Terjamin Aman! Peralatan Rumah Saat Gunakan PLTS Atap

PLTS Atap
  • Kelebihan yang didapatkan dalam rumah saat penggunaan energi surya.
  • Penyebab akibat rusaknya panel surya dan peralatan elektronik dalam rumah.
  • Upaya-upaya yang harus dilakukan untuk mencegah kerusakan panel surya.

Penggunaan pembangkit listrik tenaga surya makin diminati dengan adanya keunggulan yang menonjol. Selain ramah lingkungan, PLTS atap juga aman dan dapat menghemat biaya pengeluaran. Dikatakan aman untuk rumah yang memiliki peralatan atau mesin pada saat penggunaan sistem PLTS atap.

Kebanyakan pemilik usaha, sistem tenaga surya untuk menghasilkan energi listrik seharusnya tidak adanya masalah keamanan. Pada dasarnya, pembangkit listrik tenaga surya memiliki keterkaitan dan pelengkap bersama listrik PLN (Perusahaan Listrik Negara).

Baca juga:



Dengan penggunaan energi terbarukan dari segi manapun, salah satunya penggunaan tenaga surya sebagai upaya menuju bumi yang lebih baik. Tujuan adanya Pembangkit Listrk Tenaga Surya atau PLTS untuk energi terbarukan tenaga surya bukan menggantikan listrik PLN. Akan tetapi, guna menghemat keluaran biaya listrik yang memang selalu naik setiap waktunya.

Dengan penggunaan PLTS atap di rumah, dikarenakan sudah adanya kesadaran di dalam diri masyarakat mengenai kebutuhan energi listrik yang setiap waktu dibutuhkan dan digunakan. Akan sadar, atas pentingnya pemanfaatan tenaga yang mana tidak ada habisnya sampai kapanpun, salah satunya tenaga surya.

Terdapat beberapa kelebihan untuk rumah dalam penggunaan tenaga surya. Biasanya, rumah yang dipasang panel surya akan menyimpan tenaga surya yang mana akan ditransformasikan menjadi energi listrik yang dimanfaatkan.

Pertama, adanya pengurangan biaya tagihan listrik, secara perlahan dalam penggunaan solar panel akan membuka peluang untuk mengurangi biaya tagihan listrik. Solar panel dengan menggunakan tenaga matahari yang mana diakses secara gratis.

Kedua, biaya pemeliharaan yang rendah, karena tidak perlu setiap hari keluarkan biaya untuk perawatan sebab mampu awet dengan jangka waktu lebih dari 30 tahun. Perawatannya hanya membersihkan setiap hari agar dapat menyerap energi panas secara maksimal.

Ketiga, terjamin aman dan efektif, panel surya dapat dimanfaatkan untuk memasak, menyalakan lampu, dan lain-lain. Penggunaan tenaga matahari lebih efektif 2 hingga 3 lipat dari listrik pada umumnya. Masih banyak lagi kelebihan yang diambil dalam rumah saat menggunakan tenaga surya.

Walau terjamin aman, terdapat penyebab utama panel surya dan peralatan rumah rusak diantaranya, gelombang listrik yang mana tergantung tegangan dan durasi lonjakan yang mengakibatkan kerusakan pada peralatan elektronik di rumah yang tidak bisa menahan tegangan tinggi.

Korsleting listrik akibat kabel rusak, kesalahan pada tidak diinsulasi, dipasang dengan cara tidak benar, maka dari itu dapat pula mengakibatkan kebakaran. Lalu, akibat sambaran petir karena luasnya permukaan dan lokasi yang terbuka, alhasil adanya sambaran yang dapat merusak panel surya.

Apakah ada upaya agar perangkat rumah aman pada saat penggunaan panel surya? Jawabannya, ada. Pertama, dibutuhkannya Power Conditining yang mana sebagai penyangga antara outlet dan sistem listrik yang digunakan serta memberikan kestabilan dana arus listrik.

Kedua, SPD atau Surge Protection Devices sebagai pelindung peralatan listrik dalam satu jaringan modul surya dari tegangan listrik yang berlebih. Ketiga, fitur keselamatan yang berguna untuk melindungi panel surya agar tidak rusak dan membahayakan orang saat terjadinya sambaran petir, lonjakan arrus listrik, dan lain-lain.

Keempat, harus memutuskan aliran listrik yang mana untuk memastikan bahwa perangkat elektronik dapat dimatikan untuk pemeliharaan dan perbaikan dengan aman. Kelima, dengan upaya Grounding yang mana memberikan jalur atass ketahanan arus rendah terhadap permukaan tanah guna untuk melindungi sistem kelistrikan dari sambaran petir.

Terakhir yaitu meter dan instrumentasi, untuk melacaknya listrik yang dihasilkan dan digunakan dari jaringan, jika menggunakan panel surya dengan sistem on-grid. Dengan upaya-upaya di atas, akan terjaminnya keamanan dalam penggunaan panel surya di rumah dan menjaga peralatan elektronik di rumah.

Referensi:

7 Kelebihan Rumah Tenaga Surya yang Membuatmu Nyaman

Apakah Peralatan/Mesin Aman jika Menggunakan Sistem PLTS Atap? Apa Garansinya?

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.