Energi Terbarukan, Sumber Energi Masa Depan

PLTS & PLTB, IDN Times
  • Energi terbarukan sebagai sumber energi berkelanjutan
  • Peningkatan kebutuhan energi di masa depan
  • Energi terbarukan sebagai energi alternatif yang ramah lingkungan

Energi merupakan suatu hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Energi diperlukan untuk mewujudkan ketahanan energi bagi suatu negara.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No 79 Tahun 2014 tentang Kebijakan Energi Nasional, dinyatakan jika Ketahanan Energi adalah suatu kondisi terjaminnya ketersediaan energi dan akses masyarakat terhadap energi pada harga yang terjangkau dalam jangka panjang dengan tetap memperhatikan perlindungan terhadap lingkungan.

Energi terbagi menjadi tiga jenis, pertama energi tak terbarukan, kedua energi baru, dan ketiga adalah energi terbarukan. Dari ketiga jenis energi tersebut yang bersifat berkelanjutan adalah energi terbarukan. Hal ini karena sumber dari energi terbarukan sumber nya tak terbatas apabila dikelola dengan baik.

Sumber dari energi terbarukan diantara lain adalah seperti matahari, air, angin, dan termasuk panas bumi.

Baca Juga :



Kebutuhan akan energi terus meningkat, khususnya di Indonesia kebutuhan akan energi terus meningkat yang diikuti dengan penambahan populasi, perubahan gaya hidup dan termasuk pertumbuhan ekonomi.

Melihat hal tersebut diperlukan suatu transisi energi dari energi tak terbarukan yang nantinya akan habis jumlahnya kepada energi terbarukan yang sifatnya berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Dikutip melalui nasional.tempo, dinyatakan oleh Menteri ESDM, Arifin Tasrif, dalam menyikapi kebutuhan energi yang terus meningkat jumlah nya maka tidak dapat terus mengandalkan energi konvensional, namun melalui pemanfaatan EBT seperi matahari, angin, bio energi ataupun gelombang laut nantinya dapat menjawab tantangan dari kebutuhan energi di masa depan.

Baca Juga :



Pemanfaatan energi terbarukan juga diperlukan untuk dilakukannya transisi energi ke arah energi bersih, dimana selama ini sumber energi utama yang digunakan adalah energi fosil yang selain akan habis cadangan nya juga merusak lingkungan alam khusus nya permasalahan polusi udara.

Melalui pemanfaatan energi terbarukan tersebut selain berpartisiapi dalam program Net Zero Emission yang sedang digaungkan oleh berbagai negara, juga dapat menciptakan ketahanan energi bagi dalam negeri.

Referensi :

(1) Energi Baru Terbarukan Sebagai Solusi Energi Masa Depan

(2) Apa Itu Energi dan Manfaatnya bagi Kehidupan Manusia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *