9 Motor Listrik yang Mendapat Subsidi Pemerintah, Intip Spesifikasinya

Motor Listrik Alva one di KTT G20. Sumber: Detik 

  • Pemerintah Indonesia telah mengambil kebijakan untuk memberikan subsidi kendaraan listrik sebesar tujuh juta rupiah.
  • Sebanyak sembilan kendaraan listrik yang mendapat subsidi dari pemerintah.
  • Hanya sepeda motor yang memenuhi TKDN yang diberikan subsidi.

Pemerintah Indonesia memberikan subsidi sebesar tujuh juta rupiah untuk pembelian sepeda motor listrik. Ada dua model subsidi yang diberikan untuk pembelian motor listrik dalam negeri yaitu pembelian unit baru dan hasil konversi motor konvensional. 

Pemerintah Indonesia telah menetapkan syarat dan ketentuan untuk sepeda motor yang mendapat subsidi, sehingga tidak semua motor listrik bisa menerima subsidi. Motor yang menerima subsidi hanya diberlakukan pada motor yang diproduksi di Indonesia. 

Tidak hanya harus motor buatan Indonesia, motor penerima subsidi juga diharuskan memenuhi TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) yang akan ditentukan secara bertahap dalam beberapa tahun kedepan. Adanya persyaratan ini membuat motor listrik dapat turun sebesar tujuh juta rupiah dari harga normal. Pemberian subsidi ini mulai berlaku pada 20 Maret 2022. 

Berbagai regulasi yang cukup ketat juga diterapkan dalam subsidi motor listrik ini, hal ini bertujuan untuk memastikan keadilan dalam pembelian kendaraan listrik. Menurut Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, pembeli kendaraan listrik dengan insentif hanya boleh satu kali, menurutnya pihaknya juga memastikan orang yang berhak membeli kendaraan listrik tidak bisa membeli dua kali. 

Untuk tetap memastikan regulasi ini berjalan dengan efektif, skema pembelian juga akan melibatkan verifikator guna memastikan bahwa orang mendapatkan subsidi adalah orang yang berhak mendapatkan bantuan dari pemerintah. 


Baca juga


Apa Saja Jenis Motor yang Mendapat Subsidi Pemerintah dan Bagaimana Kualitasnya?

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar menggunakan motor listrik Gesits bersama 100 pengemudi ojek online. Sumber : Katadata

  1. Gesits

Harga normal Gesits berada di angka Rp 28.970.000, jika dipotong subsidi harga Gesits akan turun menjadi Rp 21.970.000. Gesits berukuran dan berbentuk sama seperti motor konvensional pada umumnya yakni dengan dimensi panjang 1.947 mm, lebar 674mm dan tinggi 1.135 mm.

Gesits menggunakan tenaga listrik dengan daya motor 5KW, oleh karena itu motor ini dapat menempuh 100 kilometer dalam sekali pengecasan penuh dengan performa maksimal lebih 70 km/ jam. 

Yang lebih menarik dari motor ini yaitu hadirnya berbagai fitur canggih yaitu speedometer yang bisa terkoneksi dengan smartphone pengguna, sehingga pengguna dapat memantau motor mereka.

Tidak hanya speedometer, Gesits juga dilengkapi dengan fitur menarik lainnya seperti adanya tiga mode berkendara yakni Eco, Urban, dan Sport.  Gesits juga sudah dilengkapi dengan proyeksi LED pada lampu depan dan belakang, bahkan lampu hazardnya juga telah dilengkapi dengan sinyal suara. 

Meskipun dilengkapi dengan berbagai fitur yang canggih dan jarak tempuh yang lumayan jauh dalam sekali pengecasan, motor ini juga memiliki kelemahan pada bagasinya. Bagasi motor ini dapat dikatakan cukup kecil dan hanya bisa menyimpan jas hujan dan baju. 

2. Alva One

Saat ini harga motor listrik Alva One dibanderol sekitar Rp 34.990.000, setelah dipotong subsidi harga motor ini menjadi Rp 27.990.000. 

Alva one memiliki kapasitas baterai 60 V 45 A (2,7 kWh), baterai ini memiliki bobot sebesar 18 kg dan  mempunyai fitur proteksi layar IP65 yang tahan terhadap debu dan air. Lama pengisian baterai motor ini sekitar empat jam dengan minimum daya listrik rumah 1.300 kWh. 

Motor ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi yang canggih yakni CBS (Combine Brake System). Adanya CBS membuat pengguna dapat mengaktifkan rem depan dan belakang secara bersamaan hanya dengan menekan pedal rem belakang. Bahkan Alva One juga mempunyai teknologi smart key yang dapat menyalakan motor tanpa harus memasukan kunci fisik. Terlepas dari segala spesifikasinya yang canggih motor finishing motor ini dinilai kurang rapi. 

3. United

United mengeluarkan berbagai jenis motor listrik, namun satu dari produk United yang memiliki banyak peminat yakni T1800, T1800 ini dibanderol sekitar Rp 31.500,00 dan dipotong subsidi menjadi Rp 24.500.000. 

Motor ini mempunyai ukuran panjang 1.865 mm, lebar 715 mm, dan tinggi 1.170 mm dan berat 99 kg. Baterai motor ini menggunakan model lithium 60V 28Ah yang mampu dibawah berkendara sejauh 65 km dengan waktu pengecasan tiga jam. 

Motor ini juga dilengkapi dengan tiga mode berkendara yaitu mode 1 yang dapat membatasi kecepatan 50 km/ jam untuk menghemat konsumsi baterai. Kemudian, mode 2 bisa tembus 60 km/jam dan mode 3 mampu memaksimalkan kecepatan sejauh 65 km/jam. 

Yang paling menarik, motor ini juga menyediakan fitur untuk mendengarkan musik melalui konektivitas motor dan smartphone sehingga pengguna bisa memainkan musik menggunakan bluetooth. Bahkan motor ini juga dilengkapi dengan USB Port untuk mengisi baterai handphone pengguna. 

4. Polytron

Harga normal Polytron Fox-R yaitu Rp 20.500.000 dan menjadi Rp 13.500.000 dipotong subsidi. Motor ini memiliki tenaga 3.000 watt yang membuat motor ini dapat mencapai kecepatan tertinggi 90 km per jam. Selain itu motor ini mempunyai kapasitas baterai 3,7 kWh yang bisa menempuh jarak 130 km. 

Polytron Fox-R ini juga dilengkapi dengan fitur konektivitas yang membuat pengguna dapat mengetahui informasi seperti statistik berkendara, status baterai, dan lokasi pengecasan melalui smartphone. Fitur ini dapat menunjang sistem keamanan kendaraan. 

5. Smoot Tempur

Smoot Tempur berukuran panjang 1.925 mm, lebar 870 mm, dan tinggi 1. 140 mm, motor ini merupakan motor listrik tipe DC Brushless dengan kapasitas baterai 64V/21,5 Ah. Motor ini dapat melaju dengan kecepatan maksimal 60 km/jam dengan jarak 60 km. 

Salah satu keunggulan utama dari motor ini yaitu pengisian daya baterai yang mudah. Pengguna tidak perlu mencari tempat pengecasan, dengan mudah pengguna dapat mengganti baterai di swap terdekat. 

Dari segi harga, motor ini dapat dikatakan cukup terjangkau yakni Rp 17.500.000 dan menjadi Rp 10.500.000 dengan potongan subsidi. 

6. Charged

Charged memiliki tiga tipe motor yakni Anoa, Rimau dan Maleo. Nama tiga tipe ini terinspirasi dari fauna asal Indonesia. Secara spesifikasi,  Anoa menggunakan dua baterai lithium, motor tipe ini mampu menempuh jarak 200 km dengan kecepatan maksimum 90 km/ jam

Berbeda dengan Anoa, Rimau mampu menembus kecepatan maksimum 95 km/ jam, lebih besar 5 km jika dibandingkan dengan Anoa. Namun dari segi jarak tempuhnya Anoa dan Rimau sama sama dapat menempuh jarak 200 km dalam sekali pengecasan full. 

Sedangkan untuk tipe Maleo hanya mampu menempuh 125 km dengan kecepatan maksimum 70 km / jam. Waktu pengisian untuk tipe motor ini cukup singkat yakni sekitar tiga jam. Motor ini

dibanderol mulai dari Rp 38.000.000 belum dipotong subsidi, tentu harga ini menjadi lebih murah Rp 7.000.000 setelah mendapatkan potongan subsidi. 

7. Selis

Selis merupakan produsen motor asli Indonesia. Merk ini menawarkan empat tipe motor yakni E-Max, Neo Scotic, Eagle Pro, Jalak Pro. Motor ini dibanderol harga mulai dari Rp 10.000.000 sampai dengan Rp 18.000.000, belum dipotong subsidi. 

Seleis Eagle Pro dan Jalak Pro sudah tidak lagi dijual di Indonesia. Namun, masih banyak pilihan lain yang ditawarkan Selis yang tidak kalah menarik. Selis Neo Scotic misalnya, motor ini mampu menempuh jarak 40 km dengan kecepatan maksimal 40 km / jam. Dalam sekali pengecasan penuh motor ini membutuhkan waktu sekitar tujuh jam. 

Berbeda dengan tipe Neo Scotic, tipe E-Max mampu berjalan dengan kecepatan maksimal 50 km / jam, sepuluh kilo lebih cepat dari Neo Scotic, disamping itu tipe ini juga dapat menempuh jarak sejauh 120 km dengan waktu pengecasan lima jam. 

8. Uwinfly

Uwinfly memiliki setidaknya sembilan jenis motor listrik yang dijual di Indonesia yaitu New Love Summer, New Love Summer Pro, Golden Turtle, Blue Whale, T3 Vespa Limited Edition, N9 Pro, N9, M5, dan X6. 

Masing-masing motor listrik ini mempunyai harga beragam. Tentu saja bentuk desain dan warna motor ini yang unik akan menarik minat konsumen. Motor ini dibanderol harga mulai dari Rp 10.000.000, belum termasuk subsidi.

9. Viar

Viar memiliki lima tipe yakni Q1,NQ,C2,RE3 dan N2. Masing-masing tipe memiliki harga yang berbeda, dan masing-masing akan mendapat subsidi tujuh juta rupiah. 

Masing-masing tipe dari motor ini memiliki keunggulan masing-masing baik dari segi jarak tempuh, fitur canggih, dan kecepatan maksimum. Konsumen dapat memilih sesuai dengan kebutuhannya. 

Mampukah Subsidi Motor Listrik ini Menarik Minat Masyarakat?

Test drive motor listrik. Sumber: Kompas

Sejauh ini sepeda motor memiliki peran yang krusial dalam peningkatan polusi udara, terutama di daerah perkotaan. Menurut Ahmad Safrudin, Direktur KPBB (Komisi Penghapusan Bensin Bertimbal) pada 2020 lalu menyebutkan bahwasanya sepeda motor berkontribusi terhadap 47 persen polusi udara Jakarta. 

Tidak hanya berkontribusi pada polusi udara, sepeda motor juga menyumbang 45 persen gas buang, tentu angka ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis kendaraan lainnya dimana bus hanya menyumbang 21 persen disusul dengan truk yang menyumbang 18 persen gas buang.

Bagaimanapun, Pembelian sepeda motor terus mengalami peningkatan, hal ini disebabkan oleh kemudahan yang diberikan seperti adanya potongan harga. Adanya subsidi terhadap motor listrik ini dapat membuat masyarakat mempertimbangkan untuk membelinya, terlebih dengan spesifikasi yang canggih dan desain yang unik.

Mengingat jumlah populasi masyarakat Indonesia yang banyak dan terus meningkat, tentu kebutuhan akan motor akan terus bertambah. Meskipun pemerintah Indonesia dan jajaran Pemerintah Provinsi dan kota di Indonesia telah bekerjasama untuk menghadirkan transportasi publik seperti busway, LRT, MRT dan KRL. 

Namun, sebagian besar transportasi ini baru tersedia di kota besar, belum menjangkau kota yang berada diluar pulau Jawa. Lebih lanjut, masih banyak masyarakat yang lebih nyaman menggunakan sepeda motor pribadi dibandingkan naik transportasi publik. 

Jika dibandingkan dengan mobil, ukuran motor yang flexible membuat motor jauh lebih flexible jika dibawa melintasi kemacetan, tidak mengherankan jika sepeda motor merupakan jenis kendaraan terbanyak yang digunakan masyarakat Indonesia. 

Dengan adanya subsidi yang diberikan pemerintah untuk pembelian motor listrik ini, dapat membuat masyarakat mempertimbangkan, pada saat yang sama juga pengguna dapat menghemat pengeluaran bahan bakar dan sekaligus menjaga lingkungan. 

Mana yang Lebih Cocok Untuk Dipakai di Perkotaan?

Pada dasarnya semua mobil listrik dirancang sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dengan berbagai spesifikasi yang ada dengan kelebihan dan kekurangannya. Jika pengguna lebih suka

mengendarai motor sambil mendengarkan musik maka United adalah pilihan yang cocok.  Untuk orang yang suka berkendara dengan jarak jauh misalnya, maka Charged Anoa dan Rimau adalah pilihan yang cocok karena dua motor ini memiliki jarak tempuh yang paling besar yakni 200 km. 

Untuk pengguna yang mencari fitur yang canggih dan dilengkapi dengan pilihan mode berkendara maka Alva One, Polytron, Gesits merupakan pilihan yang pas. Namun, jika pengguna lebih menyukai mode pengecasan yang simple maka Scoot Tempur adalah pilihan yang pas. Disamping itu hadirnya motor Uwinfly dengan berbagai desain unik juga pasti dapat menarik minat anak muda, terutama Gen Z. Ada banyak fasilitas yang mumpuni yang telah disediakan dalam masing-masing kendaraan listrik ini, konsumen hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhannya. 


Baca juga


#sobatheroes #zonaebt #energiterbarukan

Editor: Himatul Azqiya

Referensi 

[1] Ini Daftar Harga Motor Listrik Subsidi, Ada yang Jadi Rp2 Jutaan

[2] Daftar Motor Listrik yang Harganya Turun Rp7 Juta Usai Disubsidi

[3] Intip Spesifikasi Motor Listrik Gesits G1, Harga Mulai Rp 28 Jutaan

[4] Spesifikasi dan Harga Motor Listrik Gesits, Kendaraan Listrik Lokal

[5] 5 Kekurangan Motor Listrik Gesits G1, Harus Tahu!

[6] Bahas Spesifikasi Motor Listrik Alva One 

[7] 5 Kelebihan United T1800, Motor Listrik dengan Turbo

[8] Spesifikasi Motor Listrik Smoot Tempur yang Bakal Dijual Rp 11 Jutaan

[9] Mengenal Detail Motor Listrik Selis E-Max, Harga Rp 22 Juta

[10] Sepeda Motor Jadi Penyumbang Terbanyak Polusi Udara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *