Wow!! Panel Surya Raksasa yang Fleksibel digunakan Modul Laboratorium Luar Angkasa China

  • Panel surya yang akan dipasang pada Tianhe, Wentian, dan modul Mengtian yang akan diluncurkan pada Oktober tahun ini.
  • Untuk meluncurkan sebuah modul dengan sayap surya yang begitu lebar sehingga dapat mengganggu penambatan melalui osilasi secara mandiri, para insinyur China menggunakan solusi pembukaan dua kali.
  • Panel surya di Wentian dilengkapi dengan sel surya berbasis galium arsenida triple-junction fleksibel dan dapat memasok daya untuk rata-rata keluarga selama sekitar satu setengah bulan.

Panel surya yang akan dipasang pada Tianhe, Wentian, dan modul Mengtian yang akan diluncurkan pada Oktober tahun ini diproduksi oleh laboratorium luar angkasa China dengan menggunakan teknologi panel surya fleksibel generasi ketiga.

Modul Wentian, sebuah struktur sebesar gerbong kereta bawah tanah Beijing, diluncurkan ke luar angkasa dan melakukan penambatan (docking) dengan kombinasi stasiun luar angkasa kabin tunngal aktif terberat yang pernah ada di orbit.

Wentian memiliki lebar sayap surya lebih dari 55 meter. Satu sayap dapat merentang hingga sekitar 110 meter persegi, membuat total area yang diperluas dua kali lebih besar dari modul inti Tianhe, tempat Wentian ditambatkan.

Baca juga :



Untuk meluncurkan sebuah modul dengan sayap surya yang begitu lebar sehingga dapat mengganggu penambatan melalui osilasi secara mandiri, para insinyur China menggunakan solusi pembukaan dua kali.

Panel surya yang dipasang pada Tianhe, Wentian, dan modul Mengtian yang akan diluncurkan pada Oktober tahun ini diproduksi dengan menggunakan teknologi panel surya fleksibel generasi ketiga, menurut CMSA.

Panel surya di Wentian dilengkapi dengan sel surya berbasis galium arsenida triple-junction fleksibel dan dapat memasok daya untuk rata-rata keluarga selama sekitar satu setengah bulan, menjadikannya sekitar dua kali lebih kuat dibandingkan modul inti.

Baca juga :



Tim peneliti membutuhkan waktu lebih dari tiga tahun untuk menyelesaikan 88.000 tes siklus suhu tinggi dan rendah guna memastikan sayap surya tersebut dapat mendukung stasiun luar angkasa di orbit selama 15 tahun.

Para insinyur juga merancang unit bantalan poros ganda seperti pergelangan tangan untuk bantu memutar dua sayap sepanjang 27 meter di Wentian hingga 360 derajat agar posisinya dapat menghadap sinar matahari dan tidak terhalang.

Referensi :

[1] Modul laboratorium luar angkasa China gunakan panel surya raksasa yang fleksibel

[2] Modul laboratorium luar angkasa China gunakan panel surya raksasa

[3] Modul laboratorium luar angkasa China gunakan panel surya raksasa

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.