Anak Perusahaan Astra Group Tambah Aset Saham ARKO, Makin Yakin Tatap Proyek Masa Depan

Sumber: Unsplash.com/ Tejj
  • PT Energia Prima Nusantara menambah saham kepemilikan PT Arkora Hydro senilai Rp 176,5 miliar, sehingga kepemilikan Astra Group menjadi 31,49%.
  • Direktur Utama ARKO, Aldo Henry Artoko mengaku optimis bahwa kerja sama ini akan membantu mereka di masa depan.
  • ARKO berencana mengeluarkan dana mencapai Rp 250 miliar untuk sektor pembangkit listrik tenaga air di tahun ini.

Direktur utama PT Arkora Hydro, Aldo Henry Artoko telah mengonfirmasi perjanjian jual beli yang dilakukan PT Energia Prima Nusantara (EPN) sebagai pembeli dan ACEI Singapore sebagai penjual (8/8/2022). EPN yang merupakan anak usaha dari United Tractor telah melakukan transaksi pembelian senilai Rp 176,5 miliar. Dengan demikian, aset saham ARKO yang dimiliki Astra Group melalui anak perusahaannya, yakni PT United Tractors Tbk. telah bertambah menjadi 31,49%.

Baca Juga



Menurut Aldo, kerja sama ini sangatlah penting dan akan menguntungkan seluruh pihak. Pasalnya, ARKO dan Astra Group memiliki visi dan misi yang selaras untuk memajukan potensi energi baru terbarukan di Indonesia.

Saat ini ARKO tengah mengoperasikan pembangkit listrik ramah lingkungan sebesar 17,4 MW dan masih dalam proses untuk pembangunan pembangkit listrik tenaga air sebesar 15,4 MW.

Dengan adanya kerja sama ini, pihak ARKO cukup optimis bisa merealisasikan perkembangan energi baru dengan proyek berskala besar dengan kapasitas di atas 25 MW per proyeknya di masa mendatang, khususnya di sektor pembangkit listrik tenaga air yang recananya akan dikembangkan dalam 3-4 tahun kedepan.

Baca Juga



Ditambah lagi, mereka juga sudah mencanangkan  dana mencapai Rp 250 miliar untuk sektor tersebut. Hal ini tentunya sesuai sesuai dengan visi perusahaan untuk meningkatkan energi terbarukan di Indonesia, terutama sektor tenaga air.

Referensi:

  1. Anak Usaha Astra Tambah Saham Rp 176 M di Perusahaan Pembangkit Listrik
  2. Ekspansi EBT, Grup Astra Melalui UNTR Tambah Kepemilikian Saham ARKO
  3. Grup Astra berinvestasi di Arkora Hydro (IDX: ARKO)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *