Dua Megaproyek di Kaltara Masuk Proyek Strategis Nasional, Ada PLTA!

  • Ada dua PSN di Kaltara yang kini sedang berjalan, yaitu pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Sungai Kayan dan Kawasan Industri Hijau Indonesia (KIHI).
  • Suheriyatna mulai bergerak bersama tim dan menyusun rencana detailnya atau Detail Engineering Design (DED) oleh Dinas PUPR-Perkim bersama Bappeda serta melibatkan tenaga ahli pada bidangnya masing-masing.
  • Melalui banyak jalan, untuk memajukan Kaltara, Bumi Benuanta di perbatasan ujung utara Indonesia. Selain mengawal terwujudnya mega proyek di Kalimantan Utara

Terhitung dua megaproyek yang berada di Provinsi Kalimantan Utara kini masuk Proyek Strategis Nasional (PSN), yaitu pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Sungai Kayan dan Kawasan Industri Hijau Indonesia (KIHI).

Anggota Tim Pemantau dan Evaluasi (TPE) PSN, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Suheriyatna menjelaskan dua proyek tersebut sedang berjalan, yaitu PLTA Sungai Kayan dan KIHI yang dahulu dikenal Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) di Tanah Kuning-Mangkuadi, Tanjung Palas Timur, Bulungan.

“Ada dua PSN di Kaltara yang kini sedang berjalan, yaitu pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Sungai Kayan dan Kawasan Industri Hijau Indonesia (KIHI) atau sebelumnya disebut Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) di Tanah Kuning-Mangkuadi, Kecamatan Tanjung Palas Timur, Kabupaten Bulungan,” papar Suheriyatna.

Baca Juga



Penantian Panjang PSN

Suheriyatna mulai bergerak bersama tim dan menyusun rencana detailnya atau Detail Engineering Design (DED) oleh Dinas PUPR-Perkim bersama Bappeda serta melibatkan tenaga ahli pada bidangnya masing-masing.

“Kami tentu optimistis karena melihat potensi yang begitu besar. Posisi geografis yang strategis, lahan luas, dan beberapa kondisi teknis lainnya,” sambung Suheriyatna.

Lebih lanjut, menurutnya proyek ini sebuah harapan besar bagi masyarakat Kalimantan Utara. Bahkan rakyat Indonesia.

Baca Juga



Suheriyatna kembali meyakinkan, ini bukan sekedar mimpi. Namun akan tetap menjadi mimpi jika tidak dilakukan dengan kerja keras.

Tak hanya menggagas hingga berhasil meyakinkan pemerintah, Suheriyatna bertekat akan terus mengawal hingga benar-benar terwujud.

Melalui banyak jalan, untuk memajukan Kaltara, Bumi Benuanta di perbatasan ujung utara Indonesia. Selain mengawal terwujudnya mega proyek di Kalimantan Utara.

Seperti yang diketahui, pada 21 Desember 2021 lalu, Presiden Jokowi melakukan peletakan batu pertama pembangunan kawasan industri tersebut.

Editor: Riana Nurhasanah

Referensi:

[1] “PLTA dan Kawasan Hijau di Kaltara Masuk Proyek Strategis Nasional”

[2] “Suheriyatna: Dua megaproyek di Kaltara masuk Proyek Strategis Nasional”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *