Tips Selamatkan Bumi Dan Lingkungan Dari Global Warming

  • Lingkungan merupakan segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang dapat mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia baik secara langsung maupun tidak langsung. 
  • Ancaman global warming  merupakan ancaman global, yang dampaknya pasti dirasakan di seluruh belahan dunia.
  • Dampak perubahan iklim terhadap pertanian dapat merusak pertanian karena dapat mempengaruhi perubahan suhu, curah hujan, fertilisasi karbon dioksida, variabilitas iklim dan melubernya air permukaan.

Lingkungan merupakan segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang dapat mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia baik secara langsung maupun tidak langsung. 

Lingkungan juga bisa disebut sebagai sebuah kombinasi di antara kondisi fisik. Kondisi tersebut mencakup keadaan antara sumber daya alam. Seperti flora, fauna, air, tanah, mineral, atau energi surya. Semua itu tumbuh dan hidup di dalam lingkungan. 

Ancaman global warming  merupakan ancaman global, yang dampaknya pasti dirasakan di seluruh belahan dunia. Hal ini disebabkan oleh perubahan iklim besar-besaran dan kenaikan suhu global yang signifikan. Negara-negara di seluruh dunia juga berlomba-lomba mencari cara untuk menyelamatkan bumi dan lingkungan dari ancaman global warming yang semakin dirasakan.

Baca Juga:



Dampak perubahan iklim terhadap pertanian dapat merusak pertanian karena dapat mempengaruhi perubahan suhu, curah hujan, fertilisasi karbon dioksida, variabilitas iklim dan melubernya air permukaan. Hal ini pastinya sangat mengancam ketahanan pangan di dunia. Berikut tips menyelamatkan bumi dan lingkungan dari ancaman global warming dan perubahan iklim.

Tips Menyelamatkan Bumi dan Lingkungan

Berikut tips beberapa langkah kecil yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi kerusakan lingkungan. Meskipun langkah ini kecil, namun akan sangat berarti bagi bumi dan lingkungan di sekitar kalian.

  1. Mengurangi Plastik

Salah satu masalah saat ini yang terjadi yaitu penggunaan plastik. Kantong plastik sulit terurai di tanah karena rantai karbonnya yang panjang. Kantong plastik akan terurai ratusan hingga ribuan tahun kemudian. Kalian bisa mengurangi penggunaan kantong plastik dan menggantinya dengan tas kain yang bisa dipakai berulang kali.

  1. Matikan alat elektronik yang sudah tidak digunakan

Mematikan alat elektronik dan lampu ruangan yang tidak digunakan sudah merupakan langkah menyelamatkan Bumi. Energi listrik berasal dari bahan bakar fosil. Semakin banyak kita menggunakan energi listrik, semakin banyak pula emisi karbon yang dikeluarkan. Maka menggunakan energi listrik secara cuma-cuma hanya akan memperparah emisi karbon dan mengarah pada global warming.

Baca Juga:



  1. Membuang Sampah Pada Tempatnya

Membuang sampah sembarangan dapat mencemari lingkungan. Saat ini sudah banyak gerakan daur ulang yang membantu agar sampah yang dibuang dapat digunakan lagi dalam bentuk lain agar lebih bermanfaat. Langkah tersebut merupakan langkah membantu mengurangi cemaran limbah di lingkungan sekitar. 

  1. Menanam Pohon (Reboisasi)

Cara selanjutnya mengatasi global warming adalah dengan gerakan menanam pohon. Ayo mulailah tanam pohon di halaman rumah (Go Green). Dengan menanam pohon juga dapat mengurangi resiko terjadinya banjir yang merupakan salah satu dampak dari Global Warming.

Referensi:

[1] 10 Cara Sederhana Mengatasi Pemanasan Global

[2] Earth Day, Lakukan 7 Cara Sederhana untuk Selamatkan Bumi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *