Startup – Startup yang Ada di Indonesia Didorong Membangun Bisnis Berkelanjutan

  • Start up di Indonesia mulai meningkat saat pandemi Covid-19 mulai melanda.
  • Perusahaan-Perusahaan di Indonesia didorong untuk menjalankan bisnis berkelanjutan dengan memperhatikan kepentingan masyarakat dan lingkungan sekitar.
  • “Namun, bagi kami, yang paling utama setelah program ini, para founder memiliki kemampuan lebih dalam membangun bisnis yang tumbuh cepat dan berkelanjutan” ujar nya.

Start up di Indonesia mulai meningkat saat pandemi Covid-19 mulai melanda , bahkan saat ini saat keadaan tengah pemulihan pasca pandemi Covid-19 start up masih tetap bergeliat untuk mengembangkan bisnis.

Perusahaan-Perusahaan di Indonesia didorong untuk menjalankan bisnis berkelanjutan dengan memperhatikan kepentingan masyarakat dan lingkungan sekitar.

Salah satunya melalui kegiatan tanggung jawab sosial (corporate social responsibility/CSR). Sekretaris Utama Badan Standardisasi Nasional (BSN) Puji Winarni mengatakan, untuk menjalankan pembangunan berkelanjutan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan sangat penting. Salah satunya melalui pengembangan masyarakat (community involvement and development).

Baca juga :



PT Upturn Akselerasi Nusantara (Upturn), sebuah platform startup accelerator pun turut membantu mengembangkan ekosistem startup di Indonesia melalui Upturn Scale Program Batch 1.

“Sebanyak 14 perusahaan rintisan berbasis teknologi dari berbagai sektor telah mengikuti berbagai program yang bertujuan memacu pertumbuhan bisnis mereka yang dibantu oleh para mentor berkualitas dan akses network Upturn lainnya,” kata Partner at Upturn Ayunda Afifa dalam keterangannya, Sabtu (23/7/2022).

Beliau menyebutkan, rangkaian tersebut kemudian ditutup dengan kesempatan bertemu para investor dalam The Upturn Scale Program Batch 1 Virtual Demo Day (Demo Day).

Dalam Demo Day tersebut, para founders melakukan pitch pada puluhan rekan Venture Capitalist (VCs) Upturn, baik nasional dan regional, hingga kepada angel investor yang telah lama mendukung pertumbuhan industri teknologi dalam negeri.

Melalui demo day, diharapkan para startup bisa semakin matang dalam memformulasikan pitch decknya guna menarik minat para investor untuk mendukung kebutuhan dana pengembangan bisnis yang diperlukan.

Baca juga :



“Namun bagi kami, yang paling utama setelah program ini, para founder memiliki kemampuan lebih dalam membangun bisnis yang tumbuh cepat dan berkelanjutan,”ujarnya.

Adapun, 14 startup yang berhasil lolos dari Upturn Scale Program Batch 1 adalah Jaramba, Flash Campus, Broiler X, Wiseree, Cari Mobil, Bengkel Mania, Bintang Kecil, Goritax, Kibble, Psikologimu, Rakamin Academy, Sgara, Stellar X, hingga Belajar Lagi.

Referensi :

[1] Startup Indonesia Didorong Membangun Bisnis Berkelanjutan

[2] Perusahaan di Indonesia Didorong Jalankan Bisnis Berkelanjutan

[3] Startup Indonesia Didorong Membangun Bisnis Berkelanjutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *