Dampak dari Sea Level Rise yang Disebabkan oleh Perubahan Iklim

Ilustrasi gambar laut. Sumber: Earth.com
  • Kenaikan air laut akibat perubahan iklim.
  • Suhu panas yang terus meningkat akibat adanya pemanasan global menjadi salah satu faktor terjadi nya kenaikan masa air laut.
  • Dampak yang dirasakan akibat ada nya kenaikan permukaan laut.

Apakah Sobat EBT Heroes pernah mendengar istilah Sea level rise atau biasa juga disebut dengan kenaikan permukaan laut? Fenomena ini adalah salah satu dampak yang terjadi karena adanya pemanasan global, dan juga faktor lain seperti kegiatan manusia yang berlebihan atau pembangunan yang kurang terstruktur.

Dengan adanya fenomena ini juga dapat menimbulkan kerugian dan kekhawatiran bagi masyarakat yang tinggal di daerah pesisir pantai, karena akan menyebabkan kerusakan pada lingkungan sekitar.

Baca juga:



Apa itu Kenaikan Permukaan Laut?

Kenaikan permukaan air laut adalah fenomena alam dimana masa air laut bertambah seiring berjalannya waktu dikarenakan beberapa faktor alam.

Kenaikan permukaan laut ini ditentukan oleh dua faktor yaitu penambahan masa air karena mencairnya lapisan es dan gletser akibat pemanasan global, dan perluasan air laut seiring dengan kenaikan suhu air laut. Hal ini pun dibuktikan dengan adanya pengamatan oleh satelit sejak tahun 1993.

Ilustrasi gambar chart data kenaikan permukaan laut. Sumber: Nasa

Di tahun 2022 permukaan air laut dalam rata-rata global adalah 101,2 milimeter atau sekitar 4 inci dibandingkan dengan permukaan laut di tahun 1993, menjadikan ini kenaikan yang tertinggi dalam catatan sejak tahun 1993.

Lebih dari 70% permukaan laut mengalami kenaikan suhu menjadi lebih panas. Hal ini disebabkan adanya penyerapan energi sebesar 90% dari pemanasan global karena peningkatan penggunaan bahan bakar gas yang berlebihan.

Faktor Apa yang Menyebabkan Kenaikan Permukaan Laut?

Ilustrasi gambar lapisan es yang mencair. Sumber: Techno Okezone

Suhu bumi yang kian hari meningkat karena adanya pemanasan global, penggunaan energi yang berlebihan, polusi udara, dan penggunaan rumah kaca, faktor-faktor ini yang membuat lingkungan bumi semakin tercemar dan rusak. Salah satu contohnya adalah kenaikan permukaan laut ini.

Sudah jelas dan dapat dibuktikan bahwa faktor utama terjadinya fenomena ini adalah adanya perubahan iklim juga pemanasan global. Meluasnya air laut yang bersuhu hangat mengakibatkan mencair lapisan es dan gletser, hal ini membuat volume air yang semakin meningkat. Dan jika kedua faktor tersebut terus meningkat seiring berjalannya waktu akibat pemanasan global, besar kemungkinan naiknya permukaan laut akan langsung terasa oleh kita, terlebih masyarakat yang tinggal di daerah pesisir pantai.

Pengelolaan pesisir yang buruk juga dapat menyebabkan kenaikan permukaan laut, contohnya pembangunan reklamasi tanah basah yang bisa mengurangi fungsi sebagai penyerap air, mengakibatkan air laut bisa dengan mudah mencapai daratan saat pasang laut. Selain itu seiring berjalannya waktu dan manusia yang terus berinovasi untuk membuat kehidupan lebih baik, hal ini bisa berdampak buruk terhadap lingkungan. Seperti contohnya manusia yang mengeksploitasi air tanah secara berlebihan untuk kepentingan sendiri tanpa memikirkan dampak berkepanjangan dari hal tersebut. Terlebih mereka yang langsung mengeksekusi lahan tapi tidak memikirkan cara merawat nya agar tidak berdampak buruk lingkungan.

Baca juga:



Dampak yang ditimbulkan dari Kenaikan Permukaan Laut

Ilustrasi gambar naik nya air laut ke daratan. Sumber: Ourworld

Kenaikan permukaan laut ini berdampak pada kehidupan manusia, yaitu pengurangan lahan yang terkikis akibat pasang air laut. Besar kemungkinan wilayah yang lahan nya berkurang ini bisa saja tenggelam. Dimulai dari sering terjadi banjir besar saat curah hujan yang ekstrim, erosi pantai, dan hilangnya pulau-pulau kecil karena tenggelam oleh air laut.

Berikut dampak yang diakibatkan karena adanya kenaikan permukaan laut,

  1. Menyebabkan air pasang dan banjir di daerah sekitar pesisir pantai yang mengakibatkan rusaknya infrastruktur dan kerugian yang dialami masyarakat sekitar.
  2. Jika kenaikan permukaan air laut ini terjadi secara terus menerus seiring berjalannya waktu, perlahan dan tanpa kita sadari akan menyebabkan naiknya volume air lalu bisa meluap.
  3. Perubahan suhu yang berdampak pada ekosistem dan lingkungan.
  4. Masyarakat yang bergelut di bidang perikanan dan pariwisata juga dapat terkena imbas nya dari kenaikan air laut ini, seperti nelayan yang sulit mencari ikan karena resikonya yang besar jika air laut yang pasang. Dan juga di sektor pariwisata pantai yang dapat membahayakan para pengunjung.  

Sebenarnya sudah banyak bukti nyata dan prediksi para ahli yang menyebutkan daerah-daerah ini bisa saja tenggelam di masa depan seperti Venezia, Miami, dan Jakarta. Untuk mencegah hal ini terjadi pemerintah bisa lebih memperhatikan daerah pesisir pantai untuk memperbaiki infrastrukturnya, membangun pembatas yang kokoh antara air laut dan permukaan. Kita juga sebagai masyarakat bisa membantu dengan cara mengurangi penggunaan rumah kaca, mengurangi penggunaan transportasi agar bahan bakar tidak terbuang secara berlebihan, dan mengurangi kegiatan produksi yang dapat membuat polusi apalagi limbah yang dibuang sembarangan.

#zonaebt #sebartebarukan #ebtheroes

Referensi:

[1]Ocean Warming

[2]Naiknya Permukaan Laut Akibat Pemanasan Global

[3]Perubahan Muka Air Laut dan Penyebabnya dalam Perspektif Geologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 Comment