10 Selebritis Tanah Air Ini Merupakan Aktivis Lingkungan

Ilustrasi Celebrity. Photo: iStockphoto
  • Tidak hanya aktif di dunia entertainment, mereka juga aktif sebagai aktivis lingkungan.
  • Selain menjadi aktivis lingkungan, mereka juga aktif menyuarakan suaranya untuk melindungi hewan-hewan yang dilindungi.
  • Beberapa aksi dari mereka patut ditiru untuk melindungi bumi.

Menjadi seorang publik figur maupun selebriti Tanah Air identik dengan gaya hidup yang glamorous dan selalu sibuk karena jadwal padat yang berbeda-beda. Meski demikian, tidak sedikit dari mereka tertarik terhadap isu-isu yang sedang terjadi. Salah satunya isu tentang kelestarian lingkungan. Bahkan, beberapa selebriti ini memilih untuk menjadi seorang aktivis lingkungan.

Belakangan ini sering terjadi fenomena perubahan iklim dan kondisi bumi yang semakin memburuk. Alasan ini yang menggerakkan hati para selebriti untuk semakin sadar akan alam dengan mendedikasikan waktunya untuk menjadi aktivis lingkungan sebagai bentuk kecintaan dan kepeduliannya terhadap lingkungan. Tak hanya menjaga lingkungan semata, para selebriti ini juga turut terjun mengkampanyekan gerakan melindungi hewan langka dari kepunahan. 

Ada yang menjadi aktivis karena hobi, memang ditunjuk sebagai duta, atau memang membentuk sebuah komunitas untuk membantu lingkungan. Nah, siapa saja mereka? Berikut deretan selebriti yang dikenal sebagai aktivis lingkungan.

1. Raline Shah

Ilustrasi Raline Shah. Photo: Brilio.net

Perempuan kelahiran 4 Maret 1985 ini sudah lama dikenal sebagai selebriti yang juga sekaligus menjadi aktivis lingkungan. Finalis Puteri Indonesia 2008 ini turut andil dalam penggalangan dana peduli hutan dan satwa liar. Tak hanya itu saja, ia terjun langsung untuk memunguti sampah yang terdapat di pantai Sanur, Bali.

Gerakan tersebut dilakukannya sebagai wujud kecintaan Raline dalam menjaga ekosistem lingkungan.Tak lupa ia pun mengajak para masyarakat agar selalu peduli dengan lingkungan sekitar.

2. Manohara Odelia Pinot

Ilustrasi Manohara Odelia Pinot. Photo: instagram/manodelia

Nama Manohara Odelia Pinot tentu sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Tanah Air. Memutuskan untuk hengkang dari dunia hiburan sejak tahun 2013, menjadikan Manohara lebih aktif dalam pelestarian alam dan kehidupan binatang. Bahkan, Manohara sempat mencoba terjun dunia politik pada Pemilu 2019 agar dapat membenahi persoalan lingkungan.

Meski cita-citanya tak terwujud, ia tetap aktif sebagai aktivis lingkungan dan peduli hewan langka. Ia pun turut terlibat dalam aksi membersihkan pantai di wilayah Kepulauan Seribu, Jakata. Pada kegiatan tersebut, Manohara banyak menemukan produk-produk plastik sekali pakai yang dibuang sembarangan oleh beberapa orang.

Baca Juga:



3. Nadine Chandrawinata

Ilustrasi Nadine Chandrawinata. Photo: Womanblitz

Selebriti sekaligus mantan Puteri Indonesia 2005, Nadine Chandrawinata dikenal sangat peduli terhadap lingkungan. Kecintaannya terhadap lingkungan menjadikannya sebagai founder sekaligus eksekutif direktur sebuah organisasi non-pemerintahan yang bernama SeaSoldier Foundation yang bergerak di bidang kelestarian lingkungan.

Nadine juga pernah dinobatkan sebagai Duta Gajah Sumatra (2009), Duta Hak Asasi Manusia bidang Lingkungan (2015), dan Duta Wisata Bahari (2007). 

4. Tulus

Ilustrasi Tulus. Photo: Grid.ID

Salah satu bukti kepeduliannya terhadap lingkungan, Tulus berkolaborasi dengan @sejauh_mata_memandang membuat produk yang sebagian keuntungannya akan dialokasikan untuk berkontribusi dalam program reboisasi hutan di Kawasan Leuser, Aceh.

Tak hanya itu, penyanyi kelahiran 20 Agustus 1980 ini juga mendirikan sebuah gerakan bernama “Teman Gajah” serta menggalang dana untuk membantu kelangsungan hidup gajah-gajah sumatra. Ia juga mengaku mengubah gaya hidupnya seperti menggunakan kantong ramah lingkungan dan membuat lahan terbuka hijau di area rumahnya, serta turut menyuarakannya melalui sebuah lagu ciptaan sendiri.

5. Hamish Daud

Ilustrasi Hamish Daud. Photo: NewsTempo

Suami solois ternama Raisa Andriana, yakni Hamish Daud menjadi salah satu publik figur yang juga cukup aktif membagikan kepeduliannya terhadap lingkungan. Saking cintanya terhadap laut, pria yang menetap di Bali bersama keluarga kecilnya ini mendirikan sebuah yayasan peduli laut, dikenal dengan nama Indonesian Ocean Pride. Selain itu, ia juga tergabung dalam aktivis penyelamatan hiu yakni #SaveShark dan terlibat dalam program yang dibuat Wanita Selam Indonesia (WASI).

Ia juga sangat gencar untuk mengkampanyekan masalah sampah plastik terutama di pesisir laut dan mengajak masyarakat untuk memprioritaskan masalah sampah plastik di tengah keadaan krisis seperti saat ini. Dengan mengakampanyekan masalah sampah plastik, Hamish Daud juga mendirikan Octopus. Octopus merupakan aplikasi untuk mengelola sampah yang mana sampah yang dikumpulkan bisa ditukarkan menjadi poin yang bisa dibelanjakan.

6. Agni Pratistha

Ilustrasi Agni Pratistha. Photo: Kumparan

Agni Pratistha yang sudah 5 tahun menerapkan gaya hidup ramah lingkungan atau green living lifestyle. Banyak hal yang membuat Agni aktif menjadi aktivis peduli lingkungan, salah satunya karena keresahannya terhadap sampah plastik yang kian banyak dan susah untuk didaur ulang. Oleh karenanya, mantan Puteri Indonesia 2007 ini mengajak masyarakat untuk selalu membawa tempat botol, sedotan stainless steel, dan tas belanjaan sendiri dari rumah.

Hal ini pun selalu diterapkannya dan memperlihatkan gaya hidupnya di instagram agar bisa menjadi motivasi masyarakat untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih ramah lingkungan. Tak hanya itu, ia juga membiasakan keluarganya memanfaatkan sesuatu untuk didaur ulang seperti mengganti kapas dan tisu dengan kain.

Baca Juga:



7. Pevita Pearce

Ilustrasi Pevita Pearce. Photo: Tribunnews

Gadis kelahiran tahun 1992 ini merupakan salah satu selebriti yang turut mengampanyekan gerakan cinta lingkungan. Pevita pernah dinobatkan sebagai duta global untuk Earth Hour, sebuah gerakan yang mendukung kepedulian lingkungan. Lepas dari gelarnya sebagai duta global Earth Hour, salah satu bentuk kepeduliannya terhadap lingkungan adalah dengan tidak lagi menggunakan air conditioner (AC) di kamarnya.

8. Nadya Hutagalung

Ilustrasi Nadya Hutagalung. Photo: Mongabay

Namanya terdaftar sebagai anggota UN Environment Goodwill Ambassador, yakni seorang aktivis yang akan menyuarakan dan menghimbau masyarakat untuk peduli dan melindungi satwa liar, terutama yang terancam punah. Ia pun turut mengedukasi langsung ke masyarakat di Sumatera Utara mengenai adanya spesies orangutan baru di sana.

Salah satu bentuk kepeduliannya yang lain ialah dengan membangun rumah ramah lingkungan pertama di Singapura. Rumah ini terbuat dari material alami. Di samping itu, ia juga membangun Green Kampong, semacam sekolah alam di Bali, yang ia jadikan sebagai pusat informasi bagi siapa pun yang membutuhkan kabar soal hidup ramah lingkungan.

Berdasarkan kutipan CNN Indonesia, Nadya Hutagalung sempat meraih penghargaan Sekolah Terhijau di Bumi, yang dianugerahkan oleh US Green Building Council. Nadya juga pernah ditunjuk sebagai Duta Global Earth Hour dan WWF Elephant Warrior karena kepeduliannya terhadap lingkungan yang sangat tinggi. Hingga saat ini pun Nadya masih aktif berkeliling ke pusat konservasi hewan di berbagai negara.

9. Agustinus Gusti Nugroho (Nugie)

Ilustrasi Nugie. Photo: Antarafoto

Kecintaan Nugie akan kelestarian lingkungan, membawanya menjadi seorang aktivis sejak 1988. Kepedulian terhadap lingkungan ini, sudah dipupuknya sejak kecil. Kala itu, mendiang ayahnya selalu membiasakan Nugie melakukan hal-hal kecil seperti membuang sampah pada tempatnya. Kebiasaan tersebut membawanya untuk tetap menjalankan gaya hidup yang ramah lingkungan.

Selebriti yang gemar olahraga ini pun kini sudah mengurangi penggunaan plastik. Kecintaannya pada lingkungan juga mengantarkan Nugie sebagai Duta WWF untuk Penyelamatan Hiu dan Ekosistem Laut.

10. Nicholas Saputra

Ilustrasi Nicholas Saputra. Photo: Forest Digest

Aktor yang sangat aktif di dunia perfilman Indonesia ini juga senang melakukan kegiatan yang berhubungan dengan pemeliharaan lingkungan hidup. Ia sering menjadi relawan atau ikut terlibat dalam kegiatan konservasi. Kegiatannya itupun kerap kali dibagikan di sosial medianya. Dan kini ia tergabung sebagai aktivis konservasi gajah di wilayah konservasi Tangkahan.

Selain itu, Nicholas Saputra juga memproduseri film Semesta. Film ini mengisahkan 7 orang yang tergerak untuk membuat perubahan bagi lingkungan.

Makin tahu Indonesia kaya akan sumber energi terbarukan dan lingkungan bersama zonaebt.com

Referensi:

[1] Artis yang jadi Aktivis Lingkungan

[2] Nadya Hutagalung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *