Sokongan Dana Powerbrain dari Pendiri Bukalapak

  • Dana segar dari Achmad Zaky Foundation akan digunakan untuk memperluas layanan dan  memperkuat fondasi bisnis di market Indonesia.
  • Demi merealisasikan kedua target tersebut, Powerbrain akan memfokuskan pada penguatan pengembangan teknologi. Serta sumber daya manusia untuk perkuat bisnisnya sebagai pengembang efisiensi energi.
  • Manfaat utama Powerbrain, yakni menurunkan biaya operasional, meningkatkan nilai bangunan, dan meningkatkan kesejahteraan mitra.

Powerbrain Automasi Energy (Powerbrain) yaitu sebuah perusahaan pengembang efisiensi energi pertama di Indonesia yang memanfaatkan smart technology.

Meraih sokongan dana dari Achmad Zaky Foundation, sebuah organisasi non-profit yang didirikan oleh Achmad Zaky, co-founder Bukalapak.

Pendanaan ini akan semakin memperkuat fondasi bisnis dan memperluas pangsa pasar Powerbrain di bidang Smart Energy Management.

Irvan Farasatha selaku Founder dan Chief Executive Officer (CEO) Powerbrain, mengungkapkan dana segar dari Achmad Zaky Foundation akan digunakan untuk memperluas layanan dan  memperkuat fondasi bisnis di market Indonesia.

Baca juga:


Mitsubishi Power Introducing Biomass Co-firing Proposal to Indonesia

Geothermal, Asal Mula dan Pembentukannya


Demi merealisasikan kedua target tersebut, Powerbrain akan memfokuskan pada penguatan pengembangan teknologi. Serta sumber daya manusia untuk perkuat bisnisnya sebagai pengembang efisiensi energi.

“Pendanaan dari Achmad Zaky Foundation juga menandakan bahwa bisnis yang dijalankan Powerbrain memiliki potensi yang besar dan berkelanjutan,” kata Irvan Farasatha saat konferensi pers yang digelar pada Selasa 28 Juni 2022 secara virtual di Jakarta.

Besaran nilai pendanaan dari Achmad Zaky Foundation tidak disebutkan. Namun menurutnya, cukup dalam menggaet target pasar selama dua tahun.

Irvan menjelaskan Powerbrain didirikan pada 2020 lalu, dengan misi dalam menghadirkan layanan efisiensi energi berbasis teknologi yang berdampak positif terhadap kelangsungan bisnis para mitra, masyarakat, dan lingkungan.

“Sekaligus memperkuat Powerbrain dari sisi teknologi maupun sumber daya manusia. Kami akan terus melakukan inovasi terkait solusi akan efisiensi energi agar memberikan dampak yang positif bagi mitra, masyarakat, dan lingkungan,” pungkas Irvan selaku CEO Powerbrain.

Untuk mewujudkan misi tersebut, Powerbrain menghadirkan empat produk unggulan, yakni manajemen energi, energi terbarukan, manajemen aset, dan solusi pengisian kendaraan listrik.

Latar belakang Powerbrain Disokong Dana

Dengan misi dan produk-produk yang dihadirkan, Irvan mengharapkan dana dari Achmad Zaky Foundation dapat mempercepat realisasi Sustainable Energy Transition atau transisi energi yang berkelanjutan.

“Kami percaya, pendanaan dari Achmad Zaky Foundation, termasuk juga dukungan keahlian dan pengalaman Achmad Zaky di industri startup Indonesia akan semakin memperkaya,” lanjutnya.

Powerbrain juga ingin mendukung target Pemerintah Indonesia dalam menurunkan Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060 mendatang, melalui efiensi energi dengan menggunakan teknologi yang dimiliki perusahaan.

Achmad Zaky, Founder Achmad Zaky Foundation, menyampaikan untuk lini bisnis Powerbrain, bergerak pada bidang Smart Energy Management.

Dengan tujuan untuk membantu masyarakat untuk mengelola konsumsi energi, memiliki keselarasan dengan visi dan misi Achmad Zaky Foundation.

Selama ini, Achmad Zaky Foundation fokus terhadap perusahaan startup yang menghadirkan solusi untuk berbagai masalah.

Salah satunya yaitu mengenai pengurangan emisi karbon, dengan melalui pemanfaatan teknologi. Hal ini yang melatarbelakangi Achmad Zaky Foundation melakukan sokongan dana.

“Kami sudah melakukan kajian yang komprehensif terhadap Powerbrain dengan mempertimbangkan kesamaan misi dalam menciptakan dampak sosial yang tinggi,” ujar Achmad Zaky.

Baca juga:



“Investasi Achmad Zaky Foundation kepada Powerbrain guna membantu pendanaan perusahaan startup teknologi yang memiliki value dan potensi untuk terus tumbuh secara berkelanjutan menjadi perusahaan yang kompetitif serta berdampak luas bagi kemajuan Indonesia,” tuturnya.

Lebih jauh lagi, Achmad Zaky juga mengungkapkan tingginya konsumsi energi merupakan kontributor terhadap perubahan iklim, paling dominan yang menyumbang hampir 90 persen dari emisi karbon secara global.

Sustainable Energy Transition menjadi isu prioritas pada Presidensi G20 Indonesia 2022, yang fokus pada smart and clean energy technology.

Teknologi yang dihadirkan Powerbrain dapat menjadi solusi untuk mendukung efisiensi konsumsi energi di Indonesia.

“Pemerintah mendorong implementasi teknologi pintar dan bersih, baik dalam konteks efisiensi energi, pengurangan emisi, maupun pengembangan energi terbarukan. Dengan kesepakatan investasi ini kami berharap dapat mendukung kemajuan bisnis Powerbrain sehingga memberikan dampak yang lebih besar,” kata Achmad Zaky.

Manfaat Powerbrain

Sementara itu Co-Founder dan Chief Marketing Officer Powerbrain, Rilwanu Lukman Amrullah, juga mengatakan untuk para mitra yang menggunakan teknologi dari Powerbrain akan mendapatkan 3 manfaat utama, yakni menurunkan biaya operasional, meningkatkan nilai bangunan, dan meningkatkan kesejahteraan mitra.

“Secara keseluruhan, Powerbrain membuat pemakaian listrik di tempat usaha mitra menjadi lebih efisien, bahkan mampu mengurangi tagihan listrik hingga 20 persen hingga 30 persen,” ujar Rilwanu.

“Pendanaan dari Achmad Zaky Foundation akan menciptakan ruang gerak bagi Powerbrain untuk menghadirkan beragam inovasi sehingga efisiensi konsumsi energi bisa semakin ditingkatkan dan memperkuat finansial para mitra serta menjaga lingkungan yang berkelanjutan,” lanjut Rilwanu selaku CEO dan Founder Powerbrain.

Mitra Powerbrain

Powerbrain menjalankan usaha secara business to business (B2B). Hingga saat ini, Powerbrain telah menjalin kemitraan dengan puluhan perusahaan ternama, yang beberapa diantaranya adalah Pertamina, Mitsubishi Motors, Bukalapak, Shopee, Net, Kimia Farma, DB Schenker, dan Suvarna Jakarta.

“Dengan masuknya pendanaan dari Achmad Zaky Foundation, kami optimistis akan meningkatkan inovasi teknologi kami dalam menghadirkan efisiensi energi yang akan bermanfaat bagi para mitra. Ini akan menjadi daya tarik sektor usaha untuk menggunakan jasa efisiensi energi dari Powerbrain,” ujar Rilwanu.

Referensi:
[1] Pendiri Bukalapak Achmad Zaky Suntik Modal ke Startup Efisiensi Energi Powerbrain
[2] Raih Pendanaan dari Achmad Zaky Foundation, Powerbrain Perkuat Teknologi Efisiensi Energi Untuk Mengurangi Emisi Karbon

Editor : Muhammad Fhandra Hardiyon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *