PLTA Raksasa di Jawa Barat Ini Resmi Dibangun

Ilustrasi PLTA Upper Cisokan
  • PLTA Upper Cisokan resmi dibangun
  • PLTA Upper Cisokan terletak di Kabupaten Bandung dan Cianjur
  • PLTA Upper Cisokan memiliki kapasitas total 1040 MW

PLTA Upper Cisokan Pumped Storaged (UCPS) resmi dibangun dan sedang dalam tahap kontruksi. PT PLN (Persero) menghabiskan dana sebesar 8 triliun rupiah dan menargetkan PLTA Upper Cisokan Pumped Storaged (UCPS) ini akan comission on date (COD)pada tahun 2026.

Dengan beroperasinya PLTA Upper Cisokan Pumped Storaged (UCPS) diharapkan akan berkontribusi besar dalam target pemerintah Indonesia untuk mencapai net zero emission(NZE) pada tahun 2060.

BACA JUGA



PLTA dengan jenis pumped storage ini jadi yang pertama di Indonesia yang menggunakan jenis pumped storaged, yang umumnya PLTA yang ada di Indonesia ini menggunakan dam seperti PLTA Saguling dan PLTA Cirata atau dengan memanfaatkan aliran sungai atau run of river seperti PLTA Poso dan PLTA Malea.

PLTA Upper Cisokan Pumped Storaged ini berlokasi di Kabupaten Bandung dan Cianjur ini berkapasitas total 1040 MW dengan empat unit terpasang dengan masing – masing unit memiliki kapasitas 260 MW dan akan menjadi PLTA dengan kapasitas terbesar di Indonesia mengalahkan PLTA Cirata yang memiliki kapasitas total terpasang sebesar 1008 MW yang terdiri atas delapan unit yang masing – masing berkapasitas 128 MW.

PLTA Upper Cisokan Pumped Storaged memiliki upper reservoir dan lower reservoir yang mana ketika permintaan energi sedang tinggi maka air pada upper reservoir akan mengirimkan air ke power house untuk digunakan untuk membangkitkan energi listrik, sedangkan ketika permintaan energi listrik sedang rendah maka air dipompakan dari lower reservoir ke upper reservoir.

PLTA pumped storage, TC Energy

PLTA Upper Cisokan Pumped Storaged yang terdiri atas 4 unit yang masing – masing 240 MW ini dengan head sebesar 276 m ini akan menggunakan jenis turbin francis, turbin francis adalah turbin yang cocok digunakan pada pembangkit listrik yang memiliki head yang berkisar antara 40 – 600 m, contohnya pada PLTA Saguling yang memiliki head sebesar 355 m menggunakan 4 unit turbin francis.

BACA JUGA



Turbin francis ini digunakan untuk mengonversi energi kinetik dari air yang digunakan untuk menggerakkan turbin francis dan kemudian menghasilkan energi gerak dari turbin yang digunakan menggerakkan generator yeng terkopel dengan turbin sehingga generator tersebut mengonversi energi gerak dari turbin untuk membangkitkan energi listrik.

Referensi

[1] Upper Cisokan Pumped Storage Power Plant

[2] PLN Mulai Bangun PLTA Cisokan merupakan PLTA pertama di Indonesia dengan teknologi pump storage.

[3] INVESTASI RP 8 TRILIUN, PLTA UPPER CISOKAN MULAI DIBANGUN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *