Mengenal Inverter, Komponen Penting dalam Panel Surya

sumber : pixabay
  1. Pengertian inverter secara umum.
  2. Jenis-jenis inverter panel surya.
  3. Inverter sebagai komponen dasar panel surya.

Panel surya atau photovoltaic, tidak akan bisa berdiri sendiri tanpa adanya komponen-komponen pembantu dalam penggunaan panel surya secara optimal. Komponen-komponen pembantu panel surya sangatlah penting, karena tanpa komponen tersebut tidaklah panel surya dapat menyala dan digunakan dengan baik. Salah satu komponen yang paling penting adalah inverter. Inverter merupakan komponen wajib dalam pemasangan panel surya skala rumah tangga maupun industri. Sobat EBT Heroes, mari mengenal inverter dan kegunaannya sebagai salah satu komponen panel surya.

Apa Itu Inverter?

Inverter merupakan sebuah teknologi perangkat elektronik yang merubah arus searah (DC) ke arah bolak-balik (AC).  Bentuk inverter biasanya kotak dengan dominasi warna cerah, bentuk inverter juga tergantung besar kecil inverter tersebut. Inverter adalah komponen wajib dari panel surya, karena tugas inverter ialah menyaring sinyal arus listrik DC yang telah dihasilkan menjadi arus AC. Arus AC dapat memasok listrik ke rumah maupun industri. Tanpa adanya inverter maka arus listrik yang dihasilkan oleh panel surya tidak dapat mengalir dan digunakan sebagai pengganti listrik utama.

Baca Juga


Tahukah Kamu! Kemiringan Panel Surya Memengaruhi Penyerapan Energi Matahari

Pasang Sistem Panel Surya Kini Bisa Melalui Aplikasi?


Kapan Inverter Ditemukan

sumber: unsplash

Sobat EBT Heroes, setelah mengenal inverter dan mengetahui wujud serta pengertian inverter. Ternyata inverter merupakan komponen penting dalam panel surya. Lalu, kapan inverter pertama kali ditemukan?

Inverter pertama kali ditemukan pada tahun 1835, oleh seorang fisikawan Prancis bernama Francois Arago, beliau melakukan percobaan untuk menghasilkan arus bolak-balik dari generator listrik, bermula dari penemuan tersebut, inverter pertama kali ditemukan.

Pada abad ke-20, peneliti seperti Nikola Tesla mengembangkan arus bolak-balik (AC) teknologi masih mengandalkan generator listrik sebagai sumber utama energi listrik.  Perkembangan inverters modern dimulai pada awal tahun 1940, di Amerika Serikat. John C Kromer merupakan salah satu ilmuwan yang mengembangkan inverter modern, beliau dapat menggerakan motor listrik. Setelah perkembangan tersebut, inverter kemudian digunakan dalam industri besar.

Perkembangan inverter dalam dekade berikutnya mulai mengalami kemajuan. Performa inverter mulai digunakan sebagai komponen dalam pembangkit listrik tenaga surya. Sobat EBT Heroes, saat ini inverter terus mengalami peningkatan teknologi. Inverter lebih canggih dan efisien dalam mendukung berbagai penggunaan energi listrik, termasuk membantu pengoptimalan panel surya.

Apa Saja Fungsi Inverter?

Fungsi utama inverter dalam panel surya adalah merubah arus searah (DC) menjadi arus bolak-balik (AC), energi listrik yang dihasilkan panel surya bersifat searah, inverter mengubah arus DC ke AC, yang akan disalurkan sebagai energi listrik ke rumah atau industri.

Sobat EBT Heroes, selain fungsi utama sebagai pengubah arus. Inverter juga berfungsi sebagai monitoring sistem. Pada Inverter panel surya biasanya terdapat sistem monitoring, yang dapat mengawasi kinerja panel surya. Dengan adanya monitoring sistem memungkinkan pelacakan efisiensi komponen panel surya secara langsung dan memeriksa  konsumsi energi listrik.

Inverter panel surya juga berfungsi sebagai penyelaras jaringan listrik, hal tersebut dapat bermanfaat untuk penyaluran jaringan listrik ke pengguna secara optimal, dan mencegah penggunaan jaringan listrik atau panel surya kepada orang lain.

Fungsi yang tak kalah legit, inverter panel surya dapat digunakan sebagai proteksi keamanan komponen-komponen panel surya yang lain nya. Proteksi inverter dari panel surya dapat melindungi jaringan listrik dan kerusakan dari lonjakan aliran listrik maupun gangguan tidak terduga lainnya. Inverter juga berfungsi sebagai penghemat energi panel surya untuk efisiensi penyaluran kebutuhan listrik.

Baca Juga


Penggunaan Panel Surya Sebagai Pengganti Bahan Bakar Kapal Nelayan

Penggunaan Panel Surya Sebagai Pengganti Bahan Bakar Kapal Nelayan


Apa Jenis Inverter Panel Surya?

sumber : pixabay

Pemilihan jenis inverter panel surya dipilih berdasarkan, lokasi, kebutuhan dan sistem yang diperlukan untuk pengguna. Sobat EBT Heroes, berikut jenis-jenis inverter panel surya yang paling umum digunakan.

1. Inverter Central

Inverter yang digunakan dalam sistem panel surya skala besar. Inverter central memiliki kapasitas yang daya yang besar sehingga dapat menyalurkan energi listrik lebih luas, dengan stabil dan efisien.

2. Inverter String

Jenis ini biasanya digunakan untuk skala panel surya yang lebih kecil, seperti skala panel surya rumah tangga perorangan. Inverter string dapat menghasilkan arus AC yang kemudian disalurkan ke beban listrik rumah tangga.

3. Inverter Grid-Tied

Inverter Grid-Tied, umumnya digunakan pada sistem jaringan listrik yang terhubung langsung ke area publik. Inverter Grid-Tied mengubah arus DC ke AC, serta memastikan penyaluran  listrik ke area publik.

Sobat EBT Heroes, inverter ternyata merupakan komponen yang penting dalam panel surya. Tanpa adanya inverter, maka energi listrik yang dihasilkan oleh panel tidak akan pernah bisa tersalurkan ke pengguna. Mengenal sejarah, jenis, dan fungsi inverter dapat menambah wawasan mengenai panel surya sebagai salah satu energi baru dan terbarukan di Indonesia. Penggunaan Inverter panel surya merupakan salah satu bentuk mengurangi ketergantungan terhadap energi habis pakai, sehingga membantu transisi penggunaan energi baru dan terbarukan. 

#energiterbarukan #zonaebt #sobatheroes #makintahuindonesia

Editor: Himatul Azqiya

Referensi

Fungsi Inverter Beserta Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya yang Perlu Diketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *