PLN Serahkan Sertifikat Energi Baru Terbarukan Untuk Istana Kepresidenan

  • PLN telah menyerahkan sertifikat energi baru terbarukan atau bisa disebut Renewable Energy Certificate (REC) untuk mendukung penggunaan listrik ramah lingkungan di lingkungan 5 Istana Kepresidenan
  • Hal ini merupakan bukti nyata bahwa PLN dan Sekretariat Presiden telah mewujudkan transisi energi menuju energi bersih
  • Selain itu, PLN juga turut memberikan dukungan berupa kendaraan listrik untuk kegiatan operasional Istana Kepresidenan

Pada tanggal 6 September 2022 lalu, PLN telah menyerahkan sertifikat energi baru terbarukan atau bisa disebut Renewable Energy Certificate (REC) untuk mendukung penggunaan listrik ramah lingkungan di lingkungan 5 Istana Kepresidenan, yaitu Istana Merdeka Jakarta, Bogor, Yogyakarta, Cipanas, dan Tampaksiring.

Hal ini merupakan bukti nyata bahwa PLN dan Sekretariat Presiden telah mewujudkan transisi energi menuju energi bersih. Hal ini juga merupakan salah satu bentuk wujud dari komitmen pemerintah dalam mencapai target Net Zero Emission di tahun 2060.

Baca Juga:



Sumber energi bersih ini berawal dari PLTP Kamojang dengan kapasitas pembangkit 140 MW. Saat ini PLN telah memiliki sumber energi bersih dengan total produksi listrik mencapai 2,5 juta MWh per tahunnya. Sedangkan kerja sama REC dengan Istana Kepresidenan berkapasitas 12.800-an MWh per tahun.

Darmawan selaku Dirut PLN berharap kerja sama ini dapat dijadikan contoh untuk seluruh lembaga pemerintahan di Indonesia agar bisa lebih memanfaatkan listrik yang bersumber dari energi baru terbarukan.

Baca Juga:



“Kesuksesan transisi energi bukan hanya ditentukan PLN saja. Tetapi dukungan oleh seluruh kekuatan dalam negeri, termasuk yang sudah didorong oleh Pak Kasetpres di sini melalui pemanfaatan produk kelistrikan berbasis EBT.” ungkap Darmawan.

Selain itu, PLN juga turut memberikan dukungan berupa kendaraan listrik untuk kegiatan operasional Istana Kepresidenan. Kendaraan listrik ini terdiri dari 11 unit motor listrik dan 9 unit motor pickup listrik.

Diharapkan dengan pengaplikasian ini Istana Negara mampu memberikan contoh pada masyarakat luas akan penggunaan energi yang lebih bersih.

Referensi:

[1] Dukung Transisi Energi Bersih, PLN Serahkan Sertifikat Energi Terbarukan untuk 5 Istana Kepresidenan

[2] PLN serahkan sertifikat energi terbarukan untuk 5 Istana Kepresidenan

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.