Memanfaatkan Danau Toba untuk PLTA

Danau Toba
  • Danau terbesar di Indonesia itu merupakan sumber air PLTA Asahan.
  • Selain itu, dengan beroperasinya PLTA Asahan 3 yang memanfaatkan pasokan air dari Danau Toba berpotensi memberikan kenaikan kontribusi energy mix dari EBT sekitar 1,5 persen.
  • Inalum harus memberikan kontribusi.

Komisaris Utama MIND ID Letnan Jenderal (Letjen) TNI Purn Doni Monardo mengklaim kinerja PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum terus membaik. Salah satu faktor yang mendukung peningkatan kinerja perusahaan peleburan aluminium itu adalah lancarnya pasokan listrik dari PLTA Asahan 1 dan Asahan 3.

(Letjen) TNI Purn Doni pun menyebut Inalum berutang budi terhadap Danau Toba. Sebabnya, danau terbesar di Indonesia itu merupakan sumber air PLTA Asahan.

Adapun proyek Asahan 3 dikerjakan oleh pihak  Direktur Mega Proyek dan EBT Wiluyo Kusdwiharto , salah satu  dari pencapaian konstruksi ini adalah “selesainya pengeboran terowongan jalur air atau lebih dikenal dengan headrace tunnel,” ujar Pak Wiluyo . PLTA Asahan 3 berkapasitas 2 x 87 megawatt (MW) yang berada Kabupaten Asahan dan Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

Baca juga :



Beliau mengatakan headrace tunnel memiliki total panjang 7,75 kilometer (km) , yang merupakan critical path pada proyek ini. Dengan adanya progress ini , harapannya pembangkit ini sudah bisa beroperasi pada Maret 2024 sehingga dapat meningkatkan keandalan pada sistem kelistrikan Sumatera bagian utara.

Pak Wiluyo menambahkan dengan beroperasinya PLTA Asahan 3 ini akan menurunkan Biaya Pokok Penyediaan (BPP) tenaga listrik di sistem Sumatera, sehingga diproyeksikan terdapat potensi penghematan dalam kurun waktu beroperasinya PLTA Asahan 3 tersebut.

Baca juga :



“Selain itu, dengan beroperasinya PLTA Asahan 3 yang memanfaatkan pasokan air dari Danau Toba berpotensi memberikan kenaikan kontribusi energy mix dari EBT sekitar 1,5 persen,” ujar Pak Wiluyo.

Dari pihak Inalum mengatakan bahwa, “PLTA Asahan sangat tergantung pada sumber air yang ada di Danau Toba. Artinya, Inalum harus merasa utang budi kepada air Danau Toba. Karenanya, kami di jajaran PT Mind ID melihat ada sesuatu yang perlu ditingkatkan, utamanya dalam hal kepedulian Inalum terhadap Danau Toba,” ujar Letjen) TNI Purn Doni dalam , Kamis, 9 Juni 2022.

Menurutnya, Inalum harus memberikan kontribusi untuk penyelamatan Kawasan Danau Toba. Misal, mengembalikan fungsi konservasi agar debit air terjamin. Jika tidak, permukaan air danau di Sumatera Utara tersebut akan terus mengalami penurunan .

Adapun saat ini, muka air Danau Toba sudah berada di bawah angka normalnya, yakni 903 mdpl. Idealnya, batas muka air danau tersebut 905 mdpl dan akan lebih baik lagi jika mencapai 906 mdpl.

Diharapkan kedepannya Danau Toba bisa menjadi Danau yang spektakuler seperti Danau di  Swiss .

Editor: Gede Herry Arum Wijaya

Referensi :
[1] Doni Monardo: Inalum Merasa Utang Budi kepada Danau Toba
[2] Pengeboran Terowongan Jalur Air PLTA Asahan Selesai

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.