[Press Release] Hari Kedua PEVS 2022: EV Track Zone & Program Talkshow bersama Ketua Komisi VII DPR RI Jadi Magnet Utama

DPR RI di PEVS 2022

Jakarta, 23 Juli 2022 – Perhelatan PERIKLINDO Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 memasuki penyelenggaraan hari kedua, dan kegiatan yang menjadi magnet utama pada hari kedua ini diantaranya Indoor Test Ride dan juga Talkshow oleh Formula Electric Student. Antusiasme tinggi datang dari pengunjung yang hadir untuk melihat langsung kendaraan listrik yang dipamerkan. 

Pengunjung juga memadati area EV Track Zone, sejumlah brand pada area lokasi test ride tak luput dilirik oleh pengunjung diantaranya unit Gesits G1, NIU, dan Rakata NX 3. Tercatat lebih dari 100 pengunjung yang mencoba kendaraan listrik pada area yang berada di hall C3. Pengunjung yang ingin melakukan Indoor Test Ride di PEVS 2022 tidak perlu membayar biaya tambahan, cukup mendaftarkan diri di area pendaftaran. Pengunjung dapat melakukan Test Ride di dalam ruangan dengan kualitas udara yang terjaga, karena kendaraan listrik adalah kendaraan tanpa emisi.

Pelaksanaan hari kedua PEVS 2022 semakin ramai dengan adanya Talkshow Formula Electric Student bertajuk ‘Kendaraan Listrik dan Renewable Energy’. Talkshow dibuka dengan penyampaian kata sambutan oleh Sekretaris Jenderal PERIKLINDO, Tenggono Chuandra Phoa. “Saya harap kepada adik-adik mahasiswa yang ada di Indonesia, ayo kita bangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia sehingga kita bisa menjadi produsen kendaraan listrik yang lebih baik lagi. PERIKLINDO siap mendorong dan mendukung berkembangnya kendaraan listrik di Indonesia. Kami juga berharap Bapak-Ibu Anggota DPR dapat menciptakan peraturan yang mendukung keberlangsungan kendaraan listrik kedepannya.” papar Tenggono.

Kegiatan talkshow berlangsung menarik dengan hadirnya Ketua Komisi VII (Bidang Energi, Sumber Daya Mineral, Riset, Teknologi, Inovasi dan Perindustrian) DPR RI Sugeng Suparwoto dan Head Formula Electric Student Yanuar Anaba selaku narasumber. Menurut Sugeng, energi fosil yang meliputi minyak, gas dan batubara hari ini menimbulkan problem sistemik karena bersifat polutif, keberadaan yang semakin terbatas, dan rentan dalam harga internasional yang sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor termasuk faktor politik. Ia menambahkan, Indonesia bertekad untuk mengurangi emisi karbon. “Kendaraan listrik roda empat, roda dua atau kendaraan listrik yang lebih besar sangat penting sekali untuk menekan karbon dan sekaligus mengurangi penggunaan BBM. Hari ini, BBM kita sangat tergantung dari impor dan berimplikasi pada APBN kita berjumlah Rp426 triliun sedangkan pada tahun 2023 mendatang, subsidi APBN diperkirakan akan naik menjadi Rp502 triliun. Maka dari itu, hari ini kita harus bersepakat untuk menekan serendah mungkin karbon yang muncul dari energi fosil. Kita baru 14% kurang lebih memanfaatkan energi baru terbarukan (EBT). Dengan adanya perubahan suhu yang sangat signifikan, sehingga perlu untuk menekan penggunaan energi fosil dan meningkatkan penggunaan EBT. Adanya kendaraan listrik akan sangat membantu menekan konsumsi BBM.” tegas Sugeng. 

Menurut Sugeng, Indonesia kaya akan EBT. Pertama energi surya dengan potensi 3000 GW seluruh Indonesia sedangkan hari ini total listrik se-Indonesia baru 65 GW. Dan cadangan yang bisa segera diinstal 220 GW. EBT lain yang dimiliki Indonesia adalah Hidro, Bioenergi, Bayu, Panas Bumi dan Laut. “Maka dari itu, saya mendorong agar adik-adik mahasiswa untuk terus inovatif memecahkan persoalan energi fosil dan bertransformasi menuju EBT. Manfaat EBT yang dapat dirasakan antara lain, menurunkan emisi dan menyerap tenaga kerja. Indonesia memiliki potensi EBT melimpah hingga 420 GW. Nilai investasi EBT dari Foreign Direct Investment sebesar $13.3 triliun untuk investasi new power generation assets hingga 2050 secara global. EBT dapat meningkatkan keuntungan ekonomi 3 s/d 8 kali lipat, dan cadangan nikel Indonesia menjadikan Indonesia pemain kunci global untuk industri baterai listrik sebagai komponen utama era elektrifikasi.”  tambah Sugeng.

Sugeng sangat mendukung perhelatan PEVS 2022 karena mampu memamerkan hasil karya kendaraan listrik mahasiswa/i Indonesia dan industri dalam negeri. Berbagai kebijakan pemerintah juga disediakan untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, salah satunya pengguna kendaraan listrik tidak terkena peraturan ganjil genap saat melintas di jalan, kendaraan listrik yang bebas biaya masuk dan dukungan penuh kepada industri dalam negeri untuk menciptakan seluruh komponen kendaraan listrik.

PEVS: Kendaraan Listrik Karya Mahasiswa
Kendaraan Listrik Karya Mahasiswa
Sumber: Tim Dyandra Promosindo

Pada kesempatan yang sama, Head Formula Electric Student, Yanuar Anaba menjelaskan Formula Electric Student sudah berlangsung sejak lama dan merupakan ajang internasional. Ia menjelaskan, baru-baru ini ada mahasiswa UGM yang berangkat ke Belanda untuk berpartisipasi dalam Formula Student. Untuk Formula Electric Student ada mahasiswa ITS, UI, ITB yang telah mengikuti ajang-ajang internasional. Formula Electric Student Indonesia menginginkan adanya integrasi Formula Electric Student Internasional dengan Indonesia. “Regulasi pada perhelatan Formula Electric Student yang ada di Indonesia kita samakan dengan regulasi yang ada di Internasional. Arahnya, agar dunia pendidikan dan dunia industri tidak ada kesenjangan yang jauh sehingga dapat saling bersinergi.” pungkas Yanuar. Yanuar turut menyampaikan harapannya kepada pemerintah Indonesia untuk menyediakan Badan Riset Nasional khusus untuk Industri Otomotif Kendaraan Listrik Indonesia. Menurutnya selama ini, riset dari mahasiswa dan perguruan tinggi masih sebatas paper dan prototype atau percontohan. Dengan adanya badan riset khusus industri otomotif kendaraan listrik, harapannya sinkronisasi antara pendidikan dan industri tanah air dapat meningkat sehingga industri tanah air dapat melanjutkan hasil penelitian institusi pendidikan hingga ke tahap produksi. 

Di sisi lain, ada peluncuran kendaraan listrik roda dua Rakata. PT Artas Rakata Indonesia sebagai perusahaan pemegang merek kendaraan listrik roda dua adalah perusahaan swasta Indonesia yang didirikan sejak tahun 2010. Pada PEVS 2022, Rakata memberikan kejutan kepada seluruh pengunjung dengan meluncurkan dua model baru, yaitu Rakata NX3 dan Rakata NX8.

Dalam sepuluh hari penyelenggaraan PEVS 2022, Mandiri Tunas Finance (MTF) sebagai Official Leasing Partner PEVS 2022 akan memberikan penawaran khusus seperti Bunga Mulai 0% Berlaku Tenor satu tahun, DP mulai 10% dan Tenor panjang sampai dengan 7 tahun. Selain itu, MTF memberikan promo khusus pembiayaan multiguna atau biasa disebut CashAja dengan bunga mulai dari 0,53%/Bulan dan Cashback Rp. 1 Juta. Sebagai bentuk dukungan untuk kesuksesan PEVS 2022, MTF akan memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan slogan yang mereka tekankan ‘Fast & Easy’. Selain itu untuk semakin menyemarakan perhelatan PEVS 2022, MTF menyediakan program “Photo Contest” dengan total hadiah lima juta rupiah, untuk informasi lanjut pengunjung dapat langsung mengunjungi booth MTF yang berada di Hall C3.

Selain menyaksikan berbagai kendaraan listrik bergengsi yang tersedia, pengunjung dapat mengunjungi booth KoveeVR untuk menikmati Virtual Reality (VR) Video Games, rasakan pengalaman bermain dengan beragam macam permainan pilihan yang dapat dinikmati oleh pengunjung.

Perhelatan PEVS 2022 sangat cocok dijadikan tujuan akhir pekan bersama keluarga. PEVS 2022 menyediakan berbagai macam makanan, minuman dari restaurant dan brand lokal hingga internasional yang berada di area outdoor, hingga deretan hidangan yang berasal dari UMKM seperti jajanan khas Kemayoran, kerak telor. Penyelenggara juga menyediakan Masjid yang luas dan nyaman di area parkir barat.

PEVS 2022 diselenggarakan pada 22-31 Juli 2022 pukul 11.00 s/d 21.00 WIB (weekdays) dan pukul 10.00 s/d 21.00 WIB (weekend). PEVS 2022 dibuka untuk seluruh masyarakat umum, dengan membayar Rp30.000 untuk harga tiket masuk pada Hari Senin s/d Kamis dan Rp50.000 untuk harga tiket masuk pada Hari Jumat s/d Minggu. 

Selain itu area ini menghadirkan deretan program yang memberikan pengalaman terbaik, Mini 4WD Championship, Push Bike Race dan Remote Control Drift. Tak cukup sampai disitu, keseruan PEVS 2022 juga makin terasa berkat hadirnya berbagai program lainnya seperti Air Wheel Fun Ride, Electric Board Ride, EV Fest, EV Fun Rally, EV Riding, Formula Student Show Off, Test Drive & Ride di outdoor area, dan VR Game. Media edukasi dan sosialisasi EV akan dilaksanakan melaluiseminar & talkshow yang akan dilaksanakan mulai tanggal 25 – 29 Juli 2022  dengan beragam topik dan narasumber seputar EV.


Tentang Dyandra Promosindo

Dyandra Promosindo adalah Professional Exhibition/Event Organizer (PEO) di Indonesia yang merupakan subholding company dari PT Dyandra Media International, Tbk (DYAN). Sejak berdiri pada tahun 1994, Dyandra Promosindo berhasil mencetak rekam jejak pameran yang mengesankan di seluruh Indonesia. Dyandra Promosindo telah menggelar lebih dari 850 pameran di Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bali, Makassar, Medan dan berbagai kota besar lain di Indonesia.

Hingga saat ini Dyandra Promosindo tercatat membawahi 11 anak perusahaan yang bergerak pada bidang event/exhibition organizerconcert promotor dan juga digital agency. Kesebelas anak perusahaan tersebut diantaranya PT Dyandra Communication (Dyacomm), PT Fasen Creative Quality (Quad), PT Visicita Imaji Semesta (Visicomm), PT Idea Besar Komunika (Ideacomm), PT Visi Sarana Media Digital (Underlined), PT Dyan Mas Entertainment (DME Asia), dan PT Dyandra Global Edutainment.

Dengan lebih dari 1.000 peserta pameran setiap tahun, termasuk peserta dari luar negeri, Dyandra Promosindo telah membuktikan diri sebagai rekan bisnis terpercaya sambil terus meningkatkan diri menuju budaya pameran yang lebih baik di Indonesia. Berbagai event yang telah diselenggarakan antara lain pameran B2B, pameran B2C, konser musik dan festival, konferensi dan summit.

Dyandra Promosindo telah menjadi PEO pertama di Indonesia yang memiliki sertifikasi ISO 9001:2008 untuk sistem kualitas manajemen. Pameran yang diselenggarakan antara lain: Indonesia International Motor Show, Indonesia International Furniture Expo, Indonesian Petroleum Association Convex, International Franchise, License and Business Concept Expo & Conference, dan lain-lain.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi:
Garryl 
Public Relations Officer, Indonesia International Motor Show 
Phone : (021) 3199 6077 ext. 580 
Email : [email protected] 

Jordi 
Public Relations Officer, Indonesia International Motor Show 
Phone : (021) 3199 6077 ext. 580 
Email : [email protected]

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.