Begini Daya Tarik PLTB Ciemas Sukabumi!

  • PLTB terbesar se Asia Tenggara dibangun dengan kapasitas 150 Megawatt (MW) berada di Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat
  • Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat ini ikut mendorong percepatan Peraturan Presiden tentang PLTB di Indonesia
  • PLTB Ciemas akan menjadi sumber energi terbarukan ramah lingkungan yang dimiliki Jawa Barat

Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Indonesia mulai dikembangkan di berbagai wilayah yang berpotensi menghasilkan angin kencang. Salah satu PLTB dibangun dengan kapasitas 150 Megawatt (MW) berada di Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Pembangunan PLTB di Ciemas Sukabumi dimulai sejak tahun 2016. Saat ini PLTB Ciemas akan menyelesaikan tahap pembukaan eksplorasi.

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum melaksanakan pembukaan eksplorasi PLTB Ciemas, Kabupaten Sukabumi pada Rabu, 8 September 2021. Tahap pembukaan eksplorasi ini menghabiskan dana sebesar Rp 70 Miliar dan total dana investasi senilai Rp 3,3 Triliun. 


Baca juga:


PLTB Ciemas ini dibangun di lahan milik pribadi, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan Perusahaan Kehutanan Negara Indonesia (Perhutani). Kapasitas yang dihasilkan oleh PLTB ini sebesar 150 Megawatt (MW) dengan tipe turbin yakni EN145 3,3 MW dengan ketinggian hu turbin angin 127 meter serta panjang baling-baling 72,5 meter.

Energi yang dihasilkan oleh angin merupakan energi yang tidak ada habisnya sehingga dapat menjadi energi terbarukan di masa saat ini untuk kedepannya. Sesuai dengan rencana pemerintah, pembangunan PLTB di Ciemas mendukung Indonesia menuju energi bersih.

Energi angin sangatlah ramah lingkungan karena energi primer yang tidak menyebabkan polusi udara bahkan tidak merusak lapisan ozon. Maka salah satu energi primer yang cocok dikembangkan di Indonesia dengan kekayaan alam yang melimpah.

Sangatlah banyak manfaat yang didapatkan bila Indonesia menerapkan energi terbarukan sebagai pasokan energi. Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan bahwa “Dengan di bangunnya PLTB Ciemas akan menjadi sumber energi terbarukan ramah lingkungan yang dimiliki Jawa Barat.

Sehingga manfaat yang diperoleh adalah memiliki sumber listrik dengan energi bersih, membantu pasokan energi  (Jawa- Bali) dan tidak menimbulkan polusi.”

PLTB Ciemas ini sudah diserahkan ke PT PLN (Persero) sejak bulan Agustus 2019 dan diperbarui di awal 2021 untuk memasok energi listrik ke daerah-daerah. Adanya PLTB Ciemas ini akan lebih banyak membutuhkan pekerja untuk pengoperasian dan pemeliharaan. 


Baca juga:


Dari pemanfaatan pembangunan PLTB, terdapat nilai lebih untuk dijadikan objek wisata sehingga akan menambah lapangan usaha dan tenaga kerja di PLTB Ciemas. PLTB Ciemas ini dekat dengan Puncak Darma yang merupakan kawasan wisata Ciletuh sebagai Geopark Global Unesco. 

Kincir angin yang sangat indah, dapat dijadikan objek wisata dan spot foto bagi pengunjung yang datang. Pemilihan lokasi ini juga melibatkan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Badan Tenaga Nuklir Indonesia (Batan). Dipilihnya lokasi PLTB Ciemas ini karena melihat kualitas angin yang mampu menggerakkan angin pada saat penelitian para ahli.

Pembangunan PLTB Ciemas akan ditargetkan selesai di tahun 2024 dengan 50 turbin berkapasitas 150 Megawatt (MW). Saat ini sudah harus mempersiapkan baik dalam tenaga kerja, lapangan usaha dan destinasi wisata. 

Tidak ada yang tidak mungkin untuk membangun PLTB di Indonesia, melihat negara yang terkenal akan kaya kincir angin yaitu di Belanda dijuluki dengan Negeri Kincir Angin.

Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat ini ikut mendorong percepatan Peraturan Presiden tentang PLTB di Indonesia. Presiden Joko Widodo telah meresmikan PLTB di Sidrap, Sulawesi Selatan yang merupakan PLTB pertama di Indonesia.

Dengan di bangunnya PLTB Ciemas ini dapat menjadi daya tarik untuk mempercepat Indonesia menjadi energi bersih. Dan PLTB Ciemas ini merupakan terbesar di Asia Tenggara maka masyarakat harus bangga dengan potensi alam yang dimiliki Indonesia. 

zonaebt.com

Renewable Content Provider

#zonaebt #sebarterbarukan #PLTB #Jabar #AsiaTenggara

Editor : Bunga Pertiwi

Referensi:

Bandung.bisnis. https://bandung.bisnis.com/read/20210908/550/1439569/jelajah-investasi-pltb-ciemas-sumber-energi-baru-dan-destinasi-wisata 

Repjabar.Republika. https://repjabar.republika.co.id/berita/qz4hkd327/pembangunan-pltb-ciemas-ditargetkan-selesai-2024 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *