FAKTA YANG ANDA BELUM TAHU , WSBK MANDALIKA 2021 MEMAKAI ENERGI BARU TERBARUKAN!

FAKTA YANG ANDA BELUM TAHU , WSBK MANDALIKA 2021 MEMAKAI ENERGI BARU TERBARUKAN!

Belakangan ini publik Indonesia sedang ramai membahas berita WSBK Mandalika 2021 yang digelar di pulau Lombok. 

Ajang balapan kelas dunia ini diselenggarakan pada tanggal 19-21 November lalu. Bertempat di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Nusa Tenggara Barat (NTB). Untuk kali pertama, Indonesia mengukir sejarah menjadi saksi perebutan gelar juara dunia antara Toprak Razgatlioglu dan Jonathan Rea. 

Pada akhirnya seperti kita ketahui, Toprak dari Tim Pata Yamaha merupakan sang juara.

Baca juga:

Dibalik semua gegap gempita perhelatan akbar WSBK Mandalika 2021, terdapat beberapa fakta yang tidak kita ketahui. Berikut beberapa diantaranya: 

  1. Selama berlangsungnya perhelatan akbar WSBK Mandalika 2021, PLN selaku perusahaan penyedia kelistrikan di Indonesia memasok listrik dengan daya tersambung 5,19 MVA ke kawasan tersebut. 

Bukan sembarang listrik seperti biasanya, untuk kali ini PLN memberikan energi listrik yang bersumber dari tenaga surya. Sumber pembangkit ini datang dari PKTS Sengkol yang terletak di Lombok Tengah. Jika dilihat dari peta yang tersedia, jaraknya kurang lebih sejauh 15 km dari Pertamina Mandalika International Street Circuit. 

Dilansir dari suara.com, Tenaga Ahli KSP Ferdy Alfarizka Putra “Dalam verifikasi lapangan di Lombok Tengah kami ingin memastikan bahwa sudah menggunakan energi terbarukan. Ini sesuai dengan komitmen pemerintah dalam menanggulangi dampak perubahan  iklim. Kami menemukan hal itu sudah dilakukan. Salah satunya dari PLTS Sengkol dimana dapat mencapai 5,4 MW listrik yang masuk ke grid dan memasok ke KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Mandalika melalui GI Sengkol dan GI Kuta” ujarnya.

Di jaringan kelistrikan pulau Lombok menurut data yang tersedia terdapat 39,6 MW pembangkit Energi Baru Terbarukan. Tentu yang menjadi perhatian yaitu PLTS Sengkol karena berada di antara Bandara Internasional Lombok dan KEK Mandalika. Sungguh energi surya di lombok telah menyuguhkan energi listrik bersih ke dunia. 

Baca juga:

  1. Merujuk dari laporan Status Energi Bersih Indonesia oleh Institute for Essential Services Reform (IESR) pada Maret 2019, NTB memiliki potensi EBT mencapai 21.991 MW. Besarnya potensi energi surya yang dimiliki oleh NTB disebabkan intensitas radiasi cahaya dan durasi yang cenderung lebih baik dibandingkan daerah lain yang ada di Indonesia.
  1. Tingginya potensi energi surya yang dimiliki salah satu pulau di NTB itu Lombok. Menjadi landasan PLN untuk membangun 4 PLTS dengan total kapasitas listrik mencapai 22 MW. 

Sebagai sebuah daerah dengan penduduk yang terus bertumbuh, pulau Lombok akan terus ke arah yang maju. 

#zonaebt #sebarterbarukan #mandalika #panelsurya 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 Comment