PLTA di China Timur Menjamin Pasokan Listrik selama Periode Musim Panas

  • PLTA ini mulai beroperasi penuh pada 30 Juni 2022. Ini merupakan PLTA pumped-storage terbesar di China timur, dengan total kapasitas 2,1 juta kilowatt.
  • PLTA ini berkontribusi secara efektif terhadap pasokan listrik dan energi jaringan listrik Zhejiang periode puncak pada musim panas.
  • Selama proses konstruksi dan pengoperasian PLTA Changlongshan, Three Gorges Corporation secara aktif mempraktikkan konsep ini, selalu setia pada desain ramah lingkungan, konstruksi ramah lingkungan, dan manajemen ramah lingkungan, berupaya keras menyeimbangkan pembangunan dan perlindungan, serta berkontribusi terhadap target reduksi karbon.

“Saat ini kita berada di Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) pumped-storage Changlongshan di Anji, Provinsi Zhejiang, China timur. PLTA ini mulai beroperasi penuh pada 30 Juni 2022. Ini merupakan PLTA pumped-storage terbesar di China timur, dengan total kapasitas 2,1 juta kilowatt. Ini menjadi bulan pertama PLTA tersebut beroperasi penuh, yang juga merupakan periode penting bagi Jaringan Listrik Zhejiang untuk memenuhi kebutuhan selama periode puncak pada musim panas. Apakah PLTA Changlongshan bekerja dengan baik? Mari kita lihat.” Ujar Lin Guangyao, koresponden Xinhua.

“PLTA pumped-storage ini seperti bank daya raksasa. PLTA ini memompa air dari waduk bagian bawah ke waduk bagian atas untuk menyimpan energi saat konsumsi listrik sosial rendah, dan melepaskan air untuk menghasilkan listrik saat puncak konsumsi. Pada Juli, energi listrik kumulatif yang dihasilkan PLTA Changlongshan mencapai 229 juta kWh. Kapasitas peak shaving dan valley filling mencapai 4.200 MW. PLTA ini berkontribusi secara efektif terhadap pasokan listrik dan energi jaringan listrik Zhejiang periode puncak pada musim panas.” Ujar Xu Jie, Wakil Manajer Umum Zhejiang Changlongshan .

Baca juga :



Total enam unit pumped-storage dengan kapasitas 350.000 kW telah dipasang di PLTA Changlongshan, yang dapat menghasilkan 2,435 miliar kWh listrik setiap tahunnya, memangkas konsumsi batu bara sekitar 210.000 ton, dan mengurangi emisi karbon dioksida sekitar 420.000 ton.

“Selama proses konstruksi dan pengoperasian PLTA Changlongshan, Three Gorges Corporation secara aktif mempraktikkan konsep ini, selalu setia pada desain ramah lingkungan, konstruksi ramah lingkungan, dan manajemen ramah lingkungan, berupaya keras menyeimbangkan pembangunan dan perlindungan, serta berkontribusi terhadap target reduksi karbon.” Ujar XU JIE, Wakil Manajer Umum Zhejiang Changlongshan.

Menurut para pejabat, China menargetkan untuk memiliki lebih dari 62 juta kW kapasitas pumped-storage pada 2025 mendatang.

Baca juga :



“Seiring gelombang panas melanda banyak negara di belahan bumi utara, hal itu tidak hanya menghadirkan berbagai tantangan dalam kehidupan sehari-hari, tetapi juga memberikan tekanan terhadap jaringan listrik. Saat ini saya berada di Kota Lu’an, Provinsi Anhui, China timur. Bangunan di belakang saya ini bukanlah pabrik biasa. Ini adalah stasiun pemanfaatan terintegrasi hidrogen skala megawatt pertama di China. Anda bisa menganggapnya sebagai bank daya raksasa, yang dapat meredam tekanan terhadap jaringan listrik selama musim panas.

Ini adalah sistem elektroliser membran penukar proton skala megawatt. Sistem ini dapat menghasilkan hidrogen dengan listrik dan air keran, serta menyimpannya untuk digunakan di lain waktu.”ujar He Xiyue, koresponden Xinhua.

Referensi :

[1] Pabrik hidrogen percontohan di China timur jamin pasokan listrik yang aman dan stabil

[2] PLTA di China timur jamin pasokan listrik selama periode puncak pada musim panas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *