Hasilkan Energi Bersih, Listrik 5 Bandara Ini Berasal Dari Matahari

Listrik Bandara ini Gunakan Energi Matahari. Sumber: Linkedin Zonaebt
  • Beberapa bandara di Indonesia hasilkan energi bersih dengan penggunaan panel surya untuk listrik.
  • Energi bersih dihasilkan dari pemanfaatan energi matahari menjadi listrik menggunakan panel surya
  • Pemasangan panel surya pada beberapa bandara menggunakan panel surya atap fotovoltaik

Pengembangan dan pemanfaatan terhadap potensi energi bersih atau energi terbarukan yang ada di Indonesia kini sudah mulai dilaksanakan secara perlahan dan berkala. Salah satu energi terbarukan yang hanya ada satu di dunia dan gratis untuk digunakan oleh siapapun adalah matahari. Sinar matahari dapat digunakan untuk menghasilkan listrik dengan bantuan alat atau teknologi yang biasa disebut dengan panel surya. 

Penggunaan panel surya sebagai sumber listrik sudah mulai digunakan untuk kepentingan pribadi maupun umum. Sekarang ini sudah mulai banyak fasilitas umum yang menggunakan panel surya, salah satunya adalah bandara.

Beberapa bandara yang di Indonesia sudah ada yang menggunakan panel surya untuk keperluan listriknya dan menerapkan konsep green airport. Kira-kira bandara mana saja yang menggunakan energi matahari untuk listriknya? langsung Scroll kebawah ya!

1. Bandara Soekarno-Hatta 

Bandara Penggunaa Panel Surya Terbesar. Sumber : Jawapos.com

Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta telah menggunakan panel surya untuk keperluan listriknya. Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berupa 720 panel surya sistem fotovoltaik berkapasitas maksimal 241 kilowatt peak (kWp) dibangun di sekitar atap Gedung Airport Operation Control Center (AOCC) dan di Terminal 2 dengan kapasitas 1,50 (MWp).

Gedung AOCC merupakan pos komando terintegrasi atau gedung kontrol untuk memastikan kelancaran operasional bandara, berisikan personil pengelola bandara, airline operator, air navigation, dan authorities seperti Karantina, Bea dan Cukai, Imigrasi, Kepolisian dan sebagainya. 

Proyek ini merupakan kerja sama antara PT Angkasa Pura II dengan PT Bukit Asam Tbk yang menggandeng anak perusahaan PT Len Industri, yaitu PT Surya Energi Indotama. Keberadaan PLTS Bandara Soekarno-Hatta ini dibangun dengan mengimplementasikan konsep green airport dan memanfaatkan energi baru dan terbarukan untuk menghasilkan energi bersih yang ramah lingkungan.

BACA JUGA



2. Bandara Kualanamu

Bandara Terbesar Nomor Tiga di Indonesia. Sumber : Detik.com

Bandara Kualanamu juga turut menggunakan energi matahari untuk keperluan listriknya, proyek pemasangan PLTS ini merupakan proyek dari PT Angkasa Pura II. Panel surya dipasang pada atap Terminal kargo dan gedung administrasi Bandara Kualanamu seluas 5.100 meter persegi dengan kapasitas 761 kilowatt peak (KWp) atau setara dengan 0,76 MWp.

3. Bandara I Gusti Ngurah Rai

Bandara yang Meraih Penghargaan PSBE 2022. Sumber : Travelkompas.com

PT Angkasa Pura 1 bersama dengan Angkasa Pura Property selaku anak usahanya membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Sebanyak 288 panel surya fotovoltaik berkapasitas maksimal 155 kilowatt peak (kWp) dipasang di area Gedung Parkir Internasional, Gedung Parkir Domestik dan Toll Gate Bandara I Gusti Ngurah Rai. 

Sama seperti Bandara Banyuwangi, Bandara I Gusti Ngurah Rai juga mendapatkan peringkat 1 penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi Tahun 2022 untuk kategori Manajemen Energi Pada Industri dan Bangunan Sub Kategori Gedung Besar. Selain itu juga Bandara I Gusti Ngurah Rai mewakili Indonesia dalam kategori penghargaan ASEAN Energy Efficiency and Conservation Best Practices Award. 

