Kenali Manfaat Jangka Panjang Penggunaan Panel Surya

  • Sumber energi bersih dan terbarukan yang dihasilkan dengan mengkonversi energi matahari menjadi listrik
  • Penggunaan panel surya memiliki banyak manfaat bagi keberlangsungan hidup manusia
  • Salah satu manfaat jangka panjang yang dapat dirasakan adalah penghematan tagihan listrik 

Panel surya adalah komponen utama yang berupa panel fotovoltaik terbuat dari bahan semikonduktor, seperti silikon yang memiliki fungsi untuk menangkap cahaya matahari dan mengubahnya menjadi arus listrik agar dapat digunakan sesuai dengan kapasitas panel suryanya. Panel surya akan menghasilkan listrik bersih yang dapat digunakan langsung maupun disimpan terlebih dahulu. Sekarang ini panel surya sudah mulai banyak digunakan, baik itu untuk tujuan pribadi, komersial, pemerintah, penggunaan pada bandara, stadion maupun desa-desa yang ada di Indonesia. 

BACA JUGA



Panel Surya merupakan salah satu dari banyaknya hasil pengembangan di bidang energi terbarukan (EBT) yang sudah terbukti manfaatnya. Baik itu manfaat jangka pendek maupun jangka panjang. Apa saja manfaat jangka panjang penggunaan panel surya? Simak dibawah ya!

1.Mengurangi Tagihan Listrik

Listrik Menjadi Hemat. Sumber: Linkedin Zonaebt

Penggunaan panel surya dapat mengurangi dan menghemat tagihan listrik dalam beberapa bulan kedepan dan menghemat uang dalam jangka waktu yang panjang. Hal ini membuat penggunaan listrik menjadi terbantu dan terpenuhi oleh penggunaan panel surya yang memanfaatkan energi listrik dari matahari. 

Dengan adanya pemanfaatan panel surya, tagihan listrik akan berkurang karena penggunaan listrik di siang hari dapat memanfaatkan energi matahari sedangkan pada malam hari dapat menggunakan listrik yang terhubung pada PLN. Biasanya tagihan listrik yang berkurang akan disesuaikan dengan jumlah watt yang dihasilkan selama pemanfaatan panel surya. 

2. Menyimpan Energi Listrik

Memiliki Cadangan Listrik. Sumber: Linkedin Zonaebt

Beberapa panel surya memiliki baterai untuk cadangan energi listriknya sendiri yang didapat dipakai pada saat diperlukan. Semakin tinggi kapasitas baterai yang digunakan, maka akan semakin banyak energi matahari yang dapat disimpan. Baterai dalam penggunaan panel surya dapat bertahan sekitar kurang lebih 25 tahun.

3. Mengurangi Polusi & Pemanasan Global

Penggunaan Listrik yang Ramah Lingkungan. Sumber: Linkedin Zonaebt

Penggunaan panel surya merupakan penggunaan energi yang sudah ramah lingkungan, tidak menyebabkan polusi dan dapat menjaga kualitas udara yang lebih baik. selain itu juga dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca seperti karbon dioksida dan sulfur dioksida dan membantu mengurangi dampak pemanasan global dan perubahan iklim.

BACA JUGA:



4. Meningkatkan Nilai Properti

Investasi Dengan Nilai Jual Tinggi. Sumber: Linkedin Zonaebt

Suatu properti atau bangunan yang memiliki dan menggunakan panel surya berpotensi memiliki nilai jual yang tinggi di masa depan karena konsep green building dan ramah lingkungan yang dimiliki. Selain itu juga dapat membuat bangunan menjadi terlihat lebih modern.

5. Terbarukan dan Tidak Akan Habis

Pemanfaatan Energi Matahari Menjadi Listrik. Sumber: Linkedin Zonaebt

Energi matahari merupakan sumber energi terbarukan yang didapatkan secara gratis dan tersedia di selama bumi masih ada. Energi matahari tidak akan habis dan tidak juga mencemari lingkungan. Panel surya menghasilkan energi bersih dan terbarukan yang dihasilkan dengan cara mengkonversi energi matahari menjadi listrik yang dapat dipakai.

Nah, itulah beberapa manfaat jangka panjang dari penggunaan panel surya! Jadi, apakah Sobat EBT Heroes sekarang tertarik untuk menggunakan panel surya? Komen di bawah ya!

#zonaebt #sebarterbarukan #ebtheroes

Editor: Kania Puspita Dewi

REFERENSI

[1] Mengenal Lebih Dekat Tentang Panel Surya – SUN Terra

[2] Panel Surya

[3] Saatnya Beralih ke Panel Surya, Mengapa?

[4] 6 Manfaat Penggunaan Sistem Listrik Panel Surya – SUN Terra

[5] Investasi Panel Surya: Manfaat Jangka Panjang untuk Masa Depan – Atonergi

[6] Menyimpan Energi Matahari

[7] 10 Manfaat Utama Pembangkit Listrik Tenaga Surya bagi Lingkungan dan Masyarakat – Indonesia Environment & Energy Center

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 Comment