Kurangi Sampah Plastik Pada Kemasan Daging Qurban

  • Pimpinan Wlayah Muhammadiyah (PNW) Jawa Tengah melakukan langkah konkrit dengan tidak menggunakan plastik sebagai wadah daging qurban.
  • Untuk meminimalisir sampah plastik di momen qurban,  Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PNW) Jawa Tengah dan Wakil Ketua MPR RI membagikan daging qurban tanpa plastik di masing-masing daerah.
  • Semoga upaya ini bisa turut mengurangi laju dampak pencemaran lingkungan yang semakin mengkhawatirkan.

Untuk meminimalisir sampah plastik di momen qurban,  Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah dan Wakil Ketua MPR RI membagikan daging qurban tanpa plastik di masing-masing daerah.

Momen qurban menjadi suka cita seluruh umat muslim di dunia. Baik mereka yang berqurban maupun saudara sesama yang menerima berkah qurban.

Namun, tidak sedikit masyarakat dalam membagikan daging qurban masih menggunakan kantong plastik.

Sehingga menimbulkan penumpukan sampah dan tentunya kategori sampah yang susah terurai.

Karena terbukti sampah plastik selain mencemari lingkungan, juga merusak beberapa ekosistem baik di darat maupun laut.

PWM Jawa Tengah Kurangi Sampah Plastik sebagai Wadah Daging Qurban

Pimpinan Wlayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah melakukan langkah konkrit dengan tidak menggunakan plastik sebagai wadah daging qurban.

Sehari pasca Iduladha, tepatnya 10 Zulhijah 1443 H/11 Juli 2022, PWM Jawa Tengah menyelenggarakan penyembelihan hewan qurban yang bertempat di Eduwisata PWM Jawa Tengah, Wonolopo.

Diikuti oleh segenap Pimpinan dan karyawan PWM Jawa Tengah, penyembelihan hewan qurban tahun ini mengusung tema “Iduladha Tanpa Sampah Plastik”.

Selain sebagai inisiasi PWM Jawa Tengah, Iduladha Tanpa Sampah Plastik ini juga dalam rangka mendukung program yang dicanangkan oleh Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah melalui Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana.

Adapun sebagai pengganti kantong plastik, penyelenggara menggantinya dengan daun pohon jati yang mudah ditemui di sekiat area penyembelihan hewan qurban.

Baca juga:


One Step Closer, NASA Put Nuclear Reactor On The Moon

Pro-Kontra Rusia dan RI terkait Nuklir


Selain mengurangi jumlah penggunaan plastik, penggunaan daun pohon jati juga bermanfaat menambah aroma khas daun jati pada daging, serta dalam rangka memanfaatkan media sederhana, yakni daun pohon jati, sebagai sarana pembungkus daging qurban.

Dikutip dari statemen Kepala Kantor PWM Jawa Tengah, Munjirin, daging qurban ini sendiri akan dibagikan kepada segenap karyawan PWM Jawa Tengah.

Dan juga masyarakat di sekitar gedung PWM Jawa Tengah, mulai dari tetangga sekitar, tukang sapu jalan, para tukang becak, tukang parkir, maupun PKL di sekitar Jl. Singosari Raya No. 33, Kota Semarang.

“Untuk ini kepada para pihak yang sudah menyampaikan qurban, kami ucapkan terima kasih. Mudah-mudahan qurban yang sudah disampaikan mendapat balasan dari Allah Swt. dengan balasan yang lebih baik,” ucap Munjirin.

Pada Iduladha 1443 H kali ini, PWM Jawa Tengah melakukan penyembelihan 2 ekor sapi (qurban dari DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah dan Bank Jateng Syariah) dan 5 ekor kambing (qurban dari Bank Muamalat, PT Sinar Muhindo, PWM Jawa Tengah dan pimpinan serta karyawan PWM Jawa Tengah).

HNW Kurangi Sampah Plastik Untuk Daging Qurban

Di lain sisi, Wakil Ketua MPR-RI Hidayat Nur Wahid (HNW) menggunakan plastik ramah lingkungan yang terbuat dari pati singkong dalam pembagian paket qurban tahun ini.

Hidayat yang merupakan Wakil Ketua Majelis Syura PKS ini turut berqurban dengan bagikan 11 sapi dan 131 kambing.

Sapi dan kambing itu akan dipotong dan dibungkus dalam 10 ribuan paket qurban yang juga merupakan bentuk dukungan atas program tebar 1,5 juta paket qurban yang diinisiasi oleh Ketua Majelis Syura PKS Dr. Salim Segaf Al-Jufri.

“Alhamdulillah PKS konsisten hadir di tengah rakyat. Tahun lalu kami turut sukseskan program tebar 1 juta paket qurban, tahun ini meningkat menjadi tebar 1,5 juta paket,” ujar Hidayat Nur Wahid.

“Saya dukung dengan turut bagikan paket qurban tidak hanya di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan, tapi juga sampai ke Malaysia,” kata dia, baru-baru ini,” lanjut Hidayat.

Ia berharap, momen ini dapat menjadi momen kebersamaan yang menguatkan solidaritas sosial.

Mengatasi berbagai dampak negatif akibat covid-19, krisis ekonomi, kenaikan harga-harga dan lainnya agar Umat bisa berkontribusi untuk hadirkan Indonesia yang lebih baik ke depannya.

Baca juga:


Inilah Gedung Ramah Lingkungan di Jakarta!

Satu Bumi Untuk Masa Depan, Bukit Asam Ajak Masyarakat untuk Peduli Lingkungan


“Kami ingin momentum qurban juga dapat menghadirkan kepedulian atas lingkungan, dengan tidak mempergunakan plastik yang tidak bisa didaur ulang, tapi mulailah secara konsisten menggunakan plastik ramah lingkungan seperti yang berbahan dari sari singkong ini,” ujar Wakil Ketua MPR RI itu.

HNW juga mengatakan untuk terus mengingatkan masyarakat agar olahan qurban nantinya tidak menjadi mubazir atau sisa.

Semoga upaya ini bisa turut mengurangi laju dampak pencemaran lingkungan yang semakin mengkhawatirkan.

Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), terdapat setidaknya 70 ton sampah plastik di Indonesia pada tahun 2022.

Dan hanya sekitar sepertiga yang berhasil diolah kembali. Sampah plastik telah menyebabkan berbagai bentuk pencemaran lingkungan dan merusak khususnya biota laut.

Zonaebt.com

Referensi
[1] Inisasi Kurban Ramah Lingkungan, PWM Jateng Selenggarakan Iduladha Tanpa Sampah Plastik

[2] Bagikan Paket Kurban, HNW Gunakan Plastik Ramah Lingkungan

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.