Presiden Joko Widodo Meresmikan Pembangkit Listrik Bayu (PLTB) Pertama di Indonesia

  • Presiden Indonesia  pak Joko Widodo dijadwalkan meresmikan Pembangkit Listrik Bayu (PLTB) di Desa Lainungan, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan.
  • “PLTB Sidenreng Rappang (Sidrap) berkapasitas 75 megawatt resmi masuk ke sistem kelistrikan Sulawesi Bagian Selatan pada 4 April 2018. Rencananya diresmikan Presiden, Senin esok,” kata Direktur Human Capital Management PLN Muhamad Ali melalui siaran persnya diterima di Makassar, Minggu.
  • Dikutip dari data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), proyek strategis nasional tersebut menelan investasi sebesar US$150 juta.

Presiden Indonesia  pak Joko Widodo dijadwalkan meresmikan Pembangkit Listrik Bayu (PLTB) di Desa Lainungan, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan.

“PLTB Sidenreng Rappang (Sidrap) berkapasitas 75 megawatt resmi masuk ke sistem kelistrikan Sulawesi Bagian Selatan pada 4 April 2018. Rencananya diresmikan Presiden, Senin esok,” kata Direktur Human Capital Management PLN Muhamad Ali melalui siaran persnya diterima di Makassar, Minggu.

Dikutip dari data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), proyek strategis nasional tersebut menelan investasi sebesar US$150 juta. PLTB tersebut memiliki 30 turbin dengan masing-masing pelat berkapasitas 2,5 MW.

Baca juga :




Model turbin tersebut adalah Gamesa Eolica Corporation G114 2,5 MW WTG pada menara baja setinggi 80 meter. Turbin yang digunakan adalah turbin angin kelas IIA dengan panjang baling-baling 57 meter.

PLTB Sidrap ini merupakan PLTB pertama yang beroperasi di Indonesia. PLTB ini memiliki 30 kincir angin dengan tinggi tower 80 meter dan panjang baling-baling 57 meter, masing-masing menggerakkan turbin berkapasitas 2,5 MW, sehingga total kapasitas yang dihasilkan oleh 30 turbin adalah 75 MW.

Selain meresmikan PLTB Sidrap, pada saat yang sama, Presiden juga akan meresmikan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Punagaya 2×100 MW dan PLTU Jeneponto Ekspansi 2×135 MW. Peresmian dilakukan dengan menandatangani prasasti.


Sementara itu, untuk tarifnya US$11,3075 sen per kWh, yang ditetapkan melalui Surat Persetujuan Menteri ESDM Nomor 6577/20/MEM.L/2015 tanggal 9 September 2015.

Baca juga :



Kemudian, perjanjian jual beli tenaga listrik dilakukan pada 19 Agustus 2015 antara PT PLN dengan PT UPC Sidrap Bayu Energi.

Proyek yang sangat prestisius bagi PLN itu direncanakan menyerap tenaga kerja hingga 550 orang. Sebanyak 500 orang saat masa konstruksi dan 50 saat masa beroperasinya PLTB.

Referensi :

[1] Besok Jokowi Akan Resmikan Pembangkit Tenaga Angin

[2] Jokowi Akan Resmikan PLTB Pertama di Indonesia

[3] PLTB Sidrap yang Pertama di Indonesia Diresmikan Jokowi Hari Ini

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.