3 Startup Energi Bersih atau Terbarukan di Indonesia

Ilustrasi kerja sama untuk pembangunan proyek berbasis lingkungan di ruang lingkup perusahaan start-up. Sumber: Freepik.com
  • Masifnya penggunaan energi terbarukan dan sangat penting untuk tetap disebarkan ke seluruh penjuru Indonesia demi memenuhi kebutuhan energi kita.
  • Dunia sudah mulai melek terhadap energi terbarukan, dan Indonesia ikut berpartisipasi dalam tren tersebut dengan adanya terobosan, baik berupa kebijakan, pendanaan, teknologi, dan sumber daya manusia.
  • Usaha yang bergerak di bidang energi terbarukan mulai banyak diminati oleh para pengusaha di Indonesia.

Seperti yang kita ketahui, banyak perusahaan energi bersih atau terbarukan yang muncul disebabkan oleh semakin menipisnya energi fosil, terutama di negara-negara maju yang didukung oleh tingginya tingkat teknologi beserta sumber daya manusia yang mereka miliki.

Energi merupakan kebutuhan pokok kehidupan manusia yang mendorong manusia dapat melakukan berbagai hal dan menjadi lebih produktif, seperti mendapatkan penerangan, belajar dan bekerja, memasak, bahkan berkendara[1]. Pentingnya penggunaan energi dalam berbagai sektor kehidupan manusia menjadikan dunia masih sangat bergantung terhadap sumber energi tak terbarukan atau berbahan dasar fosil. Misalnya, batu bara, minyak bumi, dan gas.

Sumber energi yang tak terbarukan ini berpotensi mengalami kepunahan, dan maraknya penggunaannya dapat menimbulkan adanya polusi, kerusakan lingkungan karena limbah yang dihasilkannya, dan peningkatan emisi gas rumah kaca yang dapat mengakibatkan terjadinya pemanasan global.

Oleh karena itu, energi terbarukan dijadikan sebagai solusi atas permasalahan tersebut. Masifnya penggunaan energi terbarukan dan sangat penting untuk tetap disebarkan ke seluruh penjuru Indonesia demi memenuhi kebutuhan energi kita. Energi terbarukan merupakan sumber energi yang dapat digunakan secara bebas dan berkesinambungan sebab ketersediaannya di alam sangatlah berlimpah.

Dunia sudah mulai melek terhadap energi terbarukan, dan Indonesia ikut berpartisipasi dalam tren tersebut dengan adanya terobosan, baik berupa kebijakan, pendanaan, teknologi, dan sumber daya manusia. Sebagai contoh, pemerintah turut mendukung, dan menggalang dana untuk pembangunan perusahaan energi terbarukan di Indonesia. Berikut beberapa perusahaan startup yang bergerak di bidang energi terbarukan di Indonesia.

Baca Juga



3 Startup Energi Bersih atau Terbarukan di Indonesia

Usaha yang bergerak di bidang energi terbarukan mulai banyak diminati oleh para pengusaha di Indonesia. Penelitian yang dilakukan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) menunjukkan sebanyak 6.297 PLTA, 1.812 PLT Bioenergi, 1.698 PLTP, dan 86 PLTS telah beroperasi di Indonesia. Berikut ini perusahaan startup di sektor energi bersih atau terbarukan di Indonesia.

1. Replus

Logo perusahaan startup Replus New Energy Nexus Indonesia yang didirikan sejak tahun 2019. Sumber: newenergynexus.id

Dengan tujuan untuk meningkatkan akses energi terbarukan di Indonesia serta mempercepat transisi energi bersih, Replus turut membangun dan berkontribusi dalam instalasi energi terbarukan. Sejak tahun 2019, New Energy Nexus Indonesia memberikan dukungan kepada lebih dari 70 startup, mulai dari tahap awal hingga post-revenue, yang tersebar di seluruh Indonesia. Salah satunya, Replus[2].

Replus yang didirikan pada tahun 2018, merupakan perusahaan startup yang bergerak di sektor efisiensi energi, khususnya pemanfaatan Internet of Things (IoT) untuk menyelesaikan permasalahan efisiensi energi, sehingga lebih hemat dan ramah lingkungan[3]. Perusahaan ini menyediakan layanan konsultasi dan persiapan energi terbarukan, meliputi estimasi biaya, desain sistem, dan analisis kebutuhan. 

Replus juga menawarkan produk inovatifnya, yakni SolarTable, yang merupakan meja kerja dilengkapi dengan panel surya. SolarTable dapat memberikan tenaga listrik untuk mengisi daya perangkat elektronik. 

2. Suryanesia

Gambar pemasangan sistem PLTS yang ramah lingkungan untuk meningkatkan branding sebuah industri produsen furnitur, Wintrad. Sumber: suryanesia.com

Suryanesia merupakan salah satu startup energi terbarukan di Indonesia yang didirikan tahun 2021 dengan rencana jangka panjangnya, yaitu membantu menawarkan solusi Solar-as-a-Service yang disesuaikan dengan kebutuhan klien, baik secara komersial maupun industri, dengan cara mengembangkan tenaga surya[4]. Sebagai contoh, memperluas produksi listrik tenaga surya dan perumahan independen, seperti tenaga angin.

Suryanesia menyediakan layanan pemasangan, pengoperasian, serta pembiayan sistem tenaga surya di atap rumah klien. Analisis yang dilakukan oleh tim cukup ketat, terutama dalam memastikan bangunan rumah klien aman dan kuat dalam untuk dipasang panel surya. 

Saat ini, klien Suryanesia berasal dari beberapa sektor seperti pemilik mal, produsen tekstil, farmasi, dan furnitur. Suryanesia mengklaim bahwa klien dapat menghemat US$20-50 setiap tahunnya. 

Baca Juga



3. Khaira Energy

Gambar sistem baterai pintar dan panel surya untuk perumahan, gedung, dan industri. Sumber: khairaenergy.com

Khaira Energy adalah startup yang menggabungkan teknologi baterai pinter dengan solusi panel surya modern, dan digitalisasi kelistrikan untuk mempermudah pembangunan pembangkit listrik, memonitornya, dan lebih mandiri energi[5]. Dengan berfokus pada energi surya, perusahaan ini dapat memanfaatkan atap bangunan untuk menjadi sumber tenaga listrik menggunakan panel surya. 

Uniknya, panel surya milik Khaira Energy memiliki smart battery system. Energi yang tersimpan di baterai tersebut memungkinkan pengguna tetap mendapatkan tenaga listrik meskipun tidak ada sinar matahari. 

Selain itu, sistem baterai ini juga dapat diisi ulang dengan aliran listrik biasa. Berdasarkan hitungan perusahaan, pengguna dapat menghemat listrik hingga 70% menggunakan sistem baterai ini. 

Perusahaan-perusahaan di Indonesia jika dibandingkan dengan luar negeri dapat terbilang masih rendah. Hal ini tidak menghalang banyak startup yang mulai bermunculan beserta para enterpreneur yang memiliki banyak ide baru untuk mendukung pemanfaatan energi terbarukan di Indonesia, terutama energi surya yang dimana Indonesia cukup unggul dalam kuantitas sinar mataharinya dibandingkan negara empat musim.

Editor: Savira Oktavia

Referensi

[1] Apa itu Energi Terbarukan? | Renewable Energy Indonesia

[2] Startup Alumni New Energy Nexus Indonesia

[3] 5 Startup Energi Baru dan Terbarukan Keren Asal Indonesia

[4] Tentang Kami | Suryanesia

[5] Khaira Energy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 Comment