Makin Tersebar, Sekarang Kapal pun Berbahan Bakar Listrik

Makin Tersebar, Sekarang Kapal pun Berbahan Listrik zonaebt.com
Kapal Listrik. Sumber: rselectricboats.com
  • Perkembangan teknologi kendaraan listrik memungkinnya instalasi motor listrik, salah satu komponen esensial kendaraan listrik, pada kapal listrik.
  • Tidak hanya untuk mengatasi permasalahan lingkungan dan keterbatasan bahan bakar fosil, kapal listrik memiliki segudang manfaat bagi para penggunanya.
  • Terdapat lebih dari 30 model kapal listrik, beberapa di antaranya yaitu Alfastreet 28 Cabin, Arc One, Boesch 750 Portofino Deluxe, dan Candela C-8.

Apakah Sobat EBT Heroes tahu, kalau ada kendaraan listrik yang bisa digunakan di laut? Ya, ternyata dengan meningkatnya perkembangan teknologi kendaraan listrik, beberapa perusahaan pembuat kapal juga menerapkan penggunaan motor listrik pada produk keluarannya. Seperti kendaraan listrik darat, kapal listrik juga tidak menghasilkan emisi sehingga dapat dijadikan solusi dalam menghadapi permasalahan lingkungan dan terbatasnya bahan bakar fosil. 

Berdasarkan Motor Boat & Yachting, ternyata sudah lebih dari 30 model kapal listrik yang dibuat dalam beberapa tahun belakang ini. Jumlah yang tidak sedikit memberikan gambaran bahwa kapal listrik akan terus ada dan terus dikembangkan, lama-lama akan meninggalkan kapal konvensional berbahan bakar fosil sebagai saingannya. Melalui artikel ini, Sobat EBT Heroes akan mengetahui banyak tentang kapal listrik, yuk disimak!

Apa sih Kapal Listrik?

Ilustrasi Kapal Listrik Candela C-8 zonaebt.com
Ilustrasi Kapal Listrik Candela C-8 (Sumber: mby.com)

Sama dengan kendaraan listrik yang ada di darat, kapal listrik ini adalah kapal yang digerakkan oleh listrik. Untuk menggerakkan kapal listrik terdapat motor listrik, atau mesin yang dapat mengubah energi listrik menjadi energi mekanik, dengan sumber listriknya bisa berasal dari panel surya, generator, dan kabel tersambung, atau disimpan pada baterai. 

Sejauh ini, jenis kapal listrik telah beragam, mulai dari rigid inflatable boat (RIB), tender, perahu ponton, perahu nelayan lokal, kapal pesiar, hingga kapal komersial seperti feri dan kapal selam. Semakin besar jenis kapal dan semakin jauh jarak tempuhnya, kapal listrik akan membutuhkan tenaga listrik yang lebih besar pula.

Oleh karena itu, kapal listrik yang kecil seperti RIB dan tender lebih banyak dijual di pasaran karena lebih praktis dalam segi pengisian daya dan jangkauan jarak yang umumnya lebih singkat. 

Baca Juga



Apa saja Komponen Kapal Listrik?

Ilustrasi Unit Penggerak Kapal Listrik Electric Pulse 63 RIB zonaebt.com
Ilustrasi Unit Penggerak Kapal Listrik Electric Pulse 63 RIB (Sumber: rselectricboats.com)
  1. Charger

Charger atau pengisi daya digunakan untuk mengisi ulang energi listrik pada baterai kapal listrik. Pengisian dayanya sendiri dapat diperoleh dari beberapa sumber seperti matahari dan listrik. 

  1. Baterai

Baterai digunakan untuk menyimpan energi listrik di dalam kapal. Tidak berbeda jauh dengan kendaraan listrik lainnya, baterai kendaraan listrik diproduksi dengan lithium-ion atau nikel. Ukuran baterainya dapat menentukan jangkauan dan kecepatan kapal listrik, tetapi juga dipengaruhi oleh faktor keadaan laut, arus, dan arah angin.

  1. Charge controller

Pengontrol daya digunakan untuk mengatur ampli dan voltase selama pengisian listrik ke baterai sesuai dengan spesifikasi baterai.

  1. Motor controller

Pengontrol motor digunakan untuk dapat mengkoordinasikan kecepatan, torsi, dan arah motor listrik. Pengontrol ini harus efisien dan dapat menahan arus, sehingga tidak membuang-buang energi listrik.

  1. Motor listrik

Motor listrik dibutuhkan untuk dapat mengubah energi listrik menjadi energi mekanik untuk menggerakkan unit penggerak. Pada kapal listrik terdapat dua jenis motor listrik, yaitu outboard, di mana mesinnya berada di luar lambung kapal; dan inboard, dengan mesinnya di dalam lambung kapal. 

  1. Unit penggerak

Unit penggerak dibutuhkan untuk menggerakkan kapal melewati air dengan menggunakan tenaga yang disalurkan dari motor listrik.

Baca Juga



Apa saja Kelebihan Kapal Listrik?

Ilustrasi Kapal Listrik Electric Pulse 63 RIB zonaebt.com
Ilustrasi Kapal Listrik Electric Pulse 63 RIB (Sumber: rselectricboats.com)
  • Rendah Emisi Bahan Bakar 

Dengan dibutuhkannya energi atau tenaga yang besar untuk menggerakkan kapal pada air, kapal konvensional biasanya akan melepaskan berbagai zat berbahaya, seperti karbon monoksida, hidrokarbon, polusi partikulat, dan nitrogen oksida pada udara dan berdampak pada lingkungan. Kapal listrik yang tidak menggunakan bahan bakar akan berarti rendah emisi (bahkan 0). Hal ini merupakan kelebihan yang paling utama dari kapal listrik.

  • Tidak ada Polusi Air

Polusi air banyak dihasilkan dari pengisian bahan bakar, kebocoran minyak, juga emisi mesin. Jika hal tersebut terjadi, ekosistem laut dapat tercemar, sehingga dapat mendampak kehidupan ikan-ikan, juga secara tidak langsung burung dan manusia. Kapal listrik yang tidak menggunakan bahan bakar dapat mengurangi kejadian kontaminasi ini. 

  • Energi Hijau

Kapal listrik dapat dialirkan listrik dari energi baru terbarukan, sehingga menjadikan energi yang digunakannya hijau atau bersih dan ramah lingkungan.

Contohnya jika dibandingkan litium (salah satu sumber energi kapal listrik) yang diambil dari tempat-tempat yang biasanya terisolasi dengan bahan bakar fosil (salah satu sumber energi kendaraan konvensional) yang harus diambil dari dalam bumi dan biasanya mengganggu habitat dengan keanekaragaman hayati, juga harus diangkut dalam jarak jauh dan diproses dengan penggunaan energi yang tinggi, tentunya litium lah yang terdengar lebih ramah lingkungan.

  • Tidak Menimbulkan Polusi Suara pada Air

Kapal listrik memiliki komponen yang lebih sedikit dan mesin yang lebih senyap daripada kapal konvensional, sehingga polusi suara pada air atau ekosistem laut akan lebih kecil. 

  • Akselerasi yang Lebih Cepat dan Tenaga yang Instan

Dengan semakin meningkatnya perkembangan teknologi pembuatan kapal dan pemodelan hidrodinamik, banyak kapal listrik yang sudah memiliki akselerasi yang cepat dan tenaga yang instan, serta sedikitnya hambatan yang terjadi dan energi yang terbuang. 

  • Menghemat Pembiayaan Energi dan Perawatan

Meskipun harga kapal listrik masih terbilang mahal, tetapi karena tidak menggunakan bahan bakar akan menghemat pembiayaan energi di kedepannya. Kapal listrik yang juga memiliki komponen listrik yang sedikit dapat mengurangi biaya perawatan tiap komponennya.

Beberapa Merek Kapal Listrik 

  • Alfastreet 28 Cabin

Merupakan kapal pesiar dengan perpindahan kecepatan rendah dengan motor listrik kembar 10 kW dan baterai kembar 25 kWh dengan jangkauan 50 nm dan kecepatan tertinggi 7,5 knot. Alfastreet 28 Cabin ini dibanderol dengan harga sekitar £150,000 atau sekitar Rp2,8M

  • ARC One

Merupakan kapal ski dengan torsi instan dengan motor listrik 350 kW dan baterai 200 kWh dengan jangkauan 160 nm untuk kecepatan tertinggi 35 knot. ARC One ini dibanderol dengan harga $300,000 atau sekitar Rp4,6M.

  • Boesch 750 Portofino Deluxe

Merupakan sportsboats yang dapat digunakan di danau dan laut dengan motor listrik kembar 50 kW dan baterai kembar 35.6 kWh dengan jangkauan 14 nm dan kecepatan tertinggi 21 knot. Kapal listrik ini dibanderol dengan harga €336,000 atau sekitar Rp5,5M.

  • Candela C-8

Merupakan kapal listrik yang modern dengan teknologi yang tinggi dan memiliki motor 45-55 kW serta baterai 44-69 kWh dan jangkauan 51nm dan kecepatan tertinggi 24 knot. Candela C-8 dibanderol dengan harga €290,000 atau sekitar Rp4,7M. 

Wah kayaknya menarik ya, kalau Indonesia sebagai negara maritim bisa menggunakan kapal listrik ini untuk kebutuhan sehari-hari, yuk makin tahu Indonesia pada sistem kapalnya! Gimana, Sobat EBT Heroes, kalian tertarik untuk membeli atau menumpanginya, enggak? 

#zonaebt #sebarterbarukan #ebtheroes.

Editor: Nur Wasilatus Sholeha

Referensi :

[1] Electric boats: A-Z of the 37 best all-electric models

[2] Electric boat or combustion outboard motor- which to choose? 

[3] Why Electric Boats are Good for the Environment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

43 Comment