Gerakan Sedekah Sampah Menyambut Hari Lingkungan Hidup

  • Sampah saat ini masih menjadi persoalan pelik di perkotaan. Banyak sekali pemberitaan yang muncul mengenai sampah menggunung di beberapa tempat penampungan.
  • Kelurahan Tanah Baru menggelar acara Gebyar Sedekah Sampah di Aula Kelurahan Tanah Baru, Depok. Kegiatan ini dilakukan untuk menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap tahun pada 5 Juni.
  • Kegiatan ini adalah mengumpulkan berbagai jenis sampah yang dapat diolah kembali atau daur ulang, seperti sampah kertas, kardus buku, sampah plastik, logam, kaca, elektronik, pakaian layak dan sebagainya.

Sampah saat ini masih menjadi persoalan pelik di perkotaan. Banyak sekali pemberitaan yang muncul mengenai sampah menggunung di beberapa tempat penampungan. Sebagian masyarakat merasa dirugikan. Di sisi lain, banyak juga anggota masyarakat yang tidak peduli akan dampak yang ditimbulkan, dengan seenaknya membuat sampah sembarangan sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap. 

Saat ini butuh banyak sekali gerakan yang membumi agar masyarakat memiliki kepedulian terhadap sampah. Demikian pula pada pengelolaan sampah yang baik dan benar sehingga bisa bermanfaat kembali dalam bentuk yang lain. 

Maka dari itu, Kelurahan Tanah Baru menggelar acara Gebyar Sedekah Sampah di Aula Kelurahan Tanah Baru, Depok. Kegiatan ini dilakukan untuk menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap tahun pada 5 Juni. Kegiatan ini dilakukan pada pukul  09.00-11.00 WIB.

Baca Juga:



Sedekah Sampah di Kota Depok

Lurah Tanah Baru, Dicky Mahyudin mengatakan pihaknya mengajak warga agar dapat mengikuti kegiatan tersebut. Sedekah sampah merupakan usaha untuk memotivasi masyarakat agar lebih mencintai lingkungan sekaligus beramal. 

“Sampah yang dikumpulkan setelah dipilah akan ditimbang dan dijual. Untuk jumlah sampah yang warga bawa bebas tidak ditentukan,” ujar Dicky Mahyudin

Kegiatan ini adalah mengumpulkan berbagai jenis sampah yang dapat diolah kembali atau daur ulang, seperti sampah kertas, kardus buku, sampah plastik, logam, kaca, elektronik, pakaian layak dan sebagainya.

Konsep sedekah sampah berarti masyarakat dapat menyumbangkan sampah yang mereka miliki. Apabila ada masyarakat yang memiliki sampah anorganik seperti kardus bekas, botol bekas baik plastik maupun kaca, kertas bekas, majalah/koran bekas, kaleng bekas, maka bisa diberikan untuk didaur ulang kembali.

Baca Juga:



Kegiatan tersebut menjadi salah satu bentuk kepedulian dan dukungan bersama dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan upaya dalam mengurangi volume sampah di Kota Depok.

“Hasil penjualan sampah akan kami salurkan untuk program Penanggulangan Stunting di Kelurahan Tanah Baru. Jadi untuk membantu anak-anak stunting di wilayah kami,” Lurah Tanah Baru, Dicky Mahyudin.

Editor: Riana Nurhasanah

Referensi:

[1] Sampah jadi Sedekah di Kelurahan Tanah Baru

[2] Gebyar Sedekah Sampah Digelar Hari Ini di Kelurahan Tanah Baru

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.