Dukungan Pemerintah Dalam Pemanfaatan Sampah Sebagai Sumber Energi Bersih

Ilustrasi, pemanfaatan sampah sebagai sumber energi, Sekretariat Kabinet
  • Sampah dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi bersih
  • Dukungan pemerintah dalam pengelolaan sampah
  • Besarnya potensi sampah sebagai sumber energi

Sampah merupakan suatu permasalahan yang sangat umum yang terjadi pada setiap masyarakat global. Sampah merupakan material residu dari aktivitas yang dibuang sebagai hasil dari proses produksi, baik itu yang dilakukan pada rumah tangga ataupun pada suatu industri skala besar.

Sampah walaupun dikatakan sebagai suatu sisa pembuangan dari aktivitas manusia namun tidak bisa dipandang sebelah mata, banyak sekali potensi yang dapat dimanfaatkan dari sampah ini.

Sampah apabila dapat dikelola dengan baik maka dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, beberapa diantaranya adalah sebagai sumber dari suatu energi, sumber pemasukan bagi perekonomian rakyat kecil, menghemat penggunaan sumber daya alam (dengan melakukan daur ulang), dan mengurangi polusi.

Baca Juga :



Salah satu manfaat dari sampah adalah sebagai sumber energi bersih, pemanfaatan sampah sebagai salah satu sumber energi alternatif dapat dilakukan melalui penggunaan teknologi tertentu. Terdapat beberapa tekonologi yang dapat dimanfaatkan dalam melakukan pengolahan sampah yang selanjutnya dapat dimanfaatkan menjadi gas, pelet dan biofuel.

Dukungan pemerintah dalam pengelolaan sampah sebagai sumber energi bersih sangat penting keberadaanya. Terdapat beberapa dukungan dari pemerintah dalam melakukan pengelolaan sampah sebagai sumber energi bersih.

Pertama adalah pemberian insentif, kompensasi, serta dukungan infrastruktur fisik dan penyederhanaan dalam perizinan.

Kedua, adanya kerjasama dengan lembaga baik itu internasional atau dalam negeri untuk mendukung proyek Pembangkut Listrik Tenaga Sampah (PLTSa)

Baca Juga :



Ketiga adalah, memberikan bantuan biaya layanan pengolahan sampah bagi proyek yang masuk dalam program percepatan pembangunan PLTSa.

Terakhir adalah menyusun buku panduan bagi calon investor atau pengembang.

Sampah memiliki beragam manfaat bagi dalam negeri maka dari itu dibutuhkan dukungan dari berbagai elemen yang ada baik itu masyarakat, pemerintah, dan termasuk pihak swasta dalam peningkatan penggunaan sampah sebagai sumber energi alternatif.

Referensi :

(1) Apa itu Sampah?

(2) 5 Manfaat Pengolahan Sampah yang Baik

(3) Pentingnya Pemanfaatan Sampah Sebagai Sumber Energi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 Comment