Fakta Menarik Panel Surya, Bisa Beroperasi di Minim Cahaya?

panel surya. zonaebt.com
Panel surya jika bekerja di malam hari. Sumber: pexels.com
  • Apakah panel surya berfungsi saat mendung atau hujan?
  • Cara kerja panel surya di malam hari
  • Optimalisasi penggunaan panel surya

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) telah menjadi salah satu solusi yang semakin populer untuk menghasilkan energi yang bersih dan berkelanjutan. Meskipun PLTS sangat bergantung pada sinar matahari, banyak orang mungkin bertanya-tanya apakah panel surya masih dapat bekerja saat matahari terhalang oleh awan atau malam hari. Mari bersama-sama membahas fakta menarik tentang bagaimana PLTS tetap beroperasi dalam kondisi yang tidak mendukung seperti musim hujan dan malam hari.

Fungsi Panel Surya di Saat Mendung atau Hujan

Seiring pergantian musim yang tidak selalu menghasilkan energi matahari membuat panel surya kurang optimal dalam melakukan kinerjanya. Lalu, apakah panel surya tetap berfungsi meskipun di kondisi minim cahaya, baik cuaca berawan atau malam hari?

  • Dapat Terhubung dengan Jaringan PLN

Sobat EBT Heroes tetap dapat menikmati panel surya dan performanya yang baik bahkan ketika mendung atau hujan. Di Indonesia, teknologi panel surya kini sudah terhubung dengan sistem jaringan listrik Perusahaan Listrik Negara (PLN). Oleh karena itu, pengguna tidak perlu lagi menggunakan baterai untuk menyimpan daya saat cuaca mendung atau hujan.

Hal inilah yang memungkinkan terjadinya impor dan ekspor tenaga listrik. Sederhananya, jika konsumsi listrik rumah cenderung tinggi sedangkan pasokan listrik dari panel surya rendah, maka kekurangannya akan diisi oleh jaringan PLN. Sebaliknya, listrik yang dihasilkan panel surya akan memenuhi jaringan listrik PLN jika pasokannya lebih besar. Memang ada meter jaringan yang menjaga pasokan listrik ke panel surya yang terhubung ke jaringan PLN.

  • Penyimpanan Energi dengan Baterai

Pada dasarnya panel surya akan beroperasi secara optimal jika menerima intensitas dan suhu sinar matahari yang cukup. Selain itu, naungan juga memengaruhi kinerja panel surya tersebut. Jika panel diselimuti kegelapan, kinerjanya tidak akan maksimal. Begitu pula saat cuaca mendung atau hujan. Namun jangan khawatir, panel surya kini dirancang untuk beroperasi dalam cuaca panas atau berawan.

Baca juga



Panel surya dapat beroperasi pada cuaca mendung atau hujan dan menyerap energi listrik sepanjang memenuhi standar energi minimum. Jika jumlah daya minimum tidak dapat dicapai, alternatifnya adalah panel surya yang dapat beroperasi dengan daya cadangan dari baterai. Tentunya baterai harus melalui proses pengisian terlebih dahulu untuk mendapatkan energinya. Energi ini digunakan untuk menyediakan listrik apabila sewaktu-waktu listrik dari panel surya tidak dapat digunakan atau berkurang pada saat cuaca mendung atau hujan.

  • Inovasi Panel Surya Bertenaga Air Hujan

Bukan tidak mungkin di masa mendatang panel surya bisa bekerja dalam kondisi cuaca paling ekstrem. Baru-baru ini di China sedang dikembangkan panel surya yang juga dapat bekerja maksimal saat hujan. Cara kerjanya cukup sederhana, yakni dua lapisan berpolimer transparan diletakkan di atas sel panel surya. Saat air hujan jatuh, maka akan mengaliri lapisan transparan tersebut hingga turun. Gesekan antara lapisan polimer dan air inilah yang akan menghasilkan listrik statis.

Selain di China, pengembangan panel surya pada cuaca mendung, dingin, atau hujan juga dikembangkan di Jerman oleh Klaus Streiner. Teknologi ini disebut Solarthermie. Sederhananya, pelat tersebut adalah tabung kaca vakum dan di dalamnya terdapat pelat tembaga yang dilapisi titanium nitrida oksida. Kondisi vakum pada tabung membuat proses perpindahan panas menjadi lebih efisien dalam mengubah panas menjadi energi listrik. Hal ini dilaporkan di situs Deutsche Welle. Dengan cara ini, tabung panel dapat digunakan saat cuaca hujan atau dingin.

Cara Kerja Panel Surya Pada Malam Hari

Ilustrasi cara kerja panel surya di malam hari. Sumber: Pexels.com

Tujuan  sistem panel surya adalah untuk menyerap sinar matahari, juga dikenal sebagai energi fotovoltaik (PV), dan mengubahnya menjadi  arus searah (DC). Energi DC dikirim melalui sistem inverter untuk diubah menjadi  arus bolak-balik (AC), yang merupakan jenis energi yang digunakan di sebagian besar rumah. Dalam kondisi seperti ini, panel surya  dapat menyediakan listrik untuk rumah. Jika panel surya menghasilkan listrik lebih banyak dari yang dibutuhkan, kelebihan listrik tersebut dikirim kembali ke jaringan  PLN.

Dikarenakan panel surya hanya dapat menghasilkan listrik pada siang hari, maka pertanyaannya adalah “bagaimana panel surya dapat menghasilkan listrik pada malam hari jika tidak ada sinar matahari?” Ada dua solusi utama yang dapat menjawab pertanyaan ini. Teknologi sistem on-grid dan off-grid  memungkinkan sistem panel surya mengakses listrik sepanjang malam bahkan ketika pembangkitan panel surya tidak beroperasi, melalui koneksi ke jaringan listrik atau  baterai. Dengan koneksi jaringan listrik terintegrasi dan sistem penyimpanan energi surya, panel surya menyediakan solusi energi 24/7 non-stop.

Baca juga



Optimalisasi Penggunaan Panel Surya

Fakta lain PLTS Bekerja Jika Tidak Ada Matahari: Musim Hujan dan Malam Hari zonaebt.com
Ilustrasi penggunaan panel surya secara maksimal. Sumber: Pexels.com

Penggunaan panel surya saat matahari tidak bersinar secara optimal dapat dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa faktor dan strategi. Meskipun panel surya bergantung pada sinar matahari untuk menghasilkan listrik, Anda masih dapat mengoptimalkan penggunaannya dalam situasi minim cahaya matahari.

  • Efisiensi Energi

Pastikan rumah atau instalasi Anda telah diatur untuk efisiensi energi. Ini termasuk menggunakan peralatan hemat energi, isolasi yang baik, dan pencahayaan LED yang efisien. Dengan mengurangi konsumsi energi Anda secara keseluruhan, Anda akan lebih mampu menggunakan listrik yang dihasilkan oleh panel surya dalam kondisi minim cahaya matahari.

  • Menentukkan Prioritas Pemakaian Energi

Sobat EBT Heroes dapat mengatur prioritas penggunaan energi saat panel surya tidak menghasilkan listrik maksimal. Misalnya, Anda dapat memprioritaskan penggunaan listrik untuk kebutuhan esensial seperti pencahayaan, pendingin ruangan, atau pemanas air, sementara peralatan non-esensial yang menggunakan banyak energi dapat dimatikan.

  • Monitoring dan Manajemen Energi

Instal sistem pemantauan dan manajemen energi yang memungkinkan Anda untuk melihat dan mengontrol konsumsi listrik dengan lebih efektif. Ini membantu Anda memaksimalkan penggunaan energi panel surya saat kondisi minim cahaya matahari.

Dengan strategi ini, Sobat EBT Heroes dapat memaksimalkan penggunaan panel surya bahkan saat tidak ada matahari yang bersinar secara optimal. Pemahaman dan perencanaan yang cermat adalah kunci untuk menjaga pasokan listrik yang stabil dan efisien sepanjang waktu. Karena dengan adanya energi terbarukan kita turut mewujudkan cita-cita Indonesia. Maka dari itu, mari kita terus terapkan energi yang berkelanjutan demi kehidupan masa depan bangsa yang lebih cerah. Salah satunya dengan memanfaatkan energi panel surya sederhana untuk menghemat pemanfaatan tenaga listrik bagi kebutuhan rumah tangga. Dengan demikian, Sobat EBT Heroes turut memajukan masa depan bangsa dan makin tahu Indonesia.

#zonaebt #sebarterbarukan #ebtheroes

Editor: Tika Sari Safitri

Referensi:

[1] Apakah Panel Surya Tetap Berfungsi Saat Mendung atau Hujan?

[2] Apakah Panel Surya dapat Bekerja di Malam Hari dan Saat Mendung?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 Comment

  1. Wow, incredible weblog layout! How long have you ever been running a blog for?
    you made running a blog glance easy. The entire look of your website is fantastic, as smartly as the content!
    You can see similar here dobry sklep

  2. Hey there! Do you know if they make any plugins to help with SEO?
    I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good gains.
    If you know of any please share. Many thanks! I saw similar
    text here: AA List