BACA JUGA



4. Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani

Bandara Peraih Sertifikasi Penerapan Prinsip Lingkungan. Sumber : Ap1.co.id

Setelah pembangunan PLTS pada Bandara I Gusti Ngurah Rai, kini Angkasa Pura Property dan Angkasa Pura 1 juga membangun PLTS di sekitaran Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang. Sebanyak 186 unit panel surya fotovoltaik berkapasitas 100 kilowatt peak (kWp) dipasang di atap kanopi area parkir Gedung Administrasi dan Rooftop Gedung Main Power House (MPH). 

5. Bandara Banyuwangi

Bandara Pertama yang Menerapkan Konsep Green Airport. Sumber : Lenteratoday.com

Bandara Banyuwangi telah menyelesaikan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga  Surya (PLTS) dengan memasang panel surya pada atap Gedung airport Rescue & Fire Fighting seluas 600 meter persegi dengan kapasitas 35,1 kilowatt peak (KWp) setara dengan 0,03 MWP. Sama seperti Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Kualanamu, proyek pengerjaan panel surya pada Bandara Banyuwangi ini dikelola oleh PT Angkasa Pura II. 

Selain itu juga Bandara Banyuwangi mengusung konsep bangunan hijau dan ramah lingkungan, hal ini dibuktikan dengan adanya penanaman tanaman (green roof) pada bagian atap terminal, pemanfaatan listrik dari PLTS, dan penggunaan kisi-kisi kayu pada dinding sebagai penghawaan udara alami. Sehingga Bandara Banyuwangi dinilai telah berhasil dan melakukan kinerja terbaik dalam memajukan sektor energi dan sumber daya mineral di Indonesia dan meraih penghargaan Subroto Award 2023 dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Diharapkan bahwa Bandara-Bandara di Indonesia dapat mulai beralih menggunakan energi baru dan terbarukan, baik itu pemanfaatan energi surya maupun energi terbarukan lainnya serta menerapkan konsep green airport . 

Nah, dari kelima Bandara di Indonesia yang sudah menggunakan panel surya dengan memanfaatkan energi matahari untuk keperluan listriknya, Sobat EBT Heroes sudah pernah ke Bandara yang mana nih? Tulis di kolom komentar ya!

#ZonaEBT #SebarTerbarukan #EBTHeroes

Editor: Kania Puspita Dewi

REFERENSI

[1] Keren, Bandara Soekarno-Hatta Kini Manfaatkan Matahari Jadi Sumber Energi Listrik Lewat PLTS

[2] Bandara AP II Bergabung Dengan Komunitas Global, Kejar Target Net Zero Carbon Emissions di Industri Aviasi Pada 2050

[3] Bertemu Parlemen Uni Eropa, AP II Tekankan Pentingnya Dekarbonisasi di Sektor Aviasi

[4] Hemat Energi, Bandara Banyuwangi Raih Subroto Award 2023

[5] Dukung Penggunaan Energi Baru Terbarukan, Angkasa Pura Airports Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali

[6] Bandara I Gusti Ngurah Rai Berhasil Raih Penghargaan Manajemen Energi Tertinggi Tingkat Asia Tenggara

[7] Angkasa Pura Property Kembali Bangun PLTS di Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 Comment

  1. I absolutely love your blog and find most of your post’s to be just what I’m looking
    for. Do you offer guest writers to write content for
    you? I wouldn’t mind writing a post or elaborating on some of the subjects
    you write about here. Again, awesome web log! quorionex.top

  2. Thank you, I have just been searching for information about this subject
    for ages and yours is the best I’ve discovered till now.
    But, what in regards to the bottom line? Are you certain concerning the supply?!

  3. Hi there! Do you know if they make any plugins to assist with
    Search Engine Optimization? I’m trying to get my blog to
    rank for some targeted keywords but I’m not seeing very
    good gains. If you know of any please share.

    Thanks! You can read similar art here: Sklep internetowy

  4. I used to be suggested this web site by way of my cousin. I’m now not sure whether this publish is written by means of him as nobody else realize such targeted about my trouble.
    You’re wonderful! Thank you!