Dua PLTA Raksasa di Sulawesi Telah Diresmikan Presiden

Dua PLTA Raksasa di Sulawesi Telah Diresmikan Presiden zonaebt.com
Dua PLTA Raksasa di sulawesi telah diresmikan presiden
  • Presiden Jokowi meresmikan PLTA Poso dan Malea
  • PLTA Poso terletak di Sulawesi Tengah
  • PLTA Malea terletak di Sulawesi Selatan

Presiden Joko Widodo pada tanggal 25 Februari 2022 telah meresmikan dua pembangkit listrik tenaga air yaitu PLTA poso dan Malea di Kabupaten Tana Toraja di Sulawesi Selatan. PLTA poso yang berkapasitas 515 MW terletak di Poso, Sulawesi Tengah. Sedangkan PLTA Malea yang berkapasitas 90 MW terletak di Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

“Pagi hari ini saya sangat senang sekali karena kita semuanya akan meresmikan sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang itu adalah berarti energi hijau, berarti adalah EBT (energi baru terbarukan),” Ujar Jokowi ketika membuka sambutannya, Jumat (25/2/2022)

Baca Juga :



Pembangunan kedua PLTA ini diharapkan dapat mempercepat target bauran energi baru terbarukan sebanyak 23 persen pada tahun 2025 dan Net Zero Emission pada tahun 2060 sebagaimana yang ditargetkan oleh Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE). Dalam sambutannya, jokowi pun menekankan agar Indonesia bisa menggeser penggunaan batu bara kepada energi hijau.

“Semuanya ada di negara kita. Hanya bagaimana kita bisa menggeser dari yang coal/batu bara ini kepada energi hijau ini juga bukan pekerjaan yang mudah karena sudah terlanjur banyak sekali PLTU-PLTU kita.” Ujar Jokowi

Kedua PLTA ini adalah milik produsen listrik swasta (Independent Power Producer) yakni kalla group, badan usaha milik mantan wakil presiden Indonesia jusuf kalla. PLTA poso dikelola oleh anak perusahaan Kalla Group yaitu PT.Poso Energi sedangkan PLTA malea dikelola oleh PT. Malea Energy , anak dari perusahaan PT. Bukaka teknik utama yang juga bagian dari Kalla Group.

Baca Juga :



Pembangunan PLTA poso menyerap 2000 tenaga kerja dan 80 persennya adalah pekerja yang berasal dari warga lokal. Biaya pembangunan untuk membangun PLTA Poso dan Malea yang berkapasitas total 605 MW ini sekitar USD 1,2 miliar atau Rp 17 triliun rupiah.

Dua PLTA Raksasa di Sulawesi Telah Diresmikan Presiden zonaebt.com
Dua PLTA Raksasa di Sulawesi Telah Diresmikan Presiden zonaebt.com

PLTA poso dan malea adalah PLTA berjenis Run Of River, yakni PLTA yang memanfaatkan aliran sungai untuk memutar turbin tanpa harus menampungnya terlebih dahulu di dalam dam. Kedua PLTA ini akan menyuplai kebutuhan listrik untuk wilayah Sulawesi Tengah, Selatan, Barat dan Utara

Referensi :

[1] Presiden Jokowi Resmikan PLTA Poso Energy dan PLTA Malea Energy di Sulawesi

[2] Diresmikan Presiden Jokowi, Ini Profil PLTA Poso Pembangkit EBT Terbesar di Indonesia Timur

[3] Berkapasitas 515 MW, PLTA Poso Terbesar di Indonesia Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *