2022 Krusial Bagi Pengembangan Kendaraan Listrik

  • Penjualan mobil listrik kian marak dengan meningkatnya isu krisis iklim
  • Penjualan kendaraan listrik berbasis baterai di dunia meningkat 2,5% dibandingkan tahun 2019 dan diprediksi akan terus mendisrupsi pasar otomotif
  • Meskipun begitu, masih terdapat tantangan berupa infrastruktur yang mungkin akan menghambat pengembangan kendaraan listrik berbasis baterai.

Penjualan mobil yang hanya ditenagai oleh baterai melonjak di Amerika Serikat, Eropa, dan China tahun lalu, sementara penjualan untuk kompetitornya, yaitu kendaraan berbahan bakar fosil, mengalami stagnansi. Permintaan mobil listrik begitu kuat sehingga produsen mengharuskan pembeli untuk menginden unit keendaraan beberapa bulan sebelumnya. Dan beberapa model secara efektif terjual habis untuk dua tahun ke depan.

Mobil bertenaga baterai mengalami momen terobosan dan akan menjadi mainstream tahun ini ketika pembuat mobil mulai menjual versi listrik dari salah satu jenis kendaraan favorit khalayak Amerika, yaitu truk pickup. Hadirnya kendaraan listrik merupakan pergolakan terbesar dalam industri otomotif sejak Henry Ford memperkenalkan Model T pada tahun 1908, selain itu dengan masifnya perkembangan kendaraan listrik di Dunia dapat berkonsekuensi yang luas bagi pekerja pabrik, bisnis, dan lingkungan. Emisi knalpot adalah salah satu kontributor terbesar terhadap perubahan iklim.

Sementara kendaraan listrik masih merupakan bagian kecil dari pasar – hampir 9 persen dari mobil baru yang dijual tahun lalu di seluruh dunia adalah mobil listrik, naik dari 2,5 persen pada 2019, menurut International Energy Agency (IEA) – pertumbuhan pesat kendaraan listrik, akan menjadikan 2022 sebagai tahun ketika lineup kendaraan listrik berbasis bateraimenjadi tak terbendung, menghapus keraguan bahwa mesin pembakaran internal sedang meluncur menuju keusangan.

Baca Juga



Menjamurnya mobil listrik akan meningkatkan kualitas udara dan membantu memperlambat pemanasan global. Udara di California Selatan sudah sedikit lebih bersih berkat popularitas kendaraan listrik di sana. Dan ledakan itu adalah kabar baik yang langka bagi Presiden Biden, yang telah berjuang untuk memajukan agenda iklimnya di Kongres.

Industri otomotif berada di jalur untuk menginvestasikan setengah triliun dolar dalam lima tahun ke depan untuk melakukan transisi ke kendaraan listrik, Wedbush Securities, sebuah perusahaan investasi, memperkirakan. Uang itu akan digunakan untuk memperbaiki dan membangun pabrik, melatih pekerja, menulis perangkat lunak, meningkatkan dealer, dan banyak lagi. Perusahaan merencanakan lebih dari selusin pabrik mobil listrik dan baterai baru hanya di Amerika Serikat.

“Ini adalah salah satu transformasi industri terbesar yang mungkin terjadi dalam sejarah kapitalisme,” kata Scott Keogh, kepala eksekutif Volkswagen Group of America, dalam sebuah wawancara. “Investasinya sangat besar, dan misinya sangat besar.”

Gambar 1 Scott Keogh Kepala Eksekutif VW Group America

Tapi tidak semua orang akan mendapatkan keuntungan melalui membludaknya penggunaan kendaraan listrik. Pembuat knalpot, sistem injeksi bahan bakar, dan suku cadang lainnya bisa gulung tikar, membuat banyak pekerja menganggur. Hampir tiga juta orang Amerika membuat, menjual dan memperbaiki mobil dan suku cadang mobil, dan pakar industri mengatakan memproduksi mobil listrik akan membutuhkan lebih sedikit pekerja karena mobil memiliki komponen yang lebih sedikit.

Seiring waktu, bahan baterai seperti lithium, nikel, dan kobalt bisa menjadi lebih dicari daripada minyak. Harga bahan-bahan ini sudah meroket, yang dapat membatasi penjualan dalam jangka pendek dengan menaikkan biaya mobil listrik.

Baca Juga :



Transisi juga dapat dibatasi oleh kurangnya tempat untuk mengisi daya mobil listrik, yang membuat kendaraan tersebut kurang menarik bagi orang-orang yang berkendara jarak jauh atau penghuni apartemen yang tidak dapat mengisi daya di rumah. Ada kurang dari 50.000 stasiun pengisian umum di Amerika Serikat. RUU infrastruktur yang disahkan Kongres pada November mencakup $7,5 miliar untuk 500.000 pengisi daya baru, meskipun para ahli mengatakan jumlah itu terlalu kecil.

Dan perlu waktu untuk melihat manfaat iklim dari mobil listrik: Mengganti 250 juta mobil berbahan bakar fosil dan truk ringan yang ada bisa memakan waktu puluhan tahun kecuali pemerintah memberikan insentif yang lebih besar kepada pembeli mobil. Membersihkan truk-truk besar, salah satu sumber emisi gas rumah kaca terbesar, bisa lebih sulit lagi.

Namun, ledakan mobil listrik sudah membentuk kembali industri otomotif.

Penerima manfaat terbesar — ​​dan ancaman terbesar bagi tatanan yang sudah mapan — adalah Tesla. Dipimpin oleh Elon Musk, perusahaan mengirimkan hampir satu juta mobil pada tahun 2021, meningkat 90 persen dari tahun 2020.

Tesla masih kecil dibandingkan dengan raksasa mobil, tetapi memimpin segmen dengan pertumbuhan tercepat. Wall Street menilai perusahaan itu memiliki valuasi sekitar $ 1 triliun, lebih dari 10 kali lipat dari General Motors. Itu berarti Tesla, yang sedang membangun pabrik di Texas dan Jerman, dapat dengan mudah berkembang.

“Pada tingkat pertumbuhannya sekarang, itu akan lebih besar dari G.M. dalam lima tahun,” kata John Casesa, mantan eksekutif Ford yang sekarang menjadi direktur pelaksana senior di Guggenheim Securities, di forum Federal Reserve Bank of Chicago pada Januari.

Sebagian besar analis memperkirakan bahwa kendaraan listrik tidak akan lepas landas sampai mereka menjadi semurah untuk dibeli seperti model bensin – tonggak sejarah yang masih beberapa tahun lagi untuk mobil dengan harga sedang yang mampu dibeli oleh kebanyakan orang.

Tetapi karena dampak bencana perubahan iklim lebih nyata, dan tersiar kabar bahwa mobil listrik mudah dirawat, murah untuk diisi bahan bakar, dan menyenangkan untuk dikendarai, pembeli kaya semakin menggunakan listrik.

Refrensi :

[1] Why Could This be A Critical Year for Electric Vehicle

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

70 Comment