Tips dan Trik Cara Memperpanjang Umur Pakai Panel Surya

Cara Memperpanjang Umur Pakai Panel Surya: Tips dan Trik zonaebt.com
Ilustrasi panel surya. Sumber: Pexels.com
  • Tips dan trik perawatan panel surya agar bekerja maksimal
  • Tips memiliki lampu panel surya yang tahan lama
  • Alasan lampu panel surya bisa cepat rusak

Panel surya telah menjadi solusi yang semakin populer untuk memenuhi kebutuhan energi dengan cara yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Untuk memaksimalkan manfaat energi terbarukan ini, penting untuk memahami dan menerapkan praktik perawatan yang baik. Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk memperpanjang umur pakai panel surya.

Baca juga



Cara Perawatan Panel Surya Agar Memiliki Performa Maksimal

Membersihkan panel surya tidaklah mudah karena bersifat statis. Tentu saja, penting untuk memastikan perawatan rutin agar tetap berfungsi secara efektif dan efisien.

  • Pastikan panel surya tetap bersih

Hal pertama yang bisa dibersihkan adalah permukaan panel surya. Sobat EBT Heroes dapat memeriksa apakah ada debu di permukaan. Pastikan juga permukaan panel bersih. Misalnya, jika bayangan pepohonan di sekitar rumah menghalangi panel surya, hal ini dapat memengaruhi kinerja panel surya. Oleh karena itu, sebelum memasang panel surya, penting untuk memeriksanya untuk melihat apakah ada sesuatu yang menghalangi  sinar matahari.

  • Perhatikan keadaan kabel panel surya

Saat melakukan perawatan atau pembersihan panel surya, penting  untuk memperhatikan kabel panel surya. Kabel dan kotoran di dalam sistem instalasi dapat mempengaruhi sinar matahari. Jangan hanya fokus pada permukaan panel surya saja, periksa juga dukungan rangka dan modulnya. Harap verifikasi bahwa itu diinstal dengan benar dan perbaiki kesalahan apa pun. Yang terpenting adalah  air tidak boleh masuk ke dalam sistem instalasi, karena air dapat menyebabkan korosi dan memperpendek umur panel surya.

  • Sikat dengan bahan yang halus

Cara membersihkan panel surya berikutnya adalah dengan menggunakan sikat yang terbuat dari bahan yang lembut. Sobat EBT Heroes dapat menggunakan kain pel atau chamois untuk melindungi panel surya Anda dari goresan, yang dapat mencegah kinerja terbaiknya. Hal ini juga mempengaruhi efisiensi panel surya yang  menyerap  sinar matahari sebagai sumber energi utamanya.

  • Lakukan perawatan secara rutin

Perawatan panel surya bisa dilakukan pada pagi atau sore hari. Pada siang hari, panel surya mencapai suhu tinggi dan  menyerap panas secara maksimal. Ini mungkin menjadi kekhawatiran saat membersihkan. Pergilah pada pagi atau sore hari  saat sinar matahari  tidak terlalu terik.

  • Seka panel surya disaat masih basah

Jangan biarkan panel surya mengering. Itu harus segera dibersihkan. Kemudian biarkan segera mengering sebelum diangin-anginkan. Silakan gunakan kapas lembut untuk menghindari kerusakan panel surya. Jika air mengering karena terkena sinar matahari, tentunya dapat mempengaruhi kinerja  panel surya  karena air akan meninggalkan bekas di permukaan panel surya.

Tips dan Trik Lampu Panel Surya Bisa Bertahan Lebih Lama

Ilustrasi melakukan perawatan panel surya. Sumber: Pexels.com

Panel surya adalah solusi energi bersih yang berkelanjutan. Untuk memastikan umur panjang dan kinerja optimal panel surya, penting untuk melaksanakan perawatan dan perhatian yang tepat. Berikut adalah tips dan trik berharga untuk membantu memperpanjang umur panel surya.

  • Pengaturan yang tepat

Tergantung di mana akan digunakan lampu tenaga surya,  pengaturan yang akurat sangatlah penting. Pengaturan yang salah dapat menghabiskan lebih banyak uang atau merusak lampu tenaga surya. Pengaturan yang salah dapat menyebabkan baterai terkuras lebih cepat. Dan mungkin juga menerangi taman atau jalan setapak yang terlalu terang, padahal sebenarnya tidak perlu.

  • Mematikan lampu

Hari hujan lebat  dapat merusak cahaya. Hal ini karena jika hujan terus-menerus, panel tidak akan mengisi daya seefisien yang seharusnya. Oleh karena itu, jika tidak diisi, lampu akan membebani baterai secara berlebihan dan kerusakan baterai  tidak dapat dihindari. Untuk menghemat daya baterai, matikan lampu saat hujan.

  • Melindungi panel surya

Apabila tidak tinggal di tempat yang mataharinya bersinar sepanjang waktu, namun tetap membutuhkan panel surya untuk mendapatkan energi yang  murah. Apakah lampu tenaga surya bertahan lama bahkan di musim dingin? Jika hendak memasang panel surya di luar ruangan, jawabannya adalah tidak. Aturan penyimpanan yang aman juga berlaku pada kondisi cuaca ekstrem lainnya, seperti  badai.

Jika di luar sangat dingin, sebaiknya pasang lampu tenaga surya di dalam ruangan. Ini bisa berbahaya selama musim dingin  karena pencahayaannya mungkin redup. Untuk menyimpan lampu  dengan benar di cuaca dingin, keluarkan baterai dan simpan dengan aman. Selanjutnya, bungkus panel surya dengan kertas. Caranya adalah dengan menjaganya tetap kering.

  • Memilih lampu yang tepat

Seperti halnya bola lampu apa pun yang dibeli, baik untuk penggunaan di rumah atau di luar ruangan, penting untuk memeriksa wattnya. Menggunakan bohlam dengan watt tinggi menyebabkan baterai  bekerja ekstra. Mengapa lampu tenaga surya bertahan lebih lama jika menggunakan bohlam dengan watt rendah? Karena bohlam dengan watt rendah menggunakan lebih sedikit energi dan menghemat daya baterai  lebih lama.

  • Mengganti baterai soak

Jika  lampu tenaga surya menjadi gelap, baterainya mungkin mati. Baterai adalah  jantung dari lampu tenaga surya dan tidak bertahan selamanya. Jika baterai habis atau terkorosi, lampu akan  redup atau tidak menyala sama sekali. Oleh karena itu, jika merasa ada masalah dengan lampu tenaga surya, baterai harus menjadi sasaran pertama. Tips untuk mendapatkan hasil maksimal dari tenaga surya  adalah  membuang baterai yang mati sesegera mungkin. Kemudian ganti baterainya dengan yang baru.

Baca juga



Alasan Lampu Panel Surya Cepat Rusak

Ilustrasi pengecekan panel surya. Sumber: Pexels.com

Lampu panel surya telah menjadi salah satu solusi energi terbarukan yang populer dalam beberapa tahun terakhir. Meskipun banyak keuntungan yang terkait dengan penggunaan lampu panel surya, sayangnya, ada beberapa masalah yang dapat menyebabkan kerusakan cepat pada sistem tersebut.

  • Baterai tidak sampai full

Modul surya yang  tidak memiliki daya baterai yang full tidak akan berfungsi.

Maka dari itu, berikan waktu  untuk mengisi penuh baterai sebelum digunakan.

  • Rusaknya sensor

Sensor menyalakan bola lampu saat hari gelap, jadi perlu dibuat ruangan  gelap untuk menguji sensor.  Atau jika hendak menutup sensor  dan  lampu masih mati berarti ada masalah pada sensornya.

  • Paparan sinar matahari yang sedikit

Lampu tenaga surya tidak akan bekerja secara efisien jika lampunya tidak terkena sinar matahari. Pastikan lampu mendapat sinar matahari yang cukup agar tetap menyala sepanjang malam. Dalam beberapa kasus, hewan kecil atau dedaunan pohon dapat menutupi panel surya sehingga menghalangi sinar matahari untuk mencapai panel surya.

Dengan menerapkan tips dan trik di atas, Sobat EBT Heroes dapat memperpanjang umur pakai panel surya dan memaksimalkan investasi energi terbarukan. Perawatan yang baik dan pemilihan komponen yang berkualitas akan memastikan bahwa panel surya tetap beroperasi dengan efisien dan memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dan keberlanjutan energi. Pemahaman dan perencanaan yang cermat adalah kunci untuk memastikan pasokan listrik yang konsisten dan efisien. Karena berkontribusi mewujudkan cita-cita Indonesia dengan energi terbarukan. Oleh karena itu, mari  terus gunakan energi  berkelanjutan untuk menciptakan masa depan  yang lebih baik bagi negara Indonesia. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan energi panel surya sederhana untuk mengurangi konsumsi listrik yang dibutuhkan di rumah. Dengan begitu, sobat EBT Hero akan membantu memajukan masa depan negara dan makin tahu Indonesia.

#zonaebt #sebarterbarukan #ebtheroes

Editor: Tika Sari Safitri

Referensi:

[1] Ini Dia 5 Cara Merawat Panel Surya Tetap Awet dan Memiliki Performa Maksimal!

[2] 9 Tips Agar Lampu Tenaga Surya Awet Tahan Lama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 Comment