Semarak Gelaran Pesta Otomotif Awal Tahun, IIMS 2023 Raih Penghargaan MURI

Semarak Gelaran Pesta Otomotif Awal Tahun, IIMS 2023 Raih Penghargaan MURI zonaebt.com

Jakarta, 25 Februari 2023 – Hari ini (25/2) merupakan puncak perayaan closing ceremony pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS)  BOOST 2023, di JIExpo Kemayoran Jakarta. IIMS 2023 telah berlangsung selama 10 hari dengan menyuguhkan konsep Oto-tainment (Otomotif dan Entertainment) dengan hadirnya panggung IIMS Infinite Live serta deretan fitur IIMS Sky Bridge hingga IIMS Track. Seolah back on track, kehadiran IIMS 2023 mampu pulihkan kembali gairah industri otomotif tanah air, yang sempat berjalan perlahan di masa pandemi tahun sebelumnya, dan terbukti dengan total transaksi yang dibukukan Dyandra Promosindo hingga Jumat kemarin (24/2) mencapai jumlah Rp3,2 Triliun.

Angka ini masih terus bergerak mengingat beberapa brand besar masih dalam tahap rekap data hingga hari penutupan IIMS 2023. Dari sisi pengunjung, tercatat hingga Jumat (24/2) malam, yang mengunjungi IIMS 2023 di JIExpo Kemayoran mengalami peningkatan yang stabil sejak pekan pertama, yaitu sebanyak 24% dari pengunjung IIMS Hybrid 2022 lalu, di waktu yang sama.

IIMS 2023 diikuti oleh 171 Peserta, termasuk di dalamnya 45 kendaraan roda empat, roda dua, dan kendaraan listrik terkemuka di Indonesia. Brand kendaraan roda empat diantaranya, Astra Daihatsu, BMW, Chery, DFSK, Esemka, Honda, Hyundai, Jeep, Mitsubishi, Morris Garage (MG), Prestige, Subaru, Suzuki, Toyota dan Wuling hingga Indomobil Group yang menghadirkan lima brand yaitu Audi, Citroen, KIA, Nissan, Volkswagen (VW).

Kendaraan roda dua diwakili brand ternama seperti Astra Honda Motor, Benelli – Keeway KTM & Husqvarna, Italjet, Kawasaki, Moto Bologna Passione (MBP), Royal Alloy, Royal Enfield, Yamaha. Brand kendaraan listrik roda dua antara lain  Alva, Davigo, Energica, Gelis, Gesits, Ion Mobility, Niu, Ofero, Polytron, Rakata, Selis, Smartby, United dan Yadea.

IIMS semakin lengkap dengan adanya Perhimpunan Pengusaha Aksesoris Mobil Indonesia (PAHAMI) serta puluhan brand aftermarket. Hal ini menjadi hal yang perlu disyukuri lantaran Dyandra Promosindo membuktikan bahwa IIMS 2023 tetap menjadi primadona bagi para pemegang merek. Capaian positif ini sekaligus menjadi bukti nyata kontribusi Dyandra Promosindo terhadap peningkatan ekonomi dari sektor industri otomotif hulu hilir tanah air.

Kerinduan pecinta otomotif pada gelaran motor show di IIMS 2023 terobati dengan berbagai program acara yang disuguhkan, yakni Bikers Dakwah, IIMS Award, IIMS Community Experience, IIMS Formula Electric Student Show Off, IIMS Iconic Car, IIMS Motor Show, IIMS Push Bike Race, IIMS Satmori & Sunmori, IIMS Seminar & Talkshow, IIMS Special Guest Experience, IIMS Test Drive, IIMS Test Ride, IIMS EV Test Ride, IIMS Drift, IIMS Special Guest Car, IIMS x Pergikebulan, IIMS x Rusty Project, IIMS x Ikatan Motor Indonesia (IMI), IIMS x Naikmotor.com, IIMS x Katros, IIMS x Smoke Garage, IIMS x Banteng Motorsport, IIMS x Slide on Sunday, Indonesia Automodified (IAM), Indonesia Boating Gathering (IBG), Indonesia Off-Road Federation (IOF), IIMS Jeep Willys Building Show, Kosmik, Mini 4WD Championship, Miss IIMS 2023, Off-Road Track, Otomotif Group Experience, PAHAMI Audio Contest All Champions, Parade & Talkshow Pembalap 3 Generasi, PPMKI Pre War Car Display, RC Adventure, RC Drift serta Road Bike Community Hub.

Dalam sambutannya, Project Director IIMS 2023 Daswar Marpaung mengucapkan terima kasih kepada seluruh ekosistem yang terlibat dalam kesuksesan penyelenggaraan IIMS 2023 ini, khususnya kepada pemerintah Republik Indonesia, Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo yang telah hadir dan meresmikan secara langsung pameran IIMS 2023, beserta jajarannya Menteri Kabinet Indonesia Maju yang menyempatkan hadir dan meninjau pameran ini termasuk dukungan dari seluruh jajaran pemerintah Pusat hingga Daerah.

“Malam ini (25/2) adalah cermin konsep IIMS yang mampu menjadi salah satu instrumen pemantik untuk memulihkan gairah industri otomotif tanah air. Terima kasih juga saya ucapkan kepada seluruh APM & Dealer yang sama-sama berjuang mulai dari tahun pandemi hingga pasca pandemi, kita masih bisa berjalan berdampingan untuk meraih tujuan yang sama yaitu industri otomotif tanah air yang semakin maju dan baru dalam menyambut era elektrifikasi.  Tak lupa, saya ucapkan terimakasih atas support dari seluruh komunitas yang mewarnai jalannya pagelaran IIMS 2023 menjadi lebih berwarna. Malam ini adalah cermin kegembiraan pada sektor industri otomotif, karena secara tidak langsung kita telah berhasil mewujudkan cita-cita bersama untuk dapat bangkit dari pandemi dengan semangat kolaborasi dan sinergi untuk kebangkitan industri otomotif tanah air.” tegas Daswar Marpaung.

Berkat keseriusan Dyandra Promosindo dalam menggarap deretan fitur yang dihadirkan untuk menciptakan keunikan pameran otomotif IIMS setiap tahunnya, IIMS Sky Bridge yang hadir pertama kalinya dalam perhelatan IIMS BOOST 2023 mampu memecahkan rekor MURI dan mengemban predikat “Pameran Otomotif Pertama dengan Fasilitas Jembatan Penyeberangan (Sky Bridge)”.

“Sky Bridge adalah hasil brainstorm tim Dyandra Promosindo, dengan tujuan untuk menyenangkan  seluruh exhibitor IIMS 2023. Sky Bridge diadakan karena berdasarkan bertahun-tahun pelaksanaannya, giat test drive and ride di area outdoor selalu ramai, di satu sisi pengunjung yang berlalu lalang semakin bertambah setiap tahunnya. Selain itu, IIMS Track dengan panjang lebih dari 500 meter dalam satu putaran juga disediakan dalam IIMS 2023 kali ini, untuk membuat pengunjung yang hendak membeli mobil dan motor baru, dapat menjajal mobilnya dengan lintasan yang lebih panjang lagi guna pengalaman yang lebih memuaskan. Mudah-mudahan dengan konsep IIMS Track dan IIMS Sky Bridge, IIMS tahun depan dapat membuat exhibitor dan lainnya semakin puas dengan konsep yang ditawarkan Dyandra Promosindo.” tegas Rudi MF Project Manager IIMS 2023.

Kesuksesan Dyandra Promosindo menyuguhkan kemeriahan dan kemegahan seluruh area pelaksanaan IIMS 2023 berkat dukungan dari MUFG Bank, Ltd. dan PT Bank Danamon Indonesia, Tbk (Danamon) sebagai Official Bank Partner serta PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance) sebagai Official Multifinance Partner, Pertamina dan PLN sebagai Official Sponsor, dari sektor industri pendukung, IIMS 2023 juga berkolaborasi dengan Mobbi sebagai Official Trade-in Partner, J&T Cargo sebagai Official Logistic Partner, Bridgestone sebagai Official Tire Partner, MRT Jakarta sebagai Official Public Transportation Partner, serta V-Kool Indonesia, Suryanation, Namota, Enjoy Jakarta, dan Mayora siap mendukung perhelatan IIMS  BOOST 2023.

IIMS Hybrid 2023 juga mengukuhkan pemenang ajang pemilihan Miss IIMS 2023. Penilaian pada Miss IIMS Hybrid 2023 adalah brain, beauty & talent. Tidak hanya kecantikan yang dinilai, tapi juga knowledge mengenai brand dan cara berbicara untuk menyampaikan informasi kepada customer. Penjurian telah dilakukan sejak 17 Februari 2023 lalu.Selamat kepada  Deleika Sadya Ayasha dari Wuling Motors yang dinobatkan menjadi Miss IIMS 2023. Selanjutnya Miss IIMS  Best Costume 2023 dimenangi oleh Fitria dari Esemka, Kategori Miss IIMS Talented 2023 dimenangkan oleh Grecia Hutapea dari Chery Motor Indonesia, Kategori Miss IIMS Photogenic 2023 dimenangkan oleh Shinta dari Suzuki, dan kategori Miss IIMS Favorite 2023 dimenangkan oleh Regina Manda Kusno dari My Danamon.

Pada kesempatan yang sama, IIMS 2023 mengumumkan pemenang dan memberikan penghargaan APM dari kendaraan roda empat dan dua dan kategori khusus yang telah berpartisipasi dalam perhelatan ini. Pemilihan seluruh pemenang pada malam ini ditentukan oleh juri perwakilan media dan expert otomotif.

Daftar pemenang kategori roda empat:

  1. KATEGORI BEST APM INDOOR BOOTH ACTIVITY YAITU SUZUKI
  2. KATEGORI BEST APM OUTDOOR ACTIVITY, DIMENANGKAN OLEH HYUNDAI
  3. KATEGORI BEST BOOTH CAR DIBAWAH 500SQM YAITU MG
  4. KATEGORI BEST BOOTH CAR DENGAN LUAS ANTARA 500-1000SQM YAITU WULING
  5. KATEGORI BEST BOOTH CAR DI ATAS 1000SQM YAITU SUZUKI
  6. BEST ELECTRIC CAR, ADALAH TOYOTA BZ4X
  7. BEST LUXURY ELECTRIC CAR, ADALAH BMW IX
  8. BEST EV COMMERCIAL CAR, ADALAH ESEMKA BIMA
  9. MOST AFFORDABLE EV COMMERCIAL CAR, DFSK GELORA E
  10. FAVORITE EV CAR LAUNCH, MG 4EV
  11. BEST CITY CAR, HONDA BRIO RS
  12. BEST ELECTRIC CITY CAR, WULING AIR EV
  13. BEST SEDAN, SUBARU WRX SEDAN
  14. BEST CROSSOVER SUV, HONDA WR-V
  15. BEST BIG SUV, HYUNDAI PALISADE
  16. BEST MULTI PURPOSE SUV, JEEP RUBICON
  17. BEST SUV, CHERY TIGGO 8 PRO
  18. FAVORITE NEW CAR LAUNCH, CHERY OMODA 5
  19. BEST HATCHBACK, HONDA CITY HATCHBACK RS
  20. BEST LOW MPV, HYUNDAI STARGAZER
  21. BEST MEDIUM MPV, TOYOTA INNOVA ZENIX
  22. BEST PREMIUM MPV, KIA GRAND CARNIVAL
  23. MOST TESTED CAR CHOICE, CHERY OMODA 5
  24. MOST AFFORDABLE CROSSOVER, WULING ALVEZ
  25. FAVORITE LOCAL CAR BRAND, ESEMKA
  26. FAVORITE NEW COMER CAR BRAND, CITROEN
  27. FAVORITE CONCEPT CAR, MITSUBISHI XFC
  28. FAVORITE SOUTH EAST ASIA PREMIERE LAUNCH, SUZUKI GRAND VITARA
  29. FAVORITE INDONESIAN PREMIERE LAUNCH, SUBARU

Untuk pemenang kategori roda dua (Motor);

  1. BEST BOOTH MOTORCYCLE <400 SQM, YAMAHA
  2. BEST BOOTH MOTORCYCLE >400 SQM, ASTRA HONDA MOTOR
  3. BEST SCOOTER, YAMAHA FAZZIO CONNECTED HYBRID
  4. BEST SPORT BIKE, KAWASAKI NINJA ZX-25R
  5. BEST NAKED BIKE, ROYAL ENFIELD INTERCEPTOR 650
  6. FAVORITE MOTORCYCLE LAUNCH, AHM – EM1 E, CRF250L
  7. FAVORITE EV MOTORCYCLE LAUNCH, YADEA E8S PRO
  8. BEST TOURING, HUSQVARNA NORDEN 901
  9. BEST TRAIL ADVENTURE, HONDA CRF250L
  10. BEST ADVENTURE, KTM390 ADVENTURE
  11. MOST TESTED MOTORCYCLE CHOICE, YAMAHA E01
  12. BEST CRUISER, BENELLI 502C
  13. FAVORITE NEW COMER MOTORCYCLE BRAND, MOTO BOLOGNA PASSIONE

Pemenang Kategori EV Motor;

  1. BEST ELECTRIC MOTORCYCLE, YADEA G6
  2. BEST BOOTH EV MOTORCYCLE < 100 SQM, POLYTRON
  3. BEST BOOTH EV MOTORCYCLE 100-400 SQM, ALVA
  4. BEST BOOTH EV MOTORCYCLE >400 SQM, YADEA
  5. FAVORITE NEW COMER EV MOTORCYCLE BRAND, YADEA
  6. BEST SPORT EV MOTORCYCLE, ENERGICA EGO
  7. BEST EV SUPPORT, PLN
  8. MOST AFFORDABLE EV MOTORCYCLE, UNITED E-MOTOR UNITED MX-1200
  9. MOST LOCAL EV MOTORCYCLE CONTENT, SELIS
  10. MOST FUNCTIONAL EV SCOOTER, ION MOBILITY

Berikut adalah pemenang kategori Boating & Aftermarket;

  1. BEST BOOTH PAHAMI, VENOM
  2. BEST BOOTH AFTERMARKET, YUASA
  3. BEST BOOTH INDONESIA BOATING GATHERING, SUZUKI MARINE

Berikut adalah penghargaan untuk Sponsor;

  1. BEST BOOTH SPONSOR, MUFG DANAMON ADIRA
  2. MOST INTERACTIVE BOOTH, SURYANATION
  3. BEST DIGITAL INNOVATION, MOBBI

Malam ini (25/2) merupakan malam yang turut menggembirakan bagi 2 (dua) pengunjung beruntung yang mendapatkan hadiah grand prize 1 unit Honda PCX 160 dan 1 unit Toyota All New Kijang Innova Zenix. Pengunjung yang mendapatkan grand prize ini, telah mengikuti syarat dan ketentuan berlaku bagi setiap pembelian tiket melalui dyandratiket.com dan tiket.comSelamat untuk para pemenang!

Deret Program Komunitas Dukung IIMS 2023 Hari Kesepuluh

Memasuki akhir pekan kedua bersama IIMS 2023, Dyandra Promosindo menyajikan suguhan program menarik yang diramaikan oleh beragam komunitas pendukung IIMS 2023. Beberapa diantaranya adalah seperti RC Drift War, Urban Crawling & Urban Drag Enduro IOF, Parade & Marching Band IOF, Parade Merceday, Satmori & Sunmori, Indonesia Drift Championship, IMI Parade, hingga Push Bike Race.

Pekan ini, IIMS melaksanakan salah satu program unggulannya yaitu, ajang Indonesian Drift Championship (IDC). Kompetisi Drift nasional ini sendiri telah dijadwalkan untuk menuntaskan 5 seri perlombaan di tahun 2023. Seiring dengan berlanjutnya seri tersebut, salah satu kejuaraannya akan diadakan di IIMS 2023 selama 2 hari mendatang.

IIMS Drift Championship memiliki dua kategori yaitu, pro 1 & pro 2 (National Championship) dan Novice (Supporting Category). Menurut Daswar Marpaung, Project Director IIMS 2023, pameran IIMS dan kompetisi drift akan menjadi perpaduan yang pas untuk dinikmati pecinta otomotif di akhir pekan.

Adapun untuk Satmori & Sunmori, adalah kegiatan riding motor hari Sabtu dan Minggu pagi oleh puluhan peserta komunitas dari sebuah kafe di bilangan Jakarta Selatan menuju area outdoor Gedung Pusat Niaga, JIExpo Kemayoran Jakarta.

Merceday Benz 2023 turut memeriahkan ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 yang diselenggarakan pada 16-26 Februari 2023 di JIExpo, Kemayoran. Pada ajang IIMS 2023, Merceday Benz menggelar berbagai acara seperti konvoi kendaraan Mercedes Benz dengan menampilkan sekitar 30 mobil Mercy berbagai seri.

Selain rangkaian acara, di booth Merceday Benz tersebut akan ada penjualan barang-barang merchandise Merceday Benz 2023, dimana setiap pengunjung IIMS 2023 yang membeli merchandise Merceday benz minimal Rp 250 ribu memiliki kesempatan untuk mengikuti undian dengan hadiah 1 unit mobil Mercedes Benz W210.

Merceday Benz 2023 adalah ajang berkumpul komunitas Mercedes Club terbesar se-Asia Tenggara karena melibatkan komunitas Mercedes Club di dalam negeri tetapi juga mancanegara. Diketahui bahwa perhelatan ke-5 kalinya ini mengusung tema “Driving Legacy, Making History”.

Komunitas Push Bike Jakarta tak absen dalam perhelatan IIMS 2023. Komunitas ini menjadi wadah untuk ajang perlombaan Push Bike Race khusus untuk pembalap cilik atau anak-anak. Menariknya, Push Bike Race pada IIMS 2023 ini diikuti lebih dari 250 peserta anak-anak dari berbagai wilayah di Jakarta dan sekitarnya. Kelincahan kaki untuk mengayun dan mendorong sepeda tanpa pedal yang dikendarai, serta ketepatan dan kecepatan di tempat yang aman serta dalam pengawasan penuh, menjadi magnet khusus bagi keluarga untuk mengunjungi IIMS 2023 hari kesepuluh (25/2). Ratusan peserta Push Bike Race berusia minimal 3  tahun sampai 7 tahun, dan dibekali dengan helm untuk keselamatan dalam perlombaan. Acara diadakan di Hall C indoor area JIExpo Kemayoran.

Ari Lasso ex Vokalis Grup Band Legendaris Dewa 19 Amunisi IIMS Infinite Live Dobrak Pengunjung Hari Kesepuluh

Mantan vokalis grup musik band legendaris tanah air Dewa 19, Ari Lasso siap mendobrak panggung IIMS Infinite Live hari kesepuluh. Bertepatan dengan akhir pekan, kehadiran penyanyi legendaris Ari Lasso yang terkenal dengan lagu “Cinta Terakhir” mampu mengundang ribuan pengunjung tak terbatas usia untuk meramaikan panggung IIMS Infinite Live di area outdoor JIExpo Kemayoran. Alunan suara yang merdu serta aksi panggung yang memukau khas Ari Lasso terbukti memanjakan pengunjung. Melalui panggung hari ini (25/2) Ari Lasso membawakan beberapa lagu andalannya, “Mengejar Matahari”, “Hampa” “Cinta Terakhir”, dan seterusnya.

Penyelenggaraan IIMS sendiri masih digelar hingga 26 Februari 2023 mulai dari pukul 10.00 hingga 21.00 WIB di JIExpo Kemayoran. Sedangkan panggung IIMS Infinite Live besok (26/2) akan ditutup oleh penampilan Dewa19 x Virzha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *