Seringkali Dengar Emisi Karbon? Yuk Kenali Lebih Lanjut!

Ilustrasi emisi karbon. Sumber: Unsplash.com
  • Emisi karbon merupakan proses terjadinya pelepasan gas yang berasal dari pembakaran suatu senyawa yang mengandung karbon ke lapisan atmosfer.
  • Emisi karbon memberikan dampak negatif terhadap lingkungan, kesehatan, dan ekonomi.
  • Mitigasi emisi karbon harus dilakukan sedini mungkin karena kesehatan bumi kian menurun.

Besarnya emisi karbon menyebabkan bumi semakin tercemar dan suhu semakin meningkat, sehingga perlu mitigasi emisi karbon sebagai upaya perbaikan sekaligus mempertahankan kualitas lingkungan global. Yuk, simak lebih lanjut terkait emisi karbon!

Emisi Karbon

Halo, sobat EBT! Tahukah kamu bahwa emisi karbon atau carbon emissions adalah proses pelepasan senyawa yang mengandung karbon menuju atmosfer yang disebabkan oleh aktivitas manusia maupun secara alami. Beberapa aktivitas manusia yang menyebabkan peningkatan emisi karbon contohnya penggunaan kendaraan bermotor, konsumsi listrik secara berlebihan, deforestasi, dan aktivitas industri manufaktur termasuk produksi makanan olahan. Emisi karbon merupakan proses pembakaran senyawa yang memiliki kandungan karbon, misalnya CO2 (karbon dioksida), kayu, hingga bahan bakar hidrokarbon seperti LPG. Senyawa karbon dapat memerangkap panas di atmosfer, sehingga ketika terjadi proses pelepasan akan mengakibatkan pemanasan global.

Menurut laporan tim ilmuwan Global Carbon Project, Indonesia berada pada peringkat kedua tertinggi setelah Brasil sebagai negara penghasil emisi karbon terbanyak di dunia. Peningkatan emisi karbon tersebut disebabkan paling banyak oleh adanya perubahan atau alih fungsi lahan. Pada tahun 2013-2022, Indonesia berkontribusi sebesar 19,9% dari keseluruhan total karbon yang dihasilkan oleh dunia, yaitu sebesar 4,67 miliar ton CO2 per tahun. Tidak hanya itu, emisi karbon juga banyak disebabkan oleh adanya deforestasi yang tinggi dan maraknya penggunaan energi fosil seperti batu bara (Databoks, 2023).

Baca juga



Dampak Emisi Karbon

Ilustrasi dampak emisi karbon. Sumber: Freepik.com

Peningkatan emisi karbon menyebabkan terjadinya pemanasan global yang berdampak pada perubahan iklim sehingga terjadi kerugian hampir di setiap sektor kehidupan, misalnya lingkungan, ekonomi, dan kesehatan.

Dampak Terhadap Lingkungan

Emisi karbon menyebabkan peningkatan suhu bumi per tahun sehingga terjadi cuaca ekstrem yang mengakibatkan timbulnya berbagai bencana seperti badai, banjir, hingga kekeringan akibat kebakaran hutan. Emisi karbon juga berdampak pada mencairnya es di kutub sehingga terjadi peningkatan permukaan laut yang berpengaruh terhadap ekosistem pesisir.

Dampak Terhadap Kesehatan

Emisi karbon menyebabkan munculnya berbagai penyakit akibat bakteri, virus, maupun parasit. Selain itu, emisi karbon juga menyebabkan cuaca panas ekstrem sehingga timbulnya risiko dehidrasi dan kualitas udara yang semakin memburuk juga akan mempengaruhi sistem pernapasan manusia.

Dampak Terhadap Ekonomi

Berbagai kegiatan dalam sektor ekonomi seperti pertanian, kehutanan, pariwisata, dan aktivitas manusia lainnya sangat tergantung pada kondisi atau pola cuaca yang berubah-ubah. Cuaca ekstrem akibat pemanasan global akan memicu banyak bencana yang secara tidak langsung memberikan dampak negatif yang merugikan pada sektor ini.

Baca juga



Upaya Mengurangi Emisi Karbon

Ilustrasi strategi mengurangi emisi karbon. Sumber: Freepik.com

Langkah kecil setiap individu mampu memberikan pengaruh besar dalam mengurangi jejak karbon. Tindakan sederhana sebagai upaya mitigasi karbon yang dilakukan secara bersama-sama akan memperbaiki kondisi bumi yang kian menurun. Selain itu, upaya mitigasi karbon juga dapat menghemat waktu dan biaya, mengurangi polusi, dan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

  1. Mengurangi penggunaan plastik yang dapat menyebabkan polusi. Plastik terbuat dari bahan etilena dan propilena yang berasal dari bahan bakar fosil. Selain itu, daur ulang plastik menghasilkan emisi karbon yang cukup tinggi karena juga memerlukan energi yang besar. Alangkah lebih baik menggunakan wadah seperti tumblr yang dapat digunakan secara berulang sehingga menghemat uang sekaligus mempertahankan kebersihan lingkungan.
  2. Beralih jalan kaki atau bersepeda. Hal ini bermanfaat bagi lingkungan karena mengurangi emisi karbon sekaligus sebagai olahraga sederhana yang mudah dilakukan untuk meningkatkan ketahanan tubuh dan melatih pernapasan sehingga bermanfaat bagi kesehatan.
  3. Hemat listrik dengan cara mematikan lampu dan mencabut perangkat ketika tidak digunakan. Kebanyakan listrik berasal dari uap hasil pembakaran batu bara yang menyebabkan limbah emisi karbon dioksida. Hemat listrik sama halnya dengan hemat energi yang tidak ramah lingkungan sehingga menekan peningkatan emisi karbon.
  4. Transformasi sistem pangan yaitu lebih banyak mengkonsumsi makanan yang ditanam dan mengurangi konsumsi daging. Adanya lahan pertanian yang digunakan untuk peternakan hewan akan mengurangi jumlah hutan, sehingga keberadaan tanaman atau pohon yang mampu menyerap karbon juga berkurang. Oleh sebab itu, konsumsi makanan nabati sebagai sumber protein juga bentuk dari mitigasi emisi karbon.
  5. Daur ulang barang bekas menjadi barang pakai kembali yang bermanfaat. Pemanfaatan barang bekas akan mengurangi produksi bahan baru, mengurangi jumlah sampah, dan menekan risiko bahan kimia beracun yang berbahaya bagi lingkungan sekaligus mengurangi emisi yang terkait. 
  6. Gunakan transportasi umum yang ramah lingkungan seperti bus, atau kereta api dan dan kurangi penggunaan kendaraan pribadi. Penggunaan transportasi umum dapat mengurangi kemacetan, sehingga tidak perlu dilakukan pelebaran jalan yang kadangkala mengorbankan trotoar. Transportasi umum adalah solusi ketika ingin melakukan mobilitas agar meminimalisir emisi karbon.

#ZonaEBT #SebarTerbarukan #EBTHeroes

Editor: Nurika Rizka Salsabila

Referensi:

[1] Indonesia Penghasil Emisi Karbon Terbesar Kedua Dunia dari Sektor Alih Fungsi Lahan

[2] Emisi Karbon: Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasinya

[3] Emisi Karbon: Penyebab, Dampak dan Cara Mengurangi

[4] Top 10 Ways to Reduce Your Carbon Footprint and Save Money

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 Comment

  1. Attractive component of content. I just stumbled upon your weblog and in accession capital to say that I acquire
    in fact loved account your weblog posts. Anyway I will be subscribing to your augment and even I success you get entry to
    persistently quickly.

  2. My brother suggested I might like this website.
    He was totally right. This post truly made my
    day. You cann’t imagine simply how much time I had spent for this info!
    Thanks!