Kendaraan Listrik Tanpa Awak Pertama di Indonesia, Diresmikan Menhub

  • Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi telah meresmikan uji coba autonomous electric vehicles.
  • Bertempat di BSD City, peresmian ini ditandai dengan penekanan tombol sirine yang dilakukan oleh Budi dan didampingi beberapa pihak.
  • Kendaraan listrik otonom ini berasal dari Prancis dengan merek Navya varian Arma.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi telah meresmikan uji coba autonomous electric vehicles atau kendaraan listrik tanpa awak pertama di Indonesia, Jumat (20/5/2022).

“Saya bangga swasta ikut satu proyek ini kebanggaan bangsa yakni autonomous vehicle,” papar Menhub, Budi Karya di QBig, Bumi Serpong Damai, Kabupaten Tangerang, Jumat (20/5/2022).

Bertempat di BSD City, peresmian ini ditandai dengan penekanan tombol sirine yang dilakukan oleh Budi dan didampingi beberapa pihak.

Mereka yang mengikuti peresmian ini di antaranya Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Nusantara Bambang Susantono, Wakil Kepala IKN Nusantara Dhony Rahajoe, dan CEO Sinarmas Land Michael Widjaja. Lalu hadir pula, Asisten Perekonomian Sekretaris Daerah (Setda) Provinsi Banten Muhammad Yusuf, Bupati Kabupaten Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

Baca Juga



Sebagai Batu Loncatan, Pertama di Indonesia

Lebih lanjut, dalam keterangan resminya kendaraan listrik otonom/autonomous vehicle (kendaraan tanpa awak) akan beroperasi di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) City, Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

Kendaraan listrik otonom ini berasal dari Prancis dengan merek Navya varian Arma. Kendaraan ini memiliki jumlah penumpang yang bisa diangkut mencapai 15 orang dengan formasi 11 orang duduk dan 4 orang berdiri.

Dapat diketahui, varian arma ini dilengkapi dengan beragam sensor mulai dari pemanfaatan GPS (Global Positioning System), sensor LIDAR (Light Detection and Ranging) yang dipadankan dengan kamera beresolusi tinggi untuk big data analysis, kemudian akan diproses oleh komputer yang memiliki spesifikasi tinggi yang tertanam di dalam mobil.

Baca Juga



Transportasi listrik tanpa awak ini mempunyai kemampuan akselerasi hingga akses navigasi hingga dapat mendeteksi kondisi lingkungan di sekitarnya, termasuk menghindari halangan dan melakukan pemberhentian secara otomatis.

Nantinya, kendaraan listrik ini hanya berkeliling di sekitar kawasan Qbig dan Green Office Park saja. Namun, untuk saat ini baru dioperasikan di sekitar kawasan Qbig. Sementara yang akan melewati Green Office Park bakal dilakukan dalam beberapa waktu dekat. Sehingga, nantinya akan ada dua kendaraan listrik tanpa awak akan beroperasi di kedua titik tersebut.

Dalam sambutan pertamanya, Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi mengapresiasi hadirnya kendaraan listrik otonom Navya Arma ini. Budi menyebut proyek ini untuk menjadi inovasi yang baik untuk Indonesia di masa depan. “Kehadiran AV menjawab solusi akan kendaraan yang rendah emisi karbon, mengurangi kemacetan, dan tepat waktu. Semoga dapat dicontoh oleh tempat-tempat lain,” kata Menhub.

Editor: Riana Nurhasanah

Referensi:

[1] “Jajal Mobil Tanpa Sopir Pertama di RI, Menhub: Keren Banget!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *