Fakta-Fakta Mengenai PLTS Terbesar di Indonesia

Fakta PLTS
  • PLTS Likupang memakan lahan seluas 29 hektar dengan total 64.640 panel surya.
  • Sejauh ini PLTS Likupang mampu menyediakan kebutuhan listrik untuk 15.000 rumah tangga dan menopang kebutuhan listrik di PLN Sulutgo yang terhubung secara online atau tanpa baterai.
  • Penggunaan PLTS mampu mengurangi efek gas rumah kaca sebanyak 20,01 kilo ton, harga yang dikeluarkan jika dibandingkan dengan penggunaan BBM dan PLTD juga berada jauh di bawahnya.

Kesadaran masyarakat akan keterbatasan sumber daya fossil kian meningkat. Dapat dilihat dari semakin banyaknya usaha-usaha yang dilakukan untuk memperoleh sumber daya alternatif. Di Indonesia sendiri sudah semakin banyak penggunaan sumber daya alternatif untuk kebutuhan rumah tangga.

Salah satunya penggunaan sinar matahari sebagai sumber daya listrik atau yang biasa disebut PLTS (pembangkit listrik tenaga surya). Tahun 2017 di Desa Wineru, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, telah dibangun PLTS terbesar di Indonesia yang memakan lahan seluas 29 hektar dengan total 64.640 panel surya.

Baca juga:



Panel surya ini dimanfaatkan oleh Vena Energy sebagai sumber energi listrik baru sejak 2019. Pembangunan PLTS ini memakan waktu sekitar 1,5 tahun dengan biaya sebesar USD 29,2 juta. Listrik yang disalurkan oleh PLTS Likupang ini dapat mencapai 15 MW dari kapasitas 21 MWp yang terpasang.

PLTS Likupang mempunyai jam operasional selama 12 jam, mulai pukul 05.30 hingga 17.30 WITA. Sejauh ini PLTS Likupang mampu menyediakan kebutuhan listrik untuk 15.000 rumah tangga dan menopang kebutuhan listrik di PLN Sulutgo yang terhubung secara online atau tanpa baterai.

Baca juga:



Kekurangan dari PLTS Likupang ini ialah tidak bisa memberikan kebutuhan listrik sepanjang hari dan memakan lahan yang cukup luas, tetapi jika dilihat dari sisi baiknya tentu lebih banyak. Penggunaan PLTS mampu mengurangi efek gas rumah kaca sebanyak 20,01 kilo ton, harga yang dikeluarkan jika dibandingkan dengan penggunaan BBM dan PLTD juga berada jauh di bawahnya.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangannya kita harus melihat dampak positif dari adanya PLTS ini, pembangunan PLTS merupakan wujud komitmen pemerintah untuk menjaga kelestarian lingkungan dan menyegerakan penggunaan EBT untuk kebutuhan sehari-hari.

Editor: Gede Herry Arum Wijaya

Referensi:
[1] 10 Fakta yang Harus Diketahui tentang Panel Surya
[2] PLTS Likupang, Permanen Energi Matahari Terbesar di Indonesia
[3] Mengenal PLTS Likupang, Ladang Panel Surya Terbesar di Indonesia

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.