WOW, Inggris Siap Bangun 7 Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir
  • Di tengah krisis energi akibat perang Ukraina, Inggris baru-baru ini mengatakan bahwa negaranya akan membuat Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) baru sebanyak hingga 7 PLTN yang beroperasi pada tahun 2050 mendatang. 
  • PLTN merupakan sebuah pembangkit daya termal yang menggunakan satu atau beberapa reaktor nuklir sebagai sumber panasnya.
  • Strategi keamanan energi baru ini diharapkan akan mengikat pemerintah untuk mendukung pembangunan setidaknya ada dua pembangkit nuklir skala besar baru pada tahun 2030. 

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) berkaitan dengan panas dan listrik. PLTN merupakan sebuah pembangkit daya termal yang menggunakan satu atau beberapa reaktor nuklir sebagai sumber panasnya. Daya termal ini dapat mengubah energi panas menjadi energi listrik.

Di tengah krisis energi akibat perang Ukraina, Inggris baru-baru ini mengatakan bahwa negaranya akan membuat Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) baru sebanyak hingga 7 PLTN yang beroperasi pada tahun 2050 mendatang. 

Inggris telah menetapkan sendiri target netralitas karbon pada 2050. Pemerintah Inggris diperkirakan juga akan menerbitkan strategi keamanan energi baru yang sempat tertunda. Strategi keamanan energi baru Inggris memperkirakan “percepatan signifikan” nuklir untuk memperoleh kemandirian energi. 

Baca Juga:



Strategi baru ini berupa 95 persen listrik negara dapat berasal dari sumber rendah karbon pada tahun 2030, dan tenaga nuklir direncanakan untuk memainkan peran utama menyediakan hingga 24 gigawatt (GW) listrik pada tahun 2050 yang mencakup 25 persen dari proyeksi kebutuhan listrik.

Strategi keamanan energi baru ini diharapkan akan mengikat pemerintah untuk mendukung pembangunan setidaknya ada dua pembangkit nuklir skala besar baru pada tahun 2030. 

Pars jajaran menteri Inggris telah sepakat akan membentuk program nuklir pengembangan baru yang disebut dengan Great British Nuclear. Program ini bertujuan untuk mengidentifikasi situs PLTN, memotong birokrasi untuk mempercepat proses perencanaan, dan menyatukan perusahaan swasta untuk menjalankan setiap situs PLTN.

Baca Juga:



Saat ini Inggris memiliki 6 PLTN yang sudah beroperasional secara penuh, dengan PLTN Hinkley Point B akan memasuki tahap dekomisi pada 2022 ini menjadikan hanya 5 PLTN saja yang beroperasional di akhir tahun ini.

Inggris juga berencana untuk menghentikan impor minyak Rusia pada akhir tahun ini untuk menghilangkan ketergantungan pada Rusia. Selain itu, negara ini juga akan berencana untuk meningkatkan pembangkit listrik angin, matahari dan hidrogen sambil mendukung produksi minyak dan gas dalam negeri dalam waktu dekat. Untuk meningkatkan produksi minyak dan gas, putaran lisensi untuk proyek minyak dan gas Laut Utara yang baru direncanakan akan diluncurkan pada musim gugur.

Strategi ini muncul saat tagihan energi rumah tangga di seluruh negeri melonjak karena kenaikan harga energi global.

Editor: Riana Nurhasanah

Referensi:

[1] Inggris Berencana Bangun 7 Pembangkit Tenaga Nuklir Baru pada 2050

[2] Inggris akan Buat 7 PLT Nuklir, Diperkirakan Tahun 2050 Beroperasi Penuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *