geologi dan vulkanologi, dan nonalam. Hidrometeorologi terdiri dari dua yaitu hidrometeorologi I dan hidrometeorologi II.

Contoh geologi dan vulkanologi adalah tsunami, gempa bumi, dan gunung meletus. Contoh hidrometeorologi I adalah kebakaran hutan dan kekeringan. Sedangkan contoh hidrometeorologi II adalah banjir bandang, tanah longsor dan abrasi pantai.

Contoh bencana nonalam adalah epidemi, limbah, dan kegagalan teknologi. Berdasarkan contoh bencana tersebut, penyebab bencana hidrometeorologi disebabkan oleh perubahan iklim dan cuaca ekstrem. Selain itu, penyebab bencana hidrometeorologi juga dipengaruhi oleh fenomena La Nina dan El Nino.

Bencana hidrometeorologi yang disebabkan oleh El Nino memiliki pengaruh terhadap terjadinya kekeringan, gelombang panas, kebakaran hutan dan bencana lainnya pada musim kemarau. Sedangkan La Nina memiliki pengaruh terhadap terjadinya banjir, tanah longsor, badai, dan bencana lainnya pada musim hujan.

Bencana hidrometeorologi sering terjadi pada negara tropis seperti Indonesia. Selain beriklim tropis, Indonesia juga dilewati 3 lempeng tektonik sehingga tidak heran alam dan tanah Indonesia subur.

Meskipun rawan akan bencana, akibat dari letak geografis dan geologis Indonesia menjadi daya tarik wisatawan mancanegara. Sobat EBT Heroes dapat mengamati pada wisata Gunung Rinjani di NTB, dimana gunung ini masih aktif namun dapat menjadi daya tarik wisatawan mancanegara.

Selain itu, pada tahun ini Indonesia ditetapkan ke dalam jaringan UNESCO Global Geoparks melalui keputusan Sidang Dewan Eksekutif UNESCO ke-216 di Paris, Prancis sebagai kawasan geopark dunia. Tercatat terdapat 10 geopark Indonesia yang telah mendunia dan diakui sebagai situs geopark dunia karena letak geologis dan biologis alamnya.

Hal itu tentunya menjadi keunikan dan prestasi yang dimiliki Indonesia dikancah Internasional dengan kekayaan alamnya sehingga wisatawan mancanegara menjadi makin tahu Indonesia. Sobat EBT Heroes patut bangga dengan prestasi negara Indonesia.

Apa Saja Macam Bentuk Bencana Hidrometeorologi?

Ilustrasi bentuk bencana hidrometeorologi. Sumber: pixabay.com

Berikut ini beberapa bentuk bencana hidrometeorologi yang harus diwaspadai, karena termasuk dalam jenis bencana yang sering terjadi :

  • Kekeringan

Fenomena kekeringan merupakan salah satu bencana hidrometeorologi yang disebabkan oleh temperatur suhu yang tinggi. Fenomena ini sering terjadi pada musim kemarau. Fenomena kekeringan yang berkepanjangan dapat menyebabkan terjadinya krisis air, kebakaran hutan dan sebagainya.

  • Banjir

Fenomena banjir merupakan salah satu bencana hidrometeorologi yang disebabkan oleh tingginya intensitas curah hujan. Fenomena ini sering terjadi pada musim hujan. Musim hujan yang berkepanjangan dapat menyebabkan terjadinya banjir bandang yang dapat merusak lingkungan sekitar, seperti robohnya bangunan, rusaknya tanaman, dan kematian makhluk hidup serta dampak lainnya.

  • Badai

Fenomena badai merupakan salah satu bencana hidrometeorologi yang disebabkan oleh perbedaan temperatur yang signifikan. Fenomena ini sering terjadi pada musim hujan ketika angin bertiup kencang. Badai yang besar dapat merusak lingkungan sekitar, seperti robohnya bangunan, rusaknya fasilitas umum dan kematian makhluk hidup serta dampak lainnya.

  • Tanah longsor

Fenomena tanah longsor merupakan salah satu bencana hidrometeorologi yang biasanya disebabkan oleh tingginya intensitas curah hujan. Fenomena ini sering terjadi pada musim hujan yang terjadi terus-menerus. Tanah longsor dapat bergerak dan menimbun apa saja yang berada di bawahnya.

Baca juga:



Apa Dampak dari Bencana Hidrometeorologi?

Ilustrasi dampak bencana hidrometeorologi. Sumber: pixabay.com

Bencana hidrometeorologi merupakan salah satu fenomena alam yang terjadi akibat perubahan iklim sehingga dapat menyebabkan kerusakan. Tentunya kerusakan yang ditimbulkan memiliki dampak bagi manusia dan makhluk hidup lainnya.

Dampak bencana hidrometeorologi yang pertama yaitu, dapat menyebabkan kerusakan sarana dan prasarana. Bencana seperti banjir, tanah longsor dan badai dapat merusak sarana dan prasarana. Kerusakan tersebut berupa putusnya jembatan, rusaknya struktur jalan raya, dan robohnya bangunan.

Selain itu, bencana hidrometeorologi dapat menyebabkan korban jiwa. Korban jiwa yang berjatuhan sering terjadi pada wilayah yang padat penduduk. Perlu beberapa hari dalam menemukan dan mengidentifikasi korban jiwa akibat bencana hidrometeorologi.

Tidak hanya itu, dampak yang sering terjadi akibat bencana hidrometeorologi adalah munculnya penyakit pascabencana. Penyakit yang sering muncul seperti diare, typus, influenza, dan penyakit lainnya.

Berdasarkan dampak tersebut dapat disimpulkan bahwa bencana hidrometeorologi menjadi salah satu bencana yang sering terjadi di Indonesia. Sobat EBT Heroes harus selalu waspada apabila memasuki perubahan iklim dan cuaca ekstrem.

Nah, Sobat EBT Heroes itulah penjelasan mengenai apa itu bencana hidrometeorologi, macam bentuk dan dampak dari bencana hidrometeorologi. Perubahan iklim dan cuaca ekstrem menjadi faktor utama yang memiliki pengaruh terhadap bencana hidrometeorologi. Oleh karena itu, Sobat EBT Heroes harus selalu waspada terhadap bencana dimanapun dan kapanpun.

#zonaebt #sebarterbarukan #ebtheroes

Editor: Nur Wasilatus Sholeha

Referensi:

[1] Mengenal Bencana Hidrometeorologi pada Desember-Februari

[2] Memahami Apa Itu Bencana Hidrometeorologi dan Contohnya

[3] Fenomena Bencana Hidrometeorologi di Indonesia Masih Terus Terjadi

[4] Langkah-langkah Mitigasi Bencana Hidrometeorologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 Comment

  1. Excellent goods from you, man. I’ve understand your stuff previous to and you are just
    extremely excellent. I actually like what you have acquired here, really like what you’re saying and the
    way in which you say it. You make it entertaining and you still take care
    of to keep it wise. I cant wait to read much more from you.
    This is really a terrific web site.

    Also visit my page vpn coupon code 2024