5 Tips Liburan Hemat dan Ramah Lingkungan

5 Tips Liburan Hemat dan Ramah Lingkungan zonaebt.com

Berwisata atau liburan adalah hal menyenangkan serta menarik. Mengunjungi lokasi wisata yang diimpikan akan jadi kenangan yang indah. Taukah kamu untuk membuat kenangan indah saat liburan bisa dilakukan dengan hemat dan ramah lingkungan.

Terkadang saat liburan atau berwisata kita lupa mengendalikan limbah dan energi yang dihabiskan. Oleh karena itu, hadir gerakan KemBali Becik. Kampanye ini bertujuan mengenalkan cara berwisata yang lebih hemat energi dan ramah lingkungan.

Berikut 5 tips liburan hemat dan ramah lingkungan.

1. Pilih Kendaraan dengan kelas ekonomi

Kelas utama dan kelas bisnis biasanya menggunakan ruang yang lebih besar namun mengangkut lebih sedikit orang. Sehingga emisi per penumpang bisa sembilan kali lebih tinggi dari kelas ekonomi.

2. Gunakan transportasi umum

Hindari taksi jika memungkinkan. Transportasi umum adalah cara yang mudah untuk mengurangi emisi, juga cara yang menyenangkan untuk mendapatkan pengalaman otentik di destinasi wisata.

3. Jangan beli baju baru hanya untuk liburan

Industri fesyen berkontribusi 10% dari emisi karbon global setiap tahun. Mengurangi konsumsi pakaian bukan hanya baik untuk lingkungan tapi juga untuk kantong! Kalau memang diperlukan, coba untuk belanja baju yang dibuat secara ramah lingkungan atau baju bekas.

4. Siapkan botol minum isi ulang

Pasti kamu sudah punya setidaknya satu botol minum, jadi ingat untuk selalu membawanya. Dan hindari membeli air yang dikemas dalam botol plastik.

5. Gunakan tas yang dapat digunakan kembali untuk berbelanja

Setiap menit, satu truk sampah plastik terbuang ke laut. Menggunakan tas yang dapat dipakai ulang, kamu bisa membantu mencegah polusi laut dari sampah plastik. Kalau bisa, tingkatkan dampakmu dengan mengurangi membeli makanan yang menggunakan kemasan plastik. Banyak makanan lokal yang dikemas dalam daun atau kemasan lain yang lebih ramah lingkungan.

Hemat Energi saat Berlibur dan Nginep di Hotel

Saat berwisata kita terkadang membutuhkan akomodasi berupa penginapan. Akomodasi ini digunakan untuk beristirahat saat dalam perjalanan. Namun, tanpa kita sadari saat kita menginap ada sejumlah hal yang boros energi.

Oleh karena itu, hadir gerakan KemBali Becik. Kampanye ini bertujuan mengenalkan cara berwisata yang lebih hemat energi dan ramah lingkungan.

Sejumlah hal bisa dilakukan untuk tujuan penghematan energi dan mengurangi sampah. Hal-hal ini bisa dilakukan di hotel atau akomodasi penginapan lainnya.

1. Matikan lampu saat meninggalkan ruangan

Ingat untuk selalu mematikan lampu, peralatan listrik, dan pendingin ruangan saat kamu meninggalkan kamar hotel. Dengan ini kamu bisa menghemat energi dan mengurangi emisi. Dan ini tindakan yang tidak mengeluarkan biaya!

2. Gunakan shower, hindari bathtub

Bak mandi (bathtub) menggunakan air hingga 7 kali lebih banyak daripada shower. Bali sedang mengalami krisis air dan salah satu penyebab utamanya adalah industri pariwisata. Kurangi kontribusimu terhadap masalah ini dengan menyadari penggunaan air saat mandi.

3. Gunakan kembali handukmu.

Kamu pasti tidak mengganti handuk setiap hari di rumah kan? Jika demikian, jangan minta handuk bersih setiap hari dari hotel!

4. Jangan mengganti sprei setiap hari

Jangan biarkan sprei kamu diganti setiap hari. Pembersih biasanya akan mengganti sprei setiap hari kecuali kamu meminta mereka untuk tidak melakukan itu.

5. Tinggalkan saran

Ketika kamu meninggalkan hotel, sampaikan saran pada pihak pengelola untuk mengambil langkah-langkah yang lebih ramah lingkungan. Saran-saran ini bisa mendorong usaha-usaha pariwisata untuk menjadi lebih hijau.

5 Hal kecil yang Bisa Dilakukan untuk Kurangi Emisi Wisata

Berwisata merupakan kegitan rekreasi yang menyenangkan. Namun, tanpa kita sadari bahwa penggunaan energi jadi boros. Oleh karena itu, hadir gerakan KemBali Becik. Kampanye ini bertujuan mengenalkan cara berwisata yang lebih hemat energi dan ramah lingkungan.

Sejumlah hal bisa dilakukan untuk tujuan penghematan energi dan mengurangi sampah. Berikut 5 hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi emisi wisata.

1. Jalan kaki atau bersepeda

Jalan kaki atau bersepeda bikin kamu lebih sehat dan bikin lingkungan lebih lestari. Kamu bisa eksplorasi destinasi dengan lebih dekat, dan bisa juga secara gratis!

2. Kembalikan peta, brosur, dan menu

Jangan buang kertas-kertas promosi! Jaga mereka baik-baik dan kembalikan ketika kamu sudah selesai menggunakan, agar orang lain dapat melanjutkan penggunaannya.

3. Siapkan botol minum isi ulang

Pasti kamu sudah punya setidaknya satu botol minum, jadi ingat untuk selalu membawanya. Dan hindari membeli air yang dikemas dalam botol plastik.

4. Carpool

Baik menggunakan kendaraan pribadi atau layanan taksi online, memuat beberapa orang dalam sebuah kendaraan dapat membantu mengurangi jejak karbon mu.

5.  Beli produk lokal

Dengan begini kamu bisa mendukung ekonomi lokal dan menemukan hal-hal yang tidak bisa kamu dapatkan di tempat lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *