Pekerjaan Ramah Lingkungan, Solusi untuk Melestarikan Alam

Gambar: Diskusi Bersama Bu Yessy Febrianty
Sumber: Dokumentasi Pribadi

  • ­Sudah seharusnya kita mendorong untuk mulai melestarikan alam secara inklusif dengan cara mulai mencari pekerjaan yang mendukung kelestarian alam itu sendiri atau sering disebut green jobs.
  • #JobsForNature: Opportunity Fair bertajuk “Your Career Choice to Build the Better You and Better World”, tema ini diangkat karena mayoritas Generasi Z dan Generasi Alfa yang sangat mementingkan kesehatan mental, maka dari itu pilihan karir sangat penting untuk generasi-generasi tersebut.
  • #JobsForNature: Opportunity Fair, karena tentu menjawab tantangan dan kebutuhan dalam mewujudkan visi ekonomi lestari 2030 LKTL, menjadi solusi atas dua kebutuhan kaum muda yang dianggap penting diantaranya pekerjaan yang layak dan menyejahterakan.

Pekerjaan ramah lingkungan, banyak anak muda Indonesia yang menyadari bahwa belakangan ini dunia sedang krisis iklim, gaya hidup berkelanjutan, dan lain sebagainya, tapi terkadang mereka tidak tahu bagaimana caranya ingin berkontribusi untuk melestarikan alam yang dipijak. Maka dari itu, sudah seharusnya kita mendorong untuk mulai melestarikan alam secara inklusif dengan cara mulai mencari pekerjaan yang mendukung kelestarian alam itu sendiri atau sering disebut green jobs.

Baca Juga



Hal tersebut dilayangkan oleh Yessy Febrianty, Konsultan Generasi Lestari, saat wawancara bersama tim ZonaEBT (15/6/22). Sebelumnya, Generasi Lestari merupakan bagian dari Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) yang dimana sebuah unit sebagai gerakan dan wadah generasi muda untuk menyalurkan ide, aspirasi, serta berperan aktif dalam melestarikan lingkungan dan menyejahterakan masyarakat melalui gotong royong multipihak.

Lebih lanjut, Yessy memaparkan mengenai program yang akan dijalankan oleh Generasi Lestari tahun 2022. Salah satunya, melalui hastag #JobsForNature: Opportunity Fair bertajuk “Your Career Choice to Build the Better You and Better World”, tema ini diangkat karena mayoritas Generasi Z dan Generasi Alfa yang sangat mementingkan kesehatan mental, maka dari itu pilihan karir sangat penting untuk generasi-generasi tersebut.

Baca Juga



“Kita sadar bahwa Generasi Z dan Gen Alfa ini jumlahnya cukup banyak di Indonesia, tetapi gen Z itu sangat mementingkan kesehatan mental. Bagi kami pilihan karir itu harus baik dahulu untuk mereka dan pastinya ada valuable untuk keberlanjutan kelestarian alam di Indonesia” ujar Yessy.

Disamping itu, Generasi Lestari tidak hanya menawarkan pekerjaan tetapi mereka juga ingin menawarkan kesempatan lain seperti Thematic Webinar, Green Job and Internship Fair, Career and Self Development Workshop, Social Media Campaign and Activation, Scholarship and Research Opportunity, dan Career Success Story.

Dalam kegiatan tematik webinar terdapat lima tema yang diangkat oleh Generasi Lestari diantaranya Sustainability Commodity dan UMKM, Disaster Resilience, Planning and Public Policy, Renewable Energy, dan Food/Agriculture.

Yessy juga menambahkan mengapa pihaknya mengadakan #JobsForNature: Opportunity Fair, karena tentu menjawab tantangan dan kebutuhan dalam mewujudkan visi ekonomi lestari 2030 LKTL, menjadi solusi atas dua kebutuhan kaum muda yang dianggap penting diantaranya pekerjaan yang layak dan menyejahterakan, selain itu membuktikan bahwa sektor pekerjaan ramah lingkungan dan ramah sosial itu ada, potensial, dan menjadi solusi kesejahteraan serta krisis iklim.

“Jadi kami itu memang inginnya menyadarkan dan memberitahukan teman-teman muda khususnya di daerah bahwa mereka sebenarnya bisa berdaya dari daerah tanpa harus berbondong-bondong ke kota besar untuk mencari pekerjaan, salah satunya melalui peluang yang kita buat ini” tutup Yessy.

Editor: Gede Herry Arum Wijaya

Sumber:
[1] Hasil Diskusi Langsung Bersama Yessy Febrianty, Konsultan Generasi Lestari

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.