5 Universitas Politeknik Terbaik di Indonesia Jurusan EBT

Source: unplash.com
  • Kemendikbudristek melakukan kerja sama dengan Pemerintah luar negeri guna menciptakan tenaga pendidik yang berkualitas dalam program studi energi baru terbarukan.
  • 5 Universitas Politeknik terbaik di Indonesia yang memiliki program studi energi baru terbarukan.
  • Peluang kerja lulusan Universitas Politeknik terbaik di Indonesia program studi energi baru terbarukan.

Era globalisasi yang saat ini terjadi, dapat menjadikan energi sebagai sumber kebutuhan utama manusia. Hal tersebut dapat dilihat dari kondisi pemenuhan kebutuhan energi, yang masih didominasi oleh energi fosil dan pemakaian energi terbarukan. Tidak dapat dipungkiri, bahwa Pemerintah Indonesia masih belum bisa secara optimal dalam merealisasikan program untuk melestarikan sumber daya alam dengan baik dan benar. 

Maka dari itu, pemerintah dalam mengoptimalkan program tersebut dengan cara: melakukan kerjasama antar negara guna menciptakan tenaga pendidik yang menguasai ilmu terkait energi baru terbarukan, sehingga dapat mendidik mahasiswa atau generasi milenial untuk memiliki kualitas terbaik dalam menciptakan energi baru terbarukan yang dapat bermanfaat bagi Indonesia. 

Kemendikbudristek Melakukan Kerjasama dengan Pihak Luar Negeri Demi Kebaikan Tenaga Pendidik di Indonesia

Adanya keinginan dalam mengoptimalkan hal tersebut, mendorong Kemendikbudristek mengambil solusi terbaik dengan cara menggandeng Pemerintah Swiss untuk menggelar pelatihan bagi tenaga pendidik, dan instruktur politeknik bidang energi baru terbarukan di beberapa waktu yang lalu. Tujuan dari adanya pelatihan kompetensi melalui proyek Renewable Energy Skills Development (RESD) terhadap tenaga pendidik yang dilakukan oleh Pemerintah Swiss adalah tenaga pendidik mampu mengembangkan kualitas energi baru terbarukan yang ada di Indonesia. 

Source: pinterest.com

Selain itu, keinginan Kemendikbudristek untuk melakukan kerjasama dengan Pemerintah Swiss dalam mengembangkan program studi energi baru terbarukan didukung oleh Beny Bandanadjaja selaku Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi. Dukungan tersebut disebabkan oleh adanya keterbatasan program studi energi baru terbarukan di universitas yang ada di Indonesia, sehingga dari kerjasama RESD inip dapat dikembangkan melalui program spesialis D-4 energi baru terbarukan dalam satu tahun di 5 Politeknik Negeri. 

Sementara itu, Martin Stottele selaku pimpinan pelaksana proyek RESD berpendapat bahwasanya tujuan diselenggarakannya pelatihan terhadap tenaga pendidik bidang EBT guna membekali pengetahuan dan keterampilan tentang instalasi, pengoperasian, supervisi, dan pemeliharaan PLTS. Faktanya, proyek tersebut telah dilaksanakan pada bulan September 2022 lalu, yang mana pelaksanaan proyek harus diperkuat dengan penyediaan peralatan laboratorium energi terbarukan dan pendampingan dari beberapa lembaga pendidikan di Swiss. 

Baca Juga



5 Universitas Politeknik Terbaik di Indonesia yang Memiliki Program Studi Energi Baru Terbarukan

Source: unplash.com

Mengetahui pentingnya kerjasama yang dilakukan oleh Kemendikbudristek dengan Pemerintah Swiss untuk tenaga pendidik di program studi energi baru terbarukan, mengakibatkan banyaknya universitas yang berbondong-bondong mengajukan kerjasama dengan Pemerintah Swiss. Namun, hanya 5 Universitas Politeknik yang terbaik ada di Indonesia yang berhasil dipilih dalam melakukan kerjasama, diantaranya adalah

a) Politeknik Negeri Bali

Source: tribunnewswiki.com

Politeknik Negeri Bali memiliki visi yang menjadikan lembaga pendidikan tinggi vokasi terdepan penghasil lulusan profesional berdaya saing internasional pada tahun 2025. Dimana dalam mewujudkan visi tersebut, pihak kampus menyelenggarakan pendidikan di bidang vokasi yang cenderung mengedepankan praktik daripada teori. Tidak dipungkiri belajar di Politeknik Negeri Bali pola praktik sesuai dengan tuntutan industri (60%-70%) dan teori (30%-40%), bertujuan untuk mahasiswa lulusan Politeknik Negeri Bali mampu memenuhi kebutuhan industri di dalam maupun luar negeri.

Selain itu, Universitas Politeknik Negeri Bali didirikan pada tahun 1976, dan kampus ini merupakan salah satu kampus yang memiliki kerjasama antara ITB dengan pemerintah Swiss. Dampak dari banyaknya kerjasama yang direalisasikan oleh Universitas Politeknik Negeri Bali terlihat banyaknya perusahaan ataupun lembaga juga ikut serta dalam menyelenggarakan beasiswa, seperti beasiswa yang tersedia di Politeknik Negeri Bali adalah beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) dan swadana, bidikmisi, dan beasiswa fungsionaris KBM PNB. 

Baca Juga



b) Politeknik Negeri Jakarta

Source: tribunnewswiki.com

Politeknik Negeri Jakarta memiliki berbagai program kerja sama, baik dengan institusi pendidikan maupun industri guna meningkatkan keahlian dan kompetensi mahasiswa. Pada taraf nasional, PNJ menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan ternama seperti: PT. Pertamina (Persero), PT. Jasa Marga, PT. Waskita Karya (Persero) Tbk, PT. Trakindo Utama, dan lain sebagainya. Secara umum, bentuk kerja sama yang dijalin ialah pengembangan kurikulum dan program praktik industri (PPI).

Tidak hanya taraf nasional, kampus ini juga menjalin kerja sama dengan Asia e University, sebuah universitas yang didirikan oleh Asia Cooperation Dialogue (ACD) dalam bentuk Program Internasional 3 plus 1 (3+1). Twinning program ini memungkinkan lulusannya mendapat dua gelar sekaligus, yaitu gelar Diploma (D3 atau D4) dari Politeknik Negeri Jakarta dan Bachelor of ICT (Bsc) dari Asia e University, Malaysia. Keren banget, bukan?

c) Politeknik Negeri Manado

Source: politekniknegerimanado

Secara umum Politeknik Negeri Manado berada di Kota Manado, Sulawesi Utara, yang dimana dasar lahirnya Politeknik Negeri Manado dapat dilihat dari staf dosen yang dilatih di Pusat Pengembangan Pendidikan Politeknik Bandung. Dengan begitu, visi dari Politeknik Negeri Manado itu sendiri tidak terlepas dari keinginan untuk menjadikan Politeknik sebagai penyelenggara Pendidikan Vokasi terkemuka dalam menghasilkan sumber daya manusia yang memenuhi standar kompetensi global, serta menjadi pusat pelatihan dan penerapan teknologi.

Selain itu, Politeknik Negeri Manado secara geografis berada di bagian utara Kawasan Timur Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara-negara di kawasan Pasifik. Letak geografis ini mempunyai arti strategis dimasa yang akan datang bagi keberadaan Politeknik Negeri Manado sebagai institusi pendidikan vokasi yang menghasilkan Sumber Daya Manusia sesuai dengan standar kompetensi dalam era persaingan global.

Adanya visi dan keuntungan letak geografis dari Politeknik Negeri Manado, menyebabkan kampus ini memiliki 18 program studi, yang terdiri dari 11 Program D-3 yaitu, program studi Teknik Sipil, Teknik Listrik, Teknik Komputer, Teknik Mesin, Akuntansi, Akuntansi Perpajakan, Administrasi Bisnis, Manajemen Pemasaran, Perhotelan, Usaha Perjalanan Wisata dan Wisata Bawah Laut. Sementara program studi sarjana sains terapan berjumlah 7 program studi, diantaranya adalah konstruksi bangunan gedung, perumahan pemukiman, teknik informatika, teknik listrik, akuntansi keuangan, manajemen bisnis dan manajemen perhotelan yang dilaksanakan secara reguler.

d) Politeknik Negeri Ujung Pandang

Source: poliupg.ac.id

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) terletak di daerah Moncongloe, Kabupaten Maros. PNUP saat ini telah mengelola 11 program studi D-3 dan 10 program studi S-1 terapan, yang cenderung berfokus pada bidang engineering dan bisnis. Dengan semakin bertambahnya jumlah program studi yang diselenggarakan oleh pihak PNUP, mendorong sarana dan prasarana yang modern semakin meningkat. Adanya fasilitas yang modern bertujuan untuk membangkitkan semangat dan motivasi yang tinggi dari seluruh civitas akademika, dan keluarga besar PNUP dalam hal menunjang pelayanan pendidikan kualitas pendidikan.

e) Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas

Source: gramedia.com

Politeknik Energi dan Mineral Akademi Minyak dan Gas Bumi (PEM Akamigas) dikenal sebagai perguruan tinggi kedinasaan yang dikelola langsung oleh Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia, yang dimana universitas ini menyelenggarakan pendidikannya pada bidang profesional minyak dan gas. Di kampus ini juga tersedia pendidikan di jenjang D-3 dan D-4 yang berfokus pada eahlian dan kompetensi dalam bidang perminyakan, gas bumi, panas bumi, dan petrokimia.

Namun, Energi dan Mineral Akamigas tidak memakai sistem kedinasan lagi sehingga mahasiswa lulusan Politeknik Energi dan Mineral Akamigas  tidak diangkat sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil) atau yang sekarang dikenal dengan ASN (Aparatur Sipil Negara). Oleh karena itu, Program Studi yang ada di kampus ini terutama D-4, yaitu program studi logistik minyak dan gas, program studi teknik mesin kilang, program studi teknik instrumentasi kilang, program studi teknik produksi minyak dan gas, dan teknik pengolahan minyak dan gas.

Selama ini, program studi Teknik Pengolahan Minyak dan Gas telah berkolaborasi dengan para tenaga ahli baik dari nasional maupun internasional serta pelaku sektor industri untuk mengajar mata kuliah kompetensi inti di bidangnya. Harapannya, setelah lulus dari program studi tersebut. Mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dan kompetensi dalam bidang operasional pengolahan hilir migas, bioenergi, dan petrokimia yang tera terampil, ahli, profesional, berintegritas, dan mampu bersaing di kancah internasional.

Peluang Kerja Lulusan Universitas Politeknik Terbaik di Indonesia Program Studi Energi Baru Terbarukan

Prospek kerja teknik energi terbarukan memiliki gaji yang menjanjikan, hal tersebut dikarenakan jurusan ini kurang dikenal oleh masyarakat. Maka dari itu, peluang kerja dari lulusan Universitas Politeknik terbaik di Indonesia saat ini, mahasiswa dapat menjadi seorang insiyur energi, yang cenderung mendukung industri energi yang ada di tanah air; kedua, mahasiswa dapat menjadi staff Kementrian ESDM, dimana staff Kementrian ESDM ini melakukan pengawasan pada minyak, gas beserta jenis mineral lain; ketiga, mahasiswa dapat menjabat sebagai pimpinan proyek; keempat, mahasiswa dapat bekerja sebagai kontraktor ataupun bekerja di pembangkit listrik.

#zonaebt #energiterbarukan #sebarterbarukan #sobatheroes

Editor: Himatul Azqiya

Referensi

Indonesia-Swiss Siap Buka Jurusan Kuliah D4 EBT September 2022

Politeknik Negeri Bali

Politeknik Negeri Jakarta

Politeknik Negeri Manado

Politeknik Negeri Ujung Pandang

Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas

Prospek Kerja Teknik Energi Terbarukan dan Besaran Gajinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *