Bus Listrik Merah Putih, Bus Listrik Hasil Kerja Sama PT VKTR dan PT INKA

  • PT VKTR Teknologi Mobilitas (VKTR) anak perusahaan dari PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) bersama PT Industri Kereta Api (Persero) telah membuat kendaraan listrik di Indonesia
  • Kerja sama ini bertujuan untuk pembuatan dan pengembangan komponen untuk berbagai produk otomotif kendaraan listrik lokal
  • Sampai saat ini PT INKA sudah berhasil memproduksi hingga 150 unit bus listrik

PT VKTR Teknologi Mobilitas (VKTR) anak perusahaan dari PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) bersama PT Industri Kereta Api (Persero) telah membuat kendaraan listrik di Indonesia.

Hal ini didasari kesamaan platform serta tujuan dari PT INKA dan VKTR dalam berupaya menjadi pelopor ekosistem industri kendaraan listrik di Indonesia.

Baca Juga:



“Kami ini punya rencana pengembangan industri yang saya yakin bisa saling membantu dan melengkapi. Kan, masing-masing jadi tidak perlu mengupayakan semuanya sendiri-sendiri. Kita kolaborasikan kapasitas dan kemampuan yang ada,” ungkap Budi Novianto selaku Dirut PT INKA.

Gilarsi W. Setijono, Dirut VKTR, mengatakan bahwa kerja sama ini bertujuan untuk pembuatan dan pengembangan komponen untuk berbagai produk otomotif kendaraan listrik lokal. PT INKA sendiri nantinya akan memproduksi unit bus serta menyediakan fasilitas produksi dan tenaga ahlinya.

Baca Juga:



“PT INKA jelas memiliki pengalaman manufaktur yang panjang dan mumpuni. Kami sendiri memiliki kapasitas yang kuat dalam industri komponen otomotif dan technical know-how dari mitra global kami selaku pembuat komponen kendaraan listrik. Semua ini tentu dapat kami arahkan bersama untuk dapat mendukung pengembangan teknologi kendaraan listrik di Indonesia,” ungkap Gilarsi.

Sampai saat ini PT INKA sudah berhasil memproduksi hingga 150 unit bus listrik. Bus listrik yang memiliki julukan Bus Listrik Merah Putih ini akan digunakan untuk KTT G20 pada bulan November 2022 di Bali.

Referensi:

[1] INKA Gandeng Grup Bakrie Garap Industri Kendaraan Listrik

[2] Pasca Ketemu Elon Musk, Bakrie & INKA Bikin Mobil Listrik

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.