3 Universitas dengan Program Studi EBT Terbaik di Indonesia

Source: unsplash.com
  • Serba-serbi jurusan energi baru terbarukan.
  • Rekomendasi Universitas terbaik yang memiliki jurusan energi baru terbarukan di Indonesia.
  • Urgensi jurusan energi baru terbarukan yang terdapat di Indonesia.

Meningkatnya penggunaan energi setiap tahunnya tanpa diimbangi penggunaan energi alternatif yang ramah lingkungan menyebabkan kerusakan lingkungan, sehingga diperlukan adanya langkah pengenalan dan pembelajaran energi baru terbarukan untuk meningkatkan penggunaannya. Langkah yang ditempuh oleh Pemerintah dalam mengatasi permasalahan tersebut, dengan cara menciptakan universitas yang didalamnya memiliki program studi energi baru terbarukan untuk generasi milenial.

Serba-serbi Jurusan Energi Baru Terbarukan

Jurusan energi dikenal sebagai jurusan yang mempelajari terkait sumber daya alam dapat diperbarui, dimana contoh sumber energi baru terbarukan diantaranya adalah air; matahari; angin. Mengetahui hal tersebut, mendorong Kemendikbudristek untuk melakukan penandatanganan naskah pengaturan pelaksanaan program Renewable Energy Skills Development (RESD), yang dilaksanakan oleh The Swiss State Secretariat for Economic Affairs (SECO) melalui GFA Consulting Group dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Source: unsplash.com

Disamping itu, adanya penandatanganan naskah yang dilakukan oleh Kemendikbudristek menghasilkan kerjasama antara pendidikan tinggi vokasi baik dengan perguruan tinggi, industri, kementerian atau lembaga nonkementerian, sehingga Kemendikbudristek mengharapkan generasi milenial mampu menciptakan berbagai inovasi terhadap kebutuhan energi di masa mendatang. Tidak dipungkiri, kerjasama tersebut berdampak pada memberikan ruang generasi milenial untuk lebih besar dalam berkarya, berinovasi, memiliki daya saing tinggi, dan mendukung kekuatan ekonomi nasional.

Penandatangan naskah tersebut, cenderung mengacu pada kebijakan pemerintah yang sampai saat ini fokus pada pembangunan berkelanjutan, seperti pembangunan dalam bidang lingkungan hidup (Green Economy), dan pembangunan pada pengembangan sumber daya laut (Blue Economy). Pembangunan tersebut, didukung oleh pemerintah, apabila pertumbuhan invonasi pada energi terbarukan dengan menggunakan skema kerja sama di dalam negeri. Maka dari itu, pemerintah membuka program studi energi baru terbarukan, seperti teknik bioenergi dan kemurgi, konversi energi, rekayasa pembangkit energi, ketahanan energi, dan sistem pembangkit energi.

Baca juga



Selain itu, Kemendikbudristek berharap bahwa dengan berkolaborasi Kementerian ESDM dapat memperkuat peran perguruan tinggi sebagai mitra pendidikan dan penelitian di bidang energi. Di samping itu, Kemendikbud juga mendorong yang telah lulus menempuh pendidikan, guna mendapatkan kerja di bidang PLTS, pembangkit listrik hybrid surya diesel, dan PLTA. Hal tersebut berdampak pada perombakan pembelajaran energi terbarukan juga.

Salah satunya dapat dilihat dari bagaimana Pemerintah menggunakan basis projek (project-based learning) yang harus dimiliki pada jenjang diploma empat di program energi terbarukan, sehingga pilihan menggunakan basis tersebut dianggap tepat oleh Pemerintah dalam menciptakan talenta terbaik yang mampu bekerja, berwirausaha, serta menciptakan kreativitas dan inovasi. Selain itu, hasil dari lulusan sarjana di program energi terbarukan adalah memiliki jiwa leadership dan memiliki softskill yang tinggi.

Rekomendasi Universitas yang Memiliki Jurusan Energi Baru Terbarukan di Indonesia

Source: unsplash.com

Mengetahui sekilas info terkait dasar pembentukan atau dasar terciptanya program studi energi terbarukan yang direalisasikan oleh Pemerintah akhir-akhir ini, sehingga banyak kampus yang memilih untuk mempunyai jurusan tersebut. Banyaknya kampus tersebut diantaranya adalah

a) Politeknik Negeri Jember.

Politeknik Negeri Jember berada di daerah Jember, Jawa Timur, Indonesia, yang dimana Universitas ini banyak menawarkan pendidikan vokasional dan mengarah pada kegiatan belajar mengajar dalam membentuk atau POLIJE adalah Perguruan Tinggi Negeri, terletak di Jember, Jawa Timur, Indonesia. Lembaga perguruan tinggi tersebut menawarkan pendidikan vokasional, mengarah pada kegiatan belajar mengajar untuk membentuk keahlian, keterampilan, standar kompetensi khusus berdasarkan kebutuhan pasar kerja, dan memiliki kemandirian berkarya dan berwirausaha sesuai pada ilmu yang diperoleh.

Pada kampus Politeknik Negeri Jember, cenderung menggunakan bahan bakar bakar biofuel, energi biomasa dan biogas, energi proses, energi mikrohidro, energi listrik,energi angin, energi surya, pengembangan dan rekayasa energi baru guna merealisasikan terwujudnya jurusan teknik energi terbarukan di Indonesia. Di samping itu, mahasiswa yang ingin mengeyam pendidikan pada jurusan energi baru terbarukan, diharapkan memiliki kemampuan dalam mata pelajaran Matematika yang memadai.

Selain mempunyai kemampuan pada mata pelajaran Matematika, mahasiswa diharapkan mampu mengikuti perkuliahan di kelas, di lapangan, dan di laboratorium sampai semester 7, termasuk mengerjakan skripsi, sehingga pada semester 8, mahasiswa diharapkan mengikuti program magang pada berbagai perusahaan. Tujuannya untuk mahasiswa menguasai keterampilan teknis dan manajerial ketika mengelola energi terbarukan, termasuk perencanaan produksi energi terbarukan, proses produksi dan pemanfaatan, sampai pengembangan dan rekayasa.

Baca Juga



b) Universitas Prasetya Mulya.

Pada Universitas Prasetya Mulya, cenderung menjawab permasalahan global dengan menggunakan kurikulum komprehensif. Disini mahasiswa dapat belajar tentang simulasi; eksperimen; dan prototyping teknik energi yang didasarkan pada komputer. Mahasiswa belajar manajemen sumber daya pengolahan bahan baku, efisiensi energi, pembangkit listrik, dan konservasi. Selama perkuliahan, mahasiswa diwajibkan untuk terlibat pada proyek eksperimental pada skala percontohan sampai skala industri juga dilengkapi kewirausahaan teknik dengan kursus manajemen energi maupun uji coba.

Selain itu,program teknik energi terbarukan di kampus ini mengarah pada prioritas keteknikan dan dikombinasi dengan pengetahuan di bidang bisnis dan sains. Kurikulum di jurusan ini menawarkan empat komponen utama, diantaranya adalah dasar-dasar ilmu enjinering, muatan khusus tentang kompetensi ilmu Teknik energi terbarukan, serta muatan ilmu yang berhubungan dengan kewirausahaan serta muatan pengembangan soft skill atau pribadi.

c) Institut Teknologi PLN.

Institut Teknologi PLN dikenal sebagai universitas binaan Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan PLN. Kampus yang terletak di Jakarta Barat, dan berorientasi pada energi baru terbarukan dengan standar Internasional. Tak heran, pada 2021 kemarin Institut Teknologi PLN dinobatkan sebagai salah satu kampus swasta terbaik, dengan nominasi The Impact Ranking 2021. Penghargaan ini diberikan atas dasar pencapaian kampus ini dalam mendukung Sustainable Development Goals (SDGS). 

Program studi energi baru terbarukan pada Institut Teknologi PLN, termasuk ke dalam program studi teknik sistem energi. Fakta menariknya terlihat dari jumlah pekerjaan dalam bidang Energi Baru Terbarukan (EBT) di seluruh dunia meningkat pada tahun 2020, akan tetapi saat pandemi COVID-19 mengalami penurunan ekonomi. Tidak dipungkiri, industri di Indonesia tumbuh secara bertahap daripada bahan bakar fosil.

Dengan begitu, laporan tahunan tentang pekerjaan energi bersih, Badan Energi Terbarukan Internasional atau International Renewable Energy Agency (IRENA) dan Organisasi Buruh Internasional atau International Labour Organization (ILO) mengatakan ada 12 juta pekerjaan dibidang EBT dan rantai pasokannya tahun lalu, sepertiga di antaranya di tenaga surya. Itu naik dari 11,5 juta pekerjaan dari tahun 2019.

Jurusan Teknik Sistem Energi Institut Teknologi PLN, seringkali mempelajari berbagai jenis mata kuliah seperti perencanaan energi; konservasi dan efisiensi energi; regulasi dan pasar energi; energi fosil; energi nuklir; energi biomassa; energi terbarukan; dan audit energi. Selain itu, di Institut Teknologi PLN mahasiswa akan diajari oleh Dosen Praktisi dan Tenaga Ahli yang akan menyokong mahasiswa untuk menjadi seseorang yang expert di bidang Renewable Energy dan pengelolaannya yang professional dan terampil, serta disiapkan untuk dapat langsung terjun ke dunia pekerjaan.

Urgensi Jurusan Energi Baru Terbarukan yang Terdapat di Indonesia.

Menurut Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, urgensi dari adanya program yang telah direalisasikan oleh pihak pemerintah, diantaranya adalah potensi keragaman energi baru terbarukan (EBT) bisa menjadi sumber energi masa depan di Indonesia. Pengembangan EBT ini semestinya juga sejalan dengan kemajuan pendidikan sehingga mampu memberikan kesejahteraan masyarakat; membantu memperkenalkan energi bersih baik secara praktis maupun teoritis serta menyiapkan sumber daya manusia yang mumpuni; pembangunan pendidikan yang berkualitas akan mampu menjawab berbagai permasalahan, tak terkecuali sektor energi; mendorong terciptanya industrialisasi.

#zonaebt #energiterbarukan #sobaheroes

Editor: Himatul Azqiya

Referensi:

Daftar Universitas Terbaik Jurusan Teknik Energi Terbarukan di Indonesia

Sekeren ini Jurusan Teknik Sistem Energi

Kemendikbudristek Gandeng Kementerian ESDM dan Perusahaan Swasta dalam Inovasi Energi Terbarukan

Dirjen EBTKE Tekankan Urgensi Pendidikan EBT Sejak Dini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 Comment

  1. Hey there! Do you use Twitter? I’d like to follow you if that would be okay.
    I’m absolutely enjoying your blog and look forward to new
    posts